Mari Menikmati Kelima Jenis Sate Tradisional Di Indonesia

Sate merupakan salah satu makanan sejenis daging panggang ala barbequenya orang Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis sate dan tentunya berbagai rasa sesuai dengan khas daerahnya masing-masing. Sate sangat di nikmati dengan berbagai potongan lontong, surabi maupun di temani dengan berbagai makanan yang berkuah lainnya. Makanan sate pun karena rasa yang khas mampu menggugah selera apalagi menarik wisatawan asing. Maka tak heran jika wisatawan asing yang berlibur di Indonesia juga mengincar sejumlah kuliner yang membuat mereka penasaran. Salah satu kuliner yang namanya sudah mendunia adalah sate. Berikut ini berbagai jenis sate khas daerah di Indonesia yang perlu kamu coba.



Mari Menikmati Kelima Jenis Sate Tradisional Di Indonesia


Sate Padang



Padang salah satu kota yang terletak di bagian provinsi sumatra barat, merupakan tanah minang di kenal dengan adatnya yang unik. Selain itu juga kota padang terkenal dengan kulinernya salah satunya adalah sate padang. Sesuai nama kotanya Sate spesial ini terkenal dengan sausnya yang kaya akan rempah-rempah yang menggugah selera. Hidangan ini sangat cocok untuk disantap pada saat makan siang ataupun makan malam, terutama ketika hasrat lapar datang tiba-tiba. Bertemankan dengan ketupat atau lontong selagi masih hangat akan terasa begitu nikmat.

Terbuat dari bahan daging, lidah, dan jeroan sapi, Sate Padang disiram dengan bumbu kuah kacang yang kental. Sesuai dengan daerah asalnya, Sate Padang memiliki citarasa yang pedas dan gurih. Ada beberapa macam Sate Padang yang bisa kita temukan, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang, dan Sate Pariaman, yang membedakan dari jenis Sate Padang itu terdapat pada kuahnya. Sate Padang Panjang memiliki kuah yang berwarna kuning, sedangkan Sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa dari kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan kalau Sate Padang itu sendiri mempunyai bermacam rasa perpaduan dari kedua jenis varian sate Padang Panjang dan Sate Pariaman.

Sate Madura

(Image: Netireceipe)


Sate Madura terkenal memang sangat nikmat. Berbeda dari Sate Padang, Sate Madura menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Untuk kuahnya, Sate Madura memiliki citarasa yang manis karena ada tambahan gula pada kuah kacangnya.

Sate Ponorogo

(Image: sate-ponorogo.blogspot.com)


Sate Ponorogo terbuat dari daging ayam dan disiram dengan kuah kacang yang manis. Hanya saja, Sate Ponorogo memiliki irisan daging yang lebih panjang, juga kuah yang lebih kental.

Sate Loso



Berasal dari Pemalang, Jawa Tengah, sate loso berbahan utama daging kerbau atau daging sapi yang dibacem (dimasak dengan gula Jawa dan bumbu), kemudian dibakar. Uniknya, sate loso dihidangkan bersama sup yang berisi urat, tulang muda, dan taoge.

Sate Lilit

(Image: Tribun)


Banyak ditemukan di Bali, sate lilit berbahan dasar daging ayam atau daging babi yang dicincang. Adonan daging tersebut kemudian dicampur bumbu, dilumatkan, dan digumpalkan, selanjutnya dibakar di atas bara api.

0 Response to "Mari Menikmati Kelima Jenis Sate Tradisional Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel