Minum Segelas Air Putih Membawa Berkah

Air Putih merupakan segala sumber untuk semua umat makhluk hidup didunia ini. Minum air putih setelah bangun tidur dipercaya sehat untuk tubuh dan membuat segar sepanjang hari. Untuk alasan kesehatan, kita dianjurkan minum 6 hingga 8 gelas air setiap hari. Jumlah tersebut dirasa pas untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena aktivitas dan proses regenerasi tubuh. Namun seringkali, seseorang memaksa dirinya sendiri untuk minum lebih banyak air putih sehingga mendapatkan hal yang terjadi kembung, padahal hal tersebut justru berbahaya. Berdasarkan rekomendasi dari Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board, wanita memerlukan 2,6 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap hari. Kebutuhan akan cairan tersebut dapat dipenuhi salah satunya dengan mengonsumsi air putih.  


Kurang Minum Air Putih Salah, Banyak Minum Juga Salah dan Berbahaya?



Dilansir oleh Dailymail.co.uk, Profesor Mark Whiteley, seorang pendiri The Whiteley Clinic di London mengungkapkan kekhawatirannya pada orang-orang yang minum air berlebih dengan alasan ingin lebih sehat. Sesuatu yang berlebih tidak baik, Anda bisa mengalami beberapa hal ini jika terlalu banyak mengonsumsi air.

Jadi Berapa Jumlah Air Yang Dibutuhkan?

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jika kegiatan Anda santai, 6-8 gelas air sudah mencukupi kebutuhan. Namun jika aktivitas berat, tambahkan jumlahnya. Cara paling mudah adalah mengenali sinyal dari tubuh Anda. Jika tubuh merasa haus, maka itulah waktunya untuk minum segelas air.


5 manfaat jika Anda rutin minum air putih setelah bangun tidur.


Menghilangkan Dehidrasi Selama Tidur

Saat tidur, tubuh kita kehilangan cairan dan mengalami dehidrasi. Tidak peduli sebanyak apapun cairan yang Anda minum sebelum tidur, tubuh tetap akan kekurangan cairan. Karena itulah, minum air setelah bangun akan membuat tubuh terasa lebih segar dan fresh secara alami.

Mengeluarkan Racun

Tubuh mengalami regenerasi sel-sel selama tidur. Maka saat bangun, air yang Anda minum akan membilas racun-racun untuk keluar dari tubuh. Karena itu, jangan heran jika orang yang rutin minum air setelah bangun memiliki kondisi kulit dan tubuh yang lebih sehat.

Otak Lebih Fokus

Otak kita terdiri dari 75 persen lebih air. Seperti yang sudah dijelaskan, tubuh akan mengalami dehidrasi saat tidur, termasuk otak. Kurangnya cairan akan membuat Anda kurang fokus dan sulit berpikir. Namun jika Anda sudah mengganti cairan itu sejak bangun tidur, Anda akan lebih siap untuk beraktivitas.

Mengurangi Sembelit

Salah satu faktor penyebab sembelit adalah kurangnya cairan tubuh. Banyak lho teman-teman kita yang teratasi masalah sembelitnya setelah rajin minum air putih setelah bangun tidur. Biasanya, rasa mulas akan datang beberapa saat setelah meminum satu atau dua gelas air putih.

Menurunkan Berat Badan

Minum air akan membantu proses metabolisme tubuh, yang artinya, kalori Anda akan terbakar lebih optimal. Karena air putih tidak mengandung kalori, maka Anda minum lebih dari satu gelas tidak akan membuat tubuh gemuk. Tubuh segar, metabolisme oke, plus bisa membakar kalori.


Ada beberapa hal ini jika terlalu banyak mengonsumsi air?


Keringat Berlebih

Profesor Whiteley yang juga seorang pakar yang menangani hiperhidrosis (keringat berlebih) meyakini bahwa minum air berlebih akan menyebabkan masalah keringat berlebih juga. Ketika tubuh tidak memerlukan cairan tetapi Anda memasukkan berlebih, maka tubuh akan membuangnya, salah satunya adalah dengan cara berkeringat. Hal ini tentunya sangat mengganggu.

Menyebabkan Insomnia

Tidur malam adalah rutinitas penting untuk memperbaiki tubuh dari dalam. Minum air dianjurkan beberapa waktu sebelum tidur, sebab tubuh sering mengalami dehidrasi saat terbangun. Namun minum terlalu banyak air menjelang tidur justru dapat menyebabkan insomnia dan membuat Anda berkali-kali terbangun untuk buang air kecil ke toilet. Profesor Whiteley menyarankan Anda minum dua atau tiga gelas air dua jam sebelum tidur.

Bisa Menyebabkan Keracunan

Air tampak tidak berbahaya, namun bisa sangat mematikan jika berlebih. Pada tahun 2008, Jacqueline Henson, wanita berusia 40 tahun melakukan program penurunan berat badan ketat. Dia minum hingga empat liter air dalam waktu beberapa jam. Overdosis tersebut membuat Jacqueline meninggal. Hal tersebut disebabkan karena keseimbangan darah dan mineral dalam tubuh berantakan.
Jangan biasakan minum air banyak dalam satu waktu. Akan lebih baik jika Anda minum sedikit-sedikit tetapi teratur daripada langsung minum banyak dalam satu waktu. Kasus keracunan dan hiponatremia adalah kasus paling fatal dari overdosis air.

0 Response to "Minum Segelas Air Putih Membawa Berkah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel