Cara Efektif Mencuci Tangan Dengan Benar

Menjaga kebersihan mulai dari suatu hal terkecil yakni mencuci tangan adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Menurut badan kesehatan dunia WHO, cara mencuci tangan dengan menggunakan bahan alami, mulai dari perasan lemon sampai bahan sabun kimia antiseptik kemudian di bilas dengan air bersih. Hal ini untuk menghindari yang namanya cross contamination adalah bilamana sentuhan tangan terhadap benda atau pun makanan yang hendak kita makan nantinya. Mencuci tangan merupakan kebiasaan yang sering kita lakukan dengan tujuan untuk membersihkan kotoran yang melekat pada kulit tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun. 

Cara Efektif Mencuci Tangan Dengan Benar (image: kompasiana)


Kebiasaan tersebut adalah benar dari apa yang kita lakukan ketika sebelum makan, sesudah makan, ketika selesai bermain dari luar rumah, setelah membuang sampah, setelah dari kamar kecil, dan kegiatan lainnya yang memerlukan cuci tangan. Tahukah kamu ada berjuta-juta bakteri hinggap ditanganmu padahal tanganmu terlihat bersih. Bahkan ketika kamu memcuci tangan dengan air bersih pun bisa saja kuman masih menempel. Jika kamu tidak mau atau malas untuk mencuci tangan, bakteri dan kuman tersebut akan masuk ke dalam tubuhmu melalui mulut. Hal tersebutlah dapat menyebabkan skit deman, diare bahkan influenza. Lalu bagaimanakah cara untuk mencuci tangan dengan baik dan benar? Simak ulasannya sebagai berikut ini:

Mencuci Tangan Dengan Sabun Selama 20 Detik


Kapankah kita harus melakukan cuci tangan? Sebenarnya kegiatan mencuci tangan (hand sanitizer) ada baiknya dilakukan ketika hendaknya memegang atau mengerjakan sesuatu. Segala jenis sabun dapat digunakan untuk mencuci tangan, baik sabun mandi, sabun biasa, sabun antiseptik, atau pun sabun cair. Namun, sabun antibakteri atau antiseptik cenderung lebih sering digunakan karena sabun antibakteri  dapat membunuh kuman dengan baik. Intinya, untuk membasmi kuman saat mencuci tangan, Anda perlu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Jangan lupa untuk mengajarkan cuci tangan yang benar pada anak usia dini dan remaja serta juga anggota keluarga Anda. Namun perlu Anda ingat, hanya mencuci tangan menggunakan sabun yang mampu menghilangkan kuman dan menurunkan risiko terkena penyakit secara efektif, dibanding dengan menggunakan air saja. Setidaknya, dibutuhkan minimal 20 detik untuk mencuci tangan Anda hingga bersih dan efektif.

Keadaan Kamu Harus Segera mencuci tangan:

  • Sebelum dan sesudah bahkan, selama, dan setelah menyiapkan makanan.
  • Sebelum dan sesudah merawat seseorang yang sedang sakit.
  • Sebelum dan sesudah merawat luka.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Setelah mengganti popok atau membersihkan Si Kecil sehabis menggunakan toilet.
  • Setelah bersin atau batuk.
  • Setelah Menyentuh Binatang
  • Setelah menyentuh sampah.
  • Setelah menyentuh atau membersihkan kotoran hewan.
  • Dan lain sebagainya


Gunakan Pengering Setelah Mencuci Tangan


Jangan lupa setelah mencuci tangan gunakan alat pengering, seperti halnya lap/napkin, tisu, dan sebagainya. Lagi pula dengan beberapa kegiatan diatas, akan berdampak buruk dalam kehidupan sehari-hari. Karena kita tidak tahu dari mana musibah penyakit akan menyerang dan tugas kita adalah mencegah serangan dari berbagai penyakit.

0 Response to "Cara Efektif Mencuci Tangan Dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel