Alasan Jangan Mencuci Telur Ayam Kenapa Ya?

Telur salah satu bahan makanan pokok yang sering banyak ditemukan terutama di pasar. Banyak diantara khalayak umum atau para ibu rumah tangga yang sering berbelanja telur tentunya. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kondisi telur yang sudah dibeli. Namun jika masih ada sedikit kotoran yang menempel pada cangkangnya bentunya harus segera di bersihkan. Bagaimanakah cara membersihkannya? Apakah harus di cuci dengan air bersih dan dengan cara di gosok? Akan tetapi faktanya, hal ini justru tak disarankan. Oleh karenanya dengan mencuci telur mentah sudah dianggap sangat berbahaya.


Menurut penelitian yang dipaparkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bahkan menyebutkan jika 1 dari seribu telur sudah terkontaminasi bakteri penyebab demam tifoid pada manusia. Dari beberapa penelitian lain University of Minnesota dan Authority of Ireland for Food Safety telah menyebutkan juga bahwa tindakan mencuci telur sebelum disimpan ternyata dapat meningkatkan risiko masuknya Salmonella, Yang perlu anda perhatikan paling pertama jika cangkang telur retak atau pecah, Anda harus membuang telur dengan segera. Bakteri penyebab demam tifoid pada manusia. Jika cangkang telur retak, bakteri mungkin telah masuk ke dalam telur dan telur menjadi tidak aman untuk dikonsumsi. 


Empat Butir Telur/Rawpixel


Jangan Mencuci Telur Dengan Sabun


Lapisan Salmonella yang merupakan lapisan berguna untuk melindungi anak ayam dalam telur dari terinfeksi bakteri Salmonella. Kalau kita mencuci telur (dicuci sabun bahkan disikat), mengakibatkan pori-pori pada kulit telur menjadi terbuka, sehingga rentan tercemar bakteri. Mungkin kita tidak kasat mata karena bentuknya kecil untuk melihat pori-pori itu.


Jangan Merendam Telur


Dilansir oleh Cnnindonesia, para petani telur sendiri dilarang untuk merendam telur di air ataupun direndam ke dalam bak. Segera buang telur yang cangkangnya sudah rusak atau pecah. Selalu cuci tangan dan peralatan yang bersentuhan dengan telur mentah menggunakan sabun pembersih segera setelah digunakan.

Menyimpan Telur Dengan Baik


Disarankan untuk menyimpan telur di dalam lemari es dengan suhu di bawah 4oC. Usahakan menaruhnya di bagian dalam kulkas dalam wadah yang tertutup rapat. Masa aman dan terbaik telur untuk dikonsumsi adalah maksimal 28 hari dari waktu bertelur. 


Cara Membersihkan Telur

Membersihakan telur yang kotor dalam keadaan maupun kondisi kering dengan spons pembersih dengan tekstur lembut dan juga alat pembersih yang terbuat dari serat buah-buahan seperti kulit buah, dengan cara menggosok-gosokkannya.


Nah untuk itu sahabat Womenia, jangan lupa untuk mengkonsumsi telur sebagai sumber protein  dan secara nyata dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan fungsi otak. Selain itu juga telur sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. 

0 Response to "Alasan Jangan Mencuci Telur Ayam Kenapa Ya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel