5 Kebiasaan Buruk Merusak Kebahagian dan Kesehatan Kamu

Kebiasaan setiap orang punya cara unik dan tersendiri. Mungkin kamu adalah salah satunya yang melakukan beberapa kegiatan sehingga lupa akan kondisi kebahagiaan dan kesehatan kamu. Orang yang sehat tentunya merasa bahagia karena dapat melakukan beberapa aktivitas yang sangat penting salah satunya adalah berkumpul bersama keluarga. Namun tanpa disadari banyak diantara orang yang ternyata dapat sangat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Selain pengaturan pola makan, olahraga juga penting untuk menjaga kesehatan dan memperpanjang umur. Namun, ada beberapa hal yang ternyata dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan.



Dilansir Boldsky, berikut ini adalah kelima kebiasaan buruk dapat merusak kebahagiaan dan kesehatan yang sebaiknya Anda hindari untuk dilakukan sehari-hari atau kapanpun. 

Mer0kok

Tidak semua orang tentunya mer0kok. Kenapa mer0kok begitu berbahaya? Apa saja efek negatif lainnya dari r0kok? Tahukah kamu kandungan yang terdapat pada sebatang r0kok. Lebih dari 4000 bahan kimia terdapat di dalamnya. Ratusan di antaranya zat beracun dan sekitar 70 bahan di dalamnya bersifat kanker. 

Akibat Duduk Terlalu Lama

Saat bekerja atau pun mungkin kamu dalam sebuah perjalanan, duduk terlalu lama dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan diantaranya adalah seperti penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, dan kanker. Duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan darah, meningkatkan gula darah, meningkatkan lemak tubuh sekitar pinggang, dan kadar kolesterol abnormal. Baik saat bekerja, maupun mereka yang masih duduk di bangku kuliah. Tak jarang yang duduk dalam waktu lebih dari delapan jam sehari karena tuntutan aktivitas. Padahal, ini adalah salah satu hal yang sangat berbahaya karena duduk dalam waktu yang terlalu lama memicu obesitas, meningkatkan resiko stroke, tekanan darah tinggi, dan kolestrol.

Seperti dilansir dari webmd, duduk terlalu lama menyebabkan otot membakar sedikit lemak, sirkulasi darah lebih lamban, dan membuat asam lemak lebih mudah untuk menyumbat peredaran darah ke jantung. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, meningkatkan kolesterol, dan masalah lainnya. Selain itu, pankreas juga dapat memproduksi insulin dalam jumlah lebih, yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Postur Bungkuk dan Sakit Bagian Leher

Akibat kebiasaan buruk duduk terlalu lama dan bekerja mengangkat beban berat menyebabkan postur tubuh menjadi bungkuk. Memiliki postur tubuh yang bungkuk ternyata juga mempengaruhi kesehatan. Dalam jangka pendek, ini dapat menyebabkan nyeri punggung, bahu, dan leher. Sadari dengan cepat saat tubuh Anda berada dalam posisi bungkuk dan perbaiki segera. Dengan rutin menjaga postur, secara otomatis tubuh mempertahankan postur tegap seperti yang seharusnya.

Jika Anda sudah merasa terlalu banyak duduk saat bekerja, selingilah dengan kegiatan olahraga kecil dengan menggerakkan tubuh Anda.

Terlalu Memikirkan Berat Badan

Banyak orang yang khawatir dapat mengalami obesitas. Tak sedikit yang mengacu kepada berat badan dan sangat khawatir apabila timbangan mereka memiliki angka yang besar atau bergerak jauh ke kanan.

Padahal, terlalu memikirkan berat badan tanpa memperhatikan kondisi tubuh yang sebenarnya hanya akan membuat Anda mudah stres. Pada akhirnya itu berpengaruh pada kesehatan mental, yang bukan tak mungkin berujung kepada depresi maupun melakukan hal-hal nekad.

Tidur Pada Jam Ganjil Saat Siang dan Malam

Dikutip Republika, Terkadang Anda ingin tidur disaat jam-jam yang terkesan 'ganjil' atau tidak seharusnya dalam satu hari. Seperti tidur pada pukul 4 di sore hari dan kemudian pukul 1 pagi. Padahal, tubuh sebenarnya membutuhkan rutinitas yang tepat setiap harinya untuk beristirahat.

Dengan memiliki jam tidur yang rutin dan tepat setiap harinya, seperti tidur pukul 10 malam untuk beristirahat Anda dapat mengurangi energi yang keluar terlalu banyak. Temukan waktu rutin yang memungkinkan Anda dapat beristirahat dengan cukup yaitu delapan jam setiapnya. Ketidakstabilan jam tidur dapat menyebabkan insomnia, gangguan pencernaan, dan dalam jangka panjang stres.

0 Response to "5 Kebiasaan Buruk Merusak Kebahagian dan Kesehatan Kamu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel