Empat Jenis Minyak Goreng Sehat Untuk Memasak Selain Sawit

Untuk urusan goreng menggoreng biasanya menggunakan dengan minyak sayur. Minyak sayur memang sangat banyak yang terjual dipasaran dengan beragam mulai dari eceran hingga kiloan. Sebagian besar dari kamu mungkin akan memikirkan minyak kelapa sawit atau minyak zaitun. Namun ketahuilah, sebenarnya terdapat berbagai jenis minyak sehat yang dapat Anda gunakan untuk memasak, sebagai pengganti minyak goreng yang saat ini Anda gunakan. Berikut ini adalah panduan untuk membedakan mana minyak goreng yang sehat dan tidak, ditambah dengan minyak goreng seperti apa yang harus digunakan.

Minyak Zaitun Credit by pixabay


Meskipun demikian, di pasaran terdapat tiga jenis minyak memasak dengan bentuk asam lemak yang berbeda-beda, yakni minyak dengan lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan lemak jenuh. Ketika Anda memasak menggunakan panas tinggi, Anda tentu ingin menggunakan minyak yang stabil dan tidak mudah teroksidasi maupun cepat berbau tengik. Walaupun begitu, minyak goreng sehat juga dapat mengandung lemak tak jenuh ganda, yang tergolong sehat dan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Berikut ini seperti yang dilansir Webmd ada beberapa Empat jenis minyak goreng sehat untuk memasak yang dapat Anda gunakan, terutama saat menjalankan diet sehat:

Empat Jenis Minyak Goreng Sehat Untuk Memasak Selain Sawit


Minyak Kanola

Minyak kanola mengandung 62% lemak tak jenuh tunggal dan 32% lemak tak jenuh ganda. Minyak ini juga memiliki kandungan lemak jenuh terendah dibandingkan dengan minyak lainnya. Minyak ini baik digunakan bagi Anda yang ingin menjalankan diet sehat. Sebuah penelitian pada tahun 2013 yang diterbitkan oleh jurnal Nutrition Reviews menemukan bahwa minyak kanola terbukti mampu membantu menurunkan kadar total kolesterol darah dan kadar LDL (low-density lipoprotein), yang berkhasiat menurunkan risiko penyakit jantung.

Minyak Biji Anggur

Minyak biji anggur mengandung 71% lemak tak jenuh ganda. Minyak ini memiliki rasa yang ringan, sehingga tidak merusak rasa masakan. Karena rasanya yang enak, minyak biji anggur juga tak hanya dapat digunakan untuk menggoreng dan menumis namun juga sebagai dressing pada salad jika Anda sedang menjalani diet sehat.

Minyak Zaitun

Minyak ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal sebesar 77%. Minyak zaitun juga kaya akan polifenol yang merupakan antioksidan dengan berbagai manfaat bagi kesehatan. Terdapat beberapa jenis minyak zaitun di pasaran, di antaranya adalah minyak zaitun extra-virgin yang berarti hanya melalui satu kali pemrosesan dan minyak zaitun murni. Namun, perlu diperhatikan bahwa tak semua jenis minyak zaitun cocok untuk memasak. Untuk memasak, menggoreng dan menumis, gunakan minyak zaitun murni. Minyak zaitun dapat Anda gunakan sebagai bahan saus atau salad-dressing.

Minyak Kacang

Minyak kacang sering digunakan untuk segala jenis masakan seperti dipanggang dan ditumis. Minyak kacang mengandung phythosterol yang sehat untuk jantung, lemak nabati penting untuk menurunkan kolesterol dan menghambat perkembangan kanker.

Mengikuti pola hidup sehat bukan berarti harus berhenti mengkonsumsi makanan yang digoreng dari daftar makanan kesukaan kamu. Kamu tentunya bisa memulai untuk berkreasi dengan mengganti bahan makanan bergizi dengan bahan serupa yang tentunya lebih sehat, contohnya minyak sehat untuk cara memasak yang baik dan benar.

0 Response to "Empat Jenis Minyak Goreng Sehat Untuk Memasak Selain Sawit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel