Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Emosional (EQ) Anak

Melatih sejak dini mungkin menjadi salah satu alasan positif kedua orang tua untuk anak cerdas sebagai generasi penerus bangsa. Melatih dn meningkatkan daya ingat anak guna untuk meningkatkan kecerdasan emosional (EQ) agar mampu secara mandiri. Selain itu juga agar anak dengan EQ tinggi sering mampu untuk berkomunikasi secara efektif, berempati dengan orang lain, mengatasi kesulitan dan meredakan konflik. Pengetahuan dan pemahaman ini, sebagian besarnya, merupakan proses non-verbal yang membentuk pemikiran dan mempengaruhi seberapa baik Anda berhubungan dengan orang lain.

 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Emosional (EQ) Anak (image:hellosehat)


Berbicara soal bagaimana cara meningkatkan daya ingat dan kecerdasan intelektual (IQ), Spiritual (SQ) dan Emosional (EQ), tidak afdol rasanya jika tidak kita awali dengan mencari tau dengan berbagai alasan apasih sebenarnya pengertian dari kecerdasan intelektual (IQ), Spiritual (SQ) dan Emosional (EQ) itu sendiri.

Pengertian Tentang Kecerdasan Emosional EQ

  1. Pengertian kecerdasan Intelektual (IQ) adalah sebuah ukuran kemampuan analisis, intelektual, rasio serta logika seseorang.
  2. Pengertian kecerdasan Spiritual (SQ) adalah kemampuan seseorang untuk memahami makna yang terjadi pada lingkungan masyarakat sehingga seseorang tersebut akan mempunyai fleksibilitas dalam menghadapi persoalan dalam masyarakat.
  3. Kecerdasan emosional (EQ) adalah kemampuan seseorang untuk mengenali (memahami) diri sendiri serta orang lain, kemampuan untuk memberikan motivasi pada diri sendiri dan juga orang lain, dan kemampuan untuk mengolah emosi secara baik pada diri sendiri dan orang lain.


Namun sejatinya manusia mampu mempelajari kecerdasan tingkat temosional tak ada artinya jika Anda tidak menerapkan ilmu pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hanya karena Anda tahu bahwa sesungguhnya anda harus melakukan kegiatan atau sesuatu, bukan berarti Anda akan melakukannya, terutama saat Anda terbebani stres, yang bisa mengalahkan niat baik Anda.

Seperti yang dapat kita diketahui, menjadi orang tercerdas adalah salah satu hal yang paling sukses tak menjamin Anda bisa menjadi orang paling sejahtera dalam hidup ini. Anda mungkin mengenal banyak orang yang cemerlang secara akademis tetapi tidak kompeten secara sosial, dan tidak berhasil dalam pekerjaan atau hubungan pribadinya. Kecerdasan intelektual (IQ) tidaklah cukup untuk dengan sendirinya sukses dalam kehidupan.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Emosional (EQ) Anak

Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Hilangkan kebiasaan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna dan tidak membawa manfaat, misalnya bermain game seharian, facebookan seharian dan kegiatan lain yang dilakukan secara berlebihan.

Mampu Berpikir Positif

Positive Thinking (Berfikir Positif), dari pada menggunakan otak untuk berfikir yang bukan-bukan mending anda gunakan untuk sekedar iseng memikirkan apa yang harus dilakukan supaya apa yang anda kerjakan menghasilkan lebih dari apa yang biasa anda dapatkan.

Rajinlah melakukan kegiatan

Rajin berlatih mengerjakan sesuatu, mungkin anda merasa sudah ahli dalam suatu bidang tertentu namun dengan kembali berlatih dalam sesuatu yang sudah anda kuasai, anda akan menemukan hal baru yang sebelumnya belum pernah anda jumpai bahkan dalam bidang yang sudah anda kuasai.

Meningkatkan kinerja sekolah atau pekerjaan

Kecerdasan emosional dapat membantu Anda mengatasi masalah sosial di tempat kerja, memimpin dan memotivasi orang lain, dan menjadi unggul dalam karir Anda. Bahkan, jika sudah menyangkut penilaian calon karyawan, banyak perusahaan yang sekarang menganggap kecerdasan emosional sama pentingnya dengan kemampuan teknis dan menggunakan tes EQ sebelum mempekerjakan mereka.

Berolahraga dan Menjaga Kesehatan mental Anda

Berolahraga itu sangatlah penting, kondisi ini agar seimbang. Emosi dan stres yang tidak terkendali juga bisa berdampak pada kesehatan mental, membuat Anda rentan terhadap kecemasan dan depresi. Jika Anda tidak bisa memahami emosi Anda, tidak merasa nyaman dengan emosi Anda, dan tak bisa mengatasi emosi Anda, Anda akan berisiko tidak mampu membangun hubungan yang kuat, yang bisa membuat Anda merasa kesepian dan terisolasi.

Menjaga Hubungan Baik Anda dengan orang lain

Dengan memahami emosi Anda dan mengetahui cara mengatasinya, Anda akan lebih mampu mengekspresikan bagaimana perasaan Anda dan memahami perasaan orang lain. Ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara lebih efektif dan membangun hubungan yang lebih kuat, baik di tempat kerja maupun di kehidupan pribadi Anda.

Mengurangi emosi negatif

Untuk mengubah perasaan negatif Anda tentang suatu situasi, pertama Anda harus mengubah cara berpikir Anda tentang hal tersebut. Misalnya, cobalah agar tidak mudah berprasangka buruk terhadap tindakan orang. Ingat, mungkin saja ada maksud baik di balik tindakan mereka. 

Berlatih tetap tenang dan mengatasi stres

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami stres dalam kehidupan. Bagaimana Anda mengatasi situasi stress ini akan mempengaruhi EQ. Misalnya, apakah Anda bersikap asertif, atau reaktif? Tetap tenang, atau kewalahan?

Saat berada dalam tekanan, hal paling penting untuk diingat adalah menjaga diri tetap tenang. Misalnya dengan membasuh wajah dengan air dingin atau mulai berolahraga aerobik untuk mengurangi stres.

0 Response to " Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan Emosional (EQ) Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel