Bagi Penderita Diabetes Begini Cara Aman Minum Kopi

Kopi salah satu minuman yang banyak diminati oleh banyak orang, berbagai jenis kopi di Indonesia mulai dari kopi lampung, luak, dan lain sebagainya. Bagi penderita diabetes cukup taku apalagi dengan meminum kopi yang manis penuh dengan gula. Namun anda jangan takut khawatir, karena kopi itu faktanya cukup menyehatkan asalkan jangan terlalu berlebihan. Banyak di berbagai kota yang buka kedai kopi sehingga ngiler, namun bagi penderita diabetes pun jangan takut karena womenia sehat punya tipsnya. Akan tetapi, belakangan ini, banyak ilmuwan yang mulai menunjukkan bahwa kopi sebenarnya dapat membantu manusia menanggulangi berbagai macam penyakit, termasuk kanker, penyakit liver, depresi, dan Parkinson. Bahkan kabar terbaru menyatakan bahwa kopi mencegah diabetes juga.



Seperti yang dilansir oleh laman lifestyle.kompas, Apa efek kesehatan minum kopi untuk penderita diabetes? Periset di Wake Forest University School of Medicine di North Carolina menemukan bahwa kafein bisa menyebabkan aliran darah ke otak jadi berkurang. Di dalam penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa konsumsi kafein tiap hari, khususnya untuk orang yang memiliki diabetes, dapat menurunkan aliran darah bagian serebral otak sebanyak 27 persen.

Apa itu diabetes?


Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mempengaruhi tubuh tentang memproses gula darah. Gula darah di dalam tubuh Anda merupakan sumber energi yang di salurkan di dalam darah untuk otak, otot, dan jaringan tubuh Anda. Kalau Anda terkena diabetes, berarti tubuh Anda kelebihan gula darah dan dapat menyebabkan masalah-masalah serius pada kesehatan Anda.

Meskipun begitu efek minum kopi tidak ada masalah untuk dikonsumsi, dr. Benny juga mengingatkan para penderita diabetes untuk tidak mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya secara berlebihan. Menurut beliau, satu cangkir kopi setiap hari sudah cukup dan akan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa jadi penderita diabetes justru merasakan efek samping layaknya jantung yang berdebar-debar.

Penderita Diabetes Perhatikan Kapan Harus Minum Kopi


Mengurangi konsumsi kopi hingga hanya satu cangkir sehari dapat membantu mengelola diabetes. Perhatikan juga waktu minum kopi. Contoh, Anda bisa minum setengah cangkir kopi beberapa saat setelah bangun tidur dan minum setengah cangkir lagi saat sore hari.

Penderita Diabetes tipe 2 justru harus menghindari kopi


Pada penelitian di tahun 2004 yang dipublikasikan di Diabetes Care, para ilmuwan menemukan bahwa bila penderita diabetes tipe 2 mengonsumsi kopi yang mengandung kafein sebelum makan, maka hasilnya gula darah si pasien malah akan meningkat setelah makan. Selain itu, para ilmuwan juga menemukan meningkatnya resistensi insulin. Jadi, meskipun kopi dapat berguna untuk mencegah terjadinya diabetes, kopi justru berbahaya bagi mereka yang sudah mengidap diabetes tipe 2.

Memakai Pemanis Khusus Diabetes

Jika penderita diabetes sembarangan mengkonsumsi gula, bisa jadi kadar gula dalam darahnya akan tidak terkendali dan pada akhirnya memicu komplikasi yang bisa membahayakan. Mengingat kita sudah mendapatkan asupan gula dari berbagai makanan yang kita konsumsi setiap hari, ada baiknya memang kita mengkonsumsi kopi pahit tanpa adanya tambahan gula demi menghindari berbagai masalah kesehatan.

0 Response to "Bagi Penderita Diabetes Begini Cara Aman Minum Kopi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel