Kenali Gejala Diabetes Tanpa Di Sadari Secara Langsung

Pre diabetes atau di kenal tanda sebelum terjadi penyakit kencing manis bukan hanya takut dengan makanan yang manis-manis. Namun realistis cokelat yang manispun begitu nikmat dan sangat melezatkan bukan! Hihi., . Selain itu jangan takut dan jangan khawatir dengan gejala dan tanda awal penyakit diabetes. Oleh karenanya kita perlu tau dan menyadari bagi yang suka makanan yang manis dan realistis belum tentu akan terkena gejala diabetes. Syaratnya cuma jaga pola makan teratur dan sesuai pedoman gizi seimbang. Jika mengalami gejala diabetes, akan mengalami gangguan lainnya yang sangat berbahaya. Selain itu juga dapat menyerang organ kesehatan dalam jangka yang sangat panjang seperti mata, ginjal, saraf, pembuluh darah, dan jantung.

Ilustrasi Makanan Kue Manis/Womenia Sehat


Di Indonesia sendiri dari hasil riset statistik, Menurut data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), jumlah tertinggi diabetes mellitus adalah penduduk usia 15 tahun k eatas. Akan tetapi hanya 30 persen saja yang sudah terdiagnosis, sedangkan sisanya tidak menyadari dirinya memilki diabetes. Dari analisa data yang jumlahnya meningkat dari 5,7 persen pada 2007 hingga 6,9 persen pada tahun 2013. Diperkirakan juga pada tahun 2030 jumlah penderita diabetes mellitus di Indonesia akan mencapai 21,3 juta orang. Diabetes di Indonesia merupakan penyebab kematian terbesar ketiga dengan persentase 6,7 persen setelah jantung (12,9%) dan stroke (21,1%). Nah untuk mengetahui gejala diabetes sejak dini kamu harus perlu tau yang paling akurat adalah dengan melakukan tes darah di laboratorium. Berikut ini jawabannya.


Bagian Kaki Terasa Mati Rasa

Gejala awal ditandai dengan anggota badan seperti kaki dan tangan akan terasa mati rasa. Orang yang mengalami diabetes, akan merasa mati rasa, kesemutan, dan rasa sakit pada tubuh, terutama di kaki. Gejala seperti ini terjadi pada seseorang yang sudah mengalami diabetes selama 5 tahun atau lebih.

Pandangan Mulai Kabur

Tanda kedua pandangan menjadi kabur. Hal ini dapat di sebabkan oleh gangguan lensa (katarak) atau gangguan saraf mata (retinopati diabetikum). Kondisi gula darah yang cukup tinggi dapat memicu penumpukan protein di dalam lensa mata sehingga terjadinya proses katarak. 

Terlihat Pada Perubahan Fisik Seperti Kulit

Perubahan kulit orang yang sudah mengalami gejala diabetes seperti halnya bercak hitam pada kulit yang menjadi gelap, bersisik, hingga muncul keriput dini.

Terjadi Pembengkakan Terhadap Gigi dan Gusi

Secara umum akan terjadi pembengkakan terhadap gigi dan gusi. Resiko secara terus menerus akan terjadi infeksi sehingga meningkatkan risiko infeksi pada gusi dan rahang gigi.

Jika Luka Sembuhnya Lama

Sakit karena luka entah itu terkena pisau atau pun jatuh karena luka lecet hingga berdarah, biasanya orang yang mengalami gejala diabetes akan mengalami gangguan penyembuhan luka. Diabetes dapat dicegah dengan melakukan olahraga teratur, menjaga pola hidup sehat dan menjaga kadar gula darah tetap normal.


Untuk menjaga agar tidak terjangkit gejala penyakit diabetes kamu harus membatasi konsumsi gula jangan sampai berlebihan.  Selain itu yang dapat kamu lakukan adalah mengganti gula harian Anda. Gunakan pemanis rendah kalori dan bebas gula untuk mencegah diabetes dan mengontrol asupan kalori. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir secara lebih dan jangan lupa untuk rajin berolahraga.

0 Response to "Kenali Gejala Diabetes Tanpa Di Sadari Secara Langsung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel