Kiat Sukses Tubuh Tetap Fit Yang Suka Begadang

Begadang biasanya suka nonton bola di tengah malam hingga pagi. Terlalu sering begadang bisa meningkatkan risiko kita terkena berbagai penyakit seperti stroke, kegemukan, dan gangguan daya ingat. Tapi jika kita terpaksa begadang untuk menyelesaikan pekerjaan atau kesibukan lainnya, bagaimana cara memulihkan kondisi tubuh?

Begadang di malam hari jelas tidak sehat. Sudah banyak studi yang membuktikan bahwa begadang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Tapi yang namanya tugas sekolah/kampus, kerjaan di kantor, atau sekadar aktivitas sosial bersama teman-teman kadang kala membuat kita harus begadang.

Dalam sebuah penelitian yang belum lama ini dilakukan di Korea Selatan, seperti dikutip Business Insider, orang yang kalau malam selalu begadang akan lebih berisiko terkena penyakit terkait gula darah tinggi (yang bisa juga memicu beberapa penyakit lainnya), dibandingkan orang yang tidak begadang.

Kiat Sukses Tubuh Tetap Fit Yang Suka Begadang (image:shape.com)


Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, menemukan bahwa orang yang begadang memiliki kualitas tidur yang rendah dan berbagai kebiasaan tidak sehat seperti merokok, kebiasaan duduk terus, dan makan larut di malam hari. Sehingga mereka yang begadang ini memiliki lemak dalam darah dengan kadar tinggi. Sayangnya, kebanyakan yang begadang ini berusia lebih muda atau kebanyakan anak muda.

Dilansir dari shape.com, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan keesokan harinya (setelah semalaman begadang) untuk mendapatkan kembali kondisi tubuh yang optimal dan fit.

Jangan Berlebihan Minum Kafein

Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membuat Anda merasa cemas dan gelisah. Setelah begadang, jangan buru-buru menikmati kopi dalam gelas besar. Tetaplah konsumsi kafein dalam porsi normal (sekitar 100-200 miligram kafein per cangkirnya), dan minum setiap tiga hingga empat jam sekali.

Tidur Sejenak Bila Ngantuk

Agar bisa mempertahankan energi dan kinerja selama beberapa jam, tidurlah 10-20 menit. Demi kesehatan otak dan kestabilan kerja Anda, usahakan Anda tetap bisa mendapatkan istirahat cukup setelah begadang semalaman.

Untuk kembali berenergi setelah semalaman begadang, konsumsilah makanan yang mengandung protein rendah lemak dan makanan dengan kandungan gula alami. Anda bisa memilih kacang-kacangan, daging rendah lemak, atau buah-buahan segar.

Yang penting lagi adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dehidrasi bisa membuat Anda merasa pening seharian, apalagi setelah begadang semalaman. 

0 Response to "Kiat Sukses Tubuh Tetap Fit Yang Suka Begadang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel