Advertisment

Cara Mengobati Batuk Dirumah

Gangguan kesehatan seperti batuk yang sangat mengganggu untuk aktivitas harian anda. Jika berkepanjangan dapat pula mengganggu aktivitas kerja dan berkurangnya waktu istirahat. Selain itu juga jika salah seorang mengalami batuk berdahak, menjadi salah satu alasan untuk segera pergi ke dokter. Namun jangan khawatir dapat disembuhkan di rumah sendiri. Langkah cepatnya memang dengan menggunakan atau pun meminum obat batuk, namun itu semua memang untuk disarankan memilih obat yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Jika anda salah seorang mengalami batuk merupakan respons tubuh akibat gangguan pada saluran pernapasan.

Ilustrasi Batuk Copyright Unsplash

Tahukah anda penyebab utama batuk adalah sebagian besar penyebab batuk pada anak-anak dan dewasa adalah adanya infeksi virus. Selain itu juga bisa disebabkan oleh adanya refluks asam lambung. Batuk yang lama (lebih dari 2-3 bulan) juga perlu dievaluasi untuk melihat apakah ada infeksi paru. Infeksi paru merupakan penyakit paru yang sering disebut dengan Tb (tuberculosis). Berikut ini cara mengobati batuk dirumah sendiri tanpa harus pergi kedokter seperti yang dilansir oleh healthline.com .

Minum Air Putih Hangat

Ilustrasi Air Mineral Copyright Rawpixel


Secara sederhana utuk mengknsumsi air putih hangat atau mineral yang cukup dapat mengatasi dalam pengobatan infeksi virus. Minum air putih dalam jumlah cukup juga memberikan rasa nyaman bagi penderita batuk. Dengan hal ini mampu melawan infeksi virus dalam waktu 4-5 hari.


Madu

Ilustrasi Madu Copyright Unsplash


Mengkonsumsi madu disarankan dan telah direkomedasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), yang boleh diberikan sejak usia 1 tahun. Madu berguna sebagai anti-peradangan dan imunitas untuk masa penyembuhan pada sakit batuk secara alami.

Jahe

Rimpang Jane merupakan salah satu obat alami untuk meredakan batuk. Didalam rimpang jahe ternyata banyak mengandung zat anti-bakteri dan efektif untuk mencegah batuk berdahak sekalipun. Caranya cukup sederhana dengan merebus rimpang jahe dan kencur bermanfaat untuk mencegah batuk serta menghangatkan tubuh. Minumlah dalam keadaan selagi hangat.

Bawang Putih

Jika anda memiliki beberapa siung bawang putih dapat meredakan batuk. Karena bawang putih memiliki senyawa alicin baik untuk mengatasi microorganisme dan juga bila anda tertarik mengunyah bawang putih mentah memiliki sifat antimikroba, antivirus, dan antijamur.

Rajin Membersihkan Dari Sumber Alergen


Penyebab berdahak pada batuk akibat alergi, pastikan debu di berbagai sudut rumah sudah dibersihkan. Mengganti sprei dan membersihkan AC juga bisa membantu mengurangi debu di rumah.

Gaya Hidup Yang Baik


Gaya hidup menjadi kebiasaan unik tersendiri melalui pola sehat. Bagi penderita batuk kronis dengan berat berlebih dan obesitas) dan tidur dengan bantal tinggi dapat membantu mencegah batuk akibat naiknya asam lambung.
comments

0 Response to "Cara Mengobati Batuk Dirumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel