Advertisment

Kenali Makanan Penambah Darah

Makanan merupakan salah satu asupan nutrisi dalam kaitannya dengan sel darah merah yang memiliki fungsi penting. Jika anda salah seorang yang terjangkit atau pun kekurangan sel darah merah maka dari itu pula harus mengkonsumsi makanan penambah darah. Sel darah merah memiliki peran utama dalam pengangkutan oksigen yang beredar kedalam tubuh. Sel darah memrah memiliki peran penting untuk mengangkut berbagai produk sisa metabolisme berupa karbon dioksida, dari darah ke paru-paru. Usia sel darah merah di dalam sistem tubuh berkisar 120 hari. Sum-sum tulang belakang selalu memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan sel darah merah yang sudah mencapai batas akhir hidup mereka.

Ilustrasi Makanan Copyright Rawpixel


Disarankan untuk mengkonsumsi makanan penambah sel darah merah jika anda memiliki anemia atau kondisi kurang darah. Beberapa makanan seperti yang dilansir dari Healthline.com, inilah makanan dan sayuran penuh nutrisi zat besi di antaranya:

  1. Daging merah tanpa lemak: daging sapi atau daging kambing
  2. Daging organ: hati, ginjal, jeroan
  3. Makanan laut: kerang, tiram, gurita, kepiting
  4. Ikan: teri, sarden, makarel
  5. Unggas dan telurnya: angsa, bebek, kalkun
  6. Tanaman polong: kacang tunggak, kacang merah, kedelai, tahu, kacang hijau, kacang putih, lentil, buncis
  7. Kacang-kacangan: mede, pinus, hazelnut, almond, makadamia, walnut, pecan
  8. Biji-bijian: biji labu,
  9. Bunga: biji bunga matahari, biji chia
  10. Sayuran: jenis jamur(enoki), kentang, daun bawang, bayam, kubis, kimchi
  11. Buah: aprikot kering, persik kering, kismis, zaitun, kesemek, ara

Beda Hemoglobin dan Non-Hemoglobin


  • Makanan untuk menambah hemoglobin


Ada beberapa bahan makanan yang mengandung hemoglobin yakni hewani, seperti daging unggas(seperti ayam, bebek, angsa dan lain sebagainya), daging merah, dan ikan. Bahan makanan ini yang menjadikan salah satu menu favorit harian anda.

  • Jenis makanan non-hemoglobin


Ada beberapa makanan dikategorikan non-hemoglobin termasuk ke dalam jenis bahan makanan nabati, seperti umbi kentang (sumber energi), selai itu juga sayuran berdaun hijau seperti bayam, biji-bijian, kacang merah dan buah kismis dengan rasa manis memiliki kadar gula yang tinggi. Sayuran hijau seperti bayam yang mengandung banyak zat besi menjadikan salah satu bahan menu makanan favorit.

Jenis Sayuran Hijau Sumber Zat Besi


Sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli, merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkana seperti zat besi untuk peningkatan sel darah merah. Selain itu juga memerlukan nutrisi seperti kacang arab, kacang kedelai (yang biasa diolah seperti tempe,tahu dan susu), kacang hitam, biji labu. Biji wijen merupakan salah satu mengandung zat besi yang dipakai sebagai taburan kue kepincut. Asupan nutrisi yang tepat untuk tubuh manusia memerlukan mineral untuk bisa berfungsi maksimal.


Makanan Seafood


Sejenis makanan laut menjadikan menu favorit terutama kerang dan tiram, kaya akan zat besi. Tubuh tidak akan dapat memproduksi cukup hemoglobin jika kekurangan zat besi. Bahkan dalam 100 gram kerang terdapat 28 mg zat besi. Sebagai bahan tambahan asupan makanan kaya akan protein, vitamin B, tembaga dan selenium untuk memenuhi asupan nutrisi zat besi harian anda. Disarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung zat besi secara rutin, akan membantu Anda menjaga kondisi kesehatan dan stamina, untuk beraktivitas setiap hari.

1 Response to "Kenali Makanan Penambah Darah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel