Bahaya Penyakit Akut Kebanyakan Minum Soda

Bahaya Penyakit Akibat Minum Soda . Minuman soda adalah salah satu minuman cepat saji berkarbonasi sangat berbahaya bagi tubuh jika diminum secara terus-menerus. Minuman berbentuk kaleng atau botol, kini semakin memudahkan semua orang untuk berbelanja di minimarket, namun sekaligus tentunya dapat memudahkan orang menerapkan gaya hidup tidak sehat dengan membeli makanan instan dan bergula seperti minuman soda. Seperti makanan berpengawet dan berpemanis buatan lainnya, soda masuk dalam jajaran makanan buruk untuk kesehatan.


Seorang epidemilogis dari Universitas Miami, Hanna Gardener, menampilkan hasil temuan awalnya mengenai minuman bersoda sebagai sebab dari penyakit jantung dan stroke. Hanna menyatakan dengan tegas bahwa temuan awalnya memang menunjukkan 48% peminum minuman bersoda beresiko terkena gangguan jantung dan stroke. Akan tetapi, masih ada kemungkinan bahwa faktor lain, seperti pola makan yang buruk dan kurangnya olahraga lah yang menjadi pemicu meningkatnya resiko penyakit jantung dan stroke.

Pixabay


Bahaya Penyakit Akibat Minum Soda


Batu ginjal

Minum banyak air akan mencegah dehidrasi. Tapi minum minuman manis soda justru meningkatkan risiko batu ginjal. Ini karena fruktosa yang ada di dalam minuman manis meningkatkan kadar asam urat urin, oksalat, dan kalsium, beberapa senyawa yang dapat berkonsentrasi untuk membentuk batu ginjal.

Tekanan darah tinggi

Bukan hanya yang banyak makan daging kambing saja yang bisa membuat seseorang mengalami tekanan darah tinggi. Jika Anda kebanyakan minum minuman manis seperti soda juga bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Ini sudah dibuktikan, dengan menurunkan konsumsi soda, maka tekanan darah juga akan turun.

Penyakit jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang minum satu porsi minuman manis per hari, memiliki 20% kemungkinan lebih tinggi mengalami serangan jantung dibandingkan dengan pria yang tidak minum soda sama sekali. Bahan fruktosa dalam minuman soda bisa menyebabkan peradangan dan meningkatkan kadar lemak darah yang disebut trigliserida, yang mana menjadi penyebab serangan jantung.


Meningkatkan Risiko Diabetes

Para penderita penyakit diabetes sangat dilarang untuk mengkonsumsi gula. Hal ini karena hormon insulin yang ada di dalam tubuhnya tidak cukup, bahkan tidak sanggup untuk mengubah zat gula tersebut menjadi gula otot (glikogen). Akibatnya, gula darah (glukosa) akan meningkat dan membahayakan.

Ingat, diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang bisa memicu penyakit yang lain, misalnya stroke dan kerusakan jantung koroner. Jika Anda banyak mengkonsumsi minuman bersoda, selain berpotensi menyebabkan diabetes, stroke dan kerusakan jantung korone juga bisa terjadi. Perlu dicatat bahwa penyakit diabetes timbul tak hanya karena faktor keturunan. Orang yang asalnya normal pun bisa menderita penyakit diabetes.

Meningkatkan Risiko Obesitas

Minuman bersoda kaya akan kalori. Kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan risiko obesitas. Tak hanya bagi orang yang sudah dewasa, anak-anak bisa menderita obesitas.

Di Amerika Serikat, tingkat obesitas pada anak-anak sangatlah tinggi. Salah satu penyebabnya adalah minuman bersoda. Anak-anak di Amerika Serikat mengkonsumsi minuman bersoda layaknya meminum air putih. Setelah makan, mereka pasti minum minuman bersoda. Hasilnya, mereka banyak yang menderita obesitas.

Ingat, obesitas merupakan salah satu pemicu dari munculnya penyakit-penyakit lain. Di antaranya diabetes, stroke, kerusakan jantung koroner, dan berbagai penyakit serius lainnya.

Meningkatkan Risiko Tulang Rapuh

Salah satu kandungan minuman bersoda adalah asam fosfat. Dalam suatu penelititan, asam fosfat ini bisa menyebabkan penyakit kerapuhan tulang. Hal ini karena asam fosfat bisa melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan keropos.

Universitas Harvard pernah membuat penelitian mengenai hal ini. Mereka mengamati seorang atlet remaja pengonsumsi minuman bersoda dan yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda. Hasilnya, atlet remaja pengonsumsi minuman bersoda mengalami patah tulang 5 kali lebih banyak daripada atlet remaja yang tidak mengkonsumsi minuma bersoda.

Meningkatkan Risiko Kanker Pankreas

Dalam suatu penelitian di Amerika Serikat, kandungan minuman bersoda dipercaya sebagai salah satu pemicu timbulnya kanker pankreas. Dalam penelitian tersebut, 87% responden yang minimal mengkonsumsi minuman bersoda 2 kali sehari mengalami peningkatan risiko kanker pankreas.

Penelitian dilakukan terhadap 60524 responden (pengonsumsi minuman bersoda) selama 14 tahun. Hasilnya, sebanyak 87% mengalami risiko kanker pankreas yang terlihat melalui gejala-gejalanya.

Meningkatkan Kerusakan pada Gigi

Dalam suatu penelitian, 3200 orang responden mengalami kerusakan gigi akibat mengkonsumsi minuman bersoda. Hal ini tentu saja akibat kandungan zat gula yang ada di dalam minuman tersebut. Tak hanya itu, asam fosfat juga turut memperburuk kerusakan gigi dengan cara melarutkan kalsium gigi.

Meningkatkan Ketergantungan pada Kafein

Minuman bersoda mengandung kafein. Zat ini sejak dulu dikenal sebagai zat yang mampu membuat orang ketergantungan. Meskipun kafein mempunyai efek positif terhadap tubuh, efek negatif kafein ternyata lebih banyak. Misalnya, membuat jantung berdebar, insomnia, tekanan darah rendah, dan lain-lain.

Setelah menyimak bahaya-bahaya minuman bersoda tersebut, ada baiknya Anda segera mengganti menu minuman bersoda dengan minuman lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, susu sapi, susu kedelai, air putih, teh hijau, teh hitam, jus buah-buahan, atau yoghurt. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit serius yang mengancam tubuh.


Nah itulah beberapa diantara Bahaya Penyakit Akut Kebanyakan Minum Soda . Jadi, masih mau minum soda setiap hari? Ganti minuman Anda dengan yang lebih sehat ya seperti Makanan dan Minuman Yang Bikin Sehat.


0 Response to "Bahaya Penyakit Akut Kebanyakan Minum Soda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel