Sakit Perut Sebelah Kiri Terasa Kram Kenapa Ya?

Jika terasa sakit perut sebelah kiri, jangan panik dahulu dan jangan dianggap hal sepele. Kenali gejala penyakit sejak dini mungkin untuk menghindarkan hal yang kurang baik. Namun kamu apabila telah mengalami dan ada tanda-tanda gejala sebagai “sakit perut”, “nyeri perut”, “perut melilit” kadang masih kurang spesifik segera konsultasi dokter. Sakit di sisi kiri perut dapat disebabkan oleh masalah pada organ dan struktur di bagian kiri perut maupun pengaruh dari masalah organ lain yang terletak jauh dari perut.

Sakit Perut Sebelah Kiri Terasa Kram Kenapa Ya (image:alodokter)


Sakit perut sebelah kiri adalah rasa nyeri terasa kram pada perut yang terjadi di sisi kiri dari garis imajiner yang ditarik dari titik pusat tubuh, di bawah tulang dada dan lewat melalui pusar (umbilikus) dan berakhir tepat di atas daerah kemaluan. Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri dan Obatnya.Ada banyak organ dan struktur yang terletak pada perut sebelah kiri dan setiap penyakit atau masalah pada organ-organ tersebut dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri.


Semua orang pasti pernah mengalami sakit perut, namun tiap orang belum tentu mengalami penyebab sakit perut yang sama. Perbedaan penyebab tersebut ditentukan dari lokasi rasa sakit. Salah satunya sakit yang berasal dari bagian sebelah kiri perut.

Penyebab rasa sakit perut sebelah kiri pun sangat beragam. Ingin tahu apa saja yang menyebabkan Anda merasakan sakit perut sebelah kiri?

Penyakit Akibat Akibat Sakit Perut Sebelah Kiri Terasa Kram


Sembelit

Sembelit bisa ditandai dengan sensasi sakit perut sebelah kiri. Selain rasa sakit, sembelit dapat menyebabkan ketidaklancaran BAB, perasaan kembung, dan berkurangnya berat badan.

Radang usus buntu

Radang usus buntu menyebabkan rasa sakit mendadak yang dimulai di sebelah kanan bawah perut. Namun pada kebanyakan orang, rasa sakitnya mulai terasa di sekitar pusar dan bergerak ke perut sebelah kiri. Seiring memburuknya peradangan, nyeri usus buntu biasanya meningkat dan akhirnya semakin parah. Pengobatan standar dari kondisi ini adalah operasi pengangkatan usus buntu.

Irritable bowel syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan sistem pencernaan yang menyerang usus besar, ditandai dengan kram perut, perasaan kembung, serta buang gas. IBS juga dapat menyebabkan masalah pergerakan usus, mulai dari sembelit hingga diare.

Penyakit ginjal

Batu ginjal biasanya disebabkan oleh terlalu tingginya kadar kalsium atau asam urat dalam tubuh. Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab batu ginjal. Gejala umum dari kondisi ini adalah sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual, nyeri di pangkal paha, dan muntah.

Kista indung rahim pada wanita

Kista indung rahim adalah pertumbuhan tumor jinak berisi cairan yang bertumbuh di dalam atau permukaan indung rahim. Wanita memiliki satu pasang indung rahim — masing-masing berukuran sebesar kacang almond — yang terletak di setiap sisi rahim. Banyak wanita memiliki kista indung rahim pada beberapa titik selama hidup mereka. Kebanyakan kista ovarium sedikit menghasilkan, atau tidak sama sekali, ketidaknyamanan dan tidak berbahaya. Mayoritas kista ovarium menghilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan.

Sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat disebabkan oleh infeksi pada ginjal. Peradangan biasanya dimulai dari kandung kemih dan kemudian menjalar ke ginjal. Nyeri akut juga bisa dirasakan bersama keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan hematuria (urin berdarah) di antara gejala-gejala lainnya.


Kondisi-kondisi di atas adalah penyebab serius sakit perut sebelah kiri. Namun ada pula beberapa kondisi ringan yang menyebabkan Anda merasakan sakit perut sebelah kiri, baik di bagian atas maupun bawah. Kondisi lebih ringan tersebut seperti masuk angin, konstipasi, kram akibat menstruasi, keracunan makanan, atau alergi.

Sakit Perut Sebelah Kiri Bagaimana Cara Mengatasinya?


Penanganan sakit perut sebelah kiri harus disesuaikan dengan penyebabnya. Ada yang bisa ditangani oleh perawatan sederhana ala rumahan seperti sakit perut sebelah kiri yang disebabkan oleh kondisi ringan. Namun ada pula yang perlu diatasi dengan mengonsumsi obat yang dijual bebas di pasaran, atau penanganan khusus dari dokter jika penyebabnya termasuk golongan serius.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika sakit perut berkelanjutan, bertambah parah atau disertai gejala-gejala lain seperti demam, muntah-muntah dan diare.

0 Response to "Sakit Perut Sebelah Kiri Terasa Kram Kenapa Ya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel