Advertisment

Kenali Tujuh Jenis dan Akibat Infeksi Virus Corona

Virus Corona merupakan salah satu virus berbahaya yang kabarnya menggemparkan dunia. Hingga sekarang ini virus corona masih terus dalam perbincangan. Selain itu juga menjadi bahan perbincangan khalayak umum dunia, oleh karena itu penularannya yang secara cepat mulai terjadi secara masif. Secara pengertiannya Virus Corona merupakan salah satu virus dari famili Coronaviridae yang bisa menginfeksi sistem pernapasan baik manusia maupun hewan. Walau pun begitu virus tersebut dikabarkan berasal dari hewan, lantas Virus Corona pertama kali teridentifikasi sejak pada periode 1960-an. Virus Corona yang menyerupai mahkota (crown-like virus), struktur tubuh Coronavirus terdiri dari membran, glikoprotein, selubung lipid bilayer, nukleokapsid, dan genom RNA positif.

Virus Corona Copyright Pexels.com


Berikut ini penjelaskan mengenai virus corona seperti yang dilansir dari SkyNews.com. Seperti apakah akibat terinfeksi virus corona? Simak ulasan berikut ini.

Tujuh Jenis Virus Corona



Virus Corona atau Coronavirus terdiri dari 4 subtipe yakni alpha, beta, gamma, dan delta yang mana keempat subtipe tersebut dibagi lagi menjadi 7 (tujuh) jenis virus, yaitu:

  • 229E
  • NL63
  • OC43
  • HKU1
  • MERS-CoV (Penyebab penyakit Middle East Respiratory Syndrome, atau MERS)
  • SARS-CoV (Penyebab penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome, atau SARS)
  • 2019-nCoV

Jenis Coronavirus terakhir inilah yang kini sedang menjadi kekhawatiran warga dunia. Seperti yang dikabarkan oleh Bloomberg, pemerintah Singapura telah mengkonfirmasi satu kasus wabah Coronavirus di negaranya.

Berikut ini adalah 3 (tiga) jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Corona untuk Anda waspadai.

1. Middle East Respiratory Syndrome (MERS)

Penyakit yang pertama kali muncul di negara Arab Saudi dan sejumlah negara Timur Tengah lainnya (itu sebabnya penyakit ini dinamai MERS) pada tahun 2012 tersebut. Penyakit akibat infeksi Coronavirus yang pertama adalah Middle east respiratory syndrome atau disingkat MERS. Sebagaimana dilansir dari laman WebMD—telah menyebabkan 858 orang meninggal dunia. Jumlah korban tewas MERS tersebut termasuk dari negara-negara lainnya di luar Saudi Arabia dan sekitarnya, termasuk Amerika Serikat.

2. Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS)

Virus yang dikategorikan merupakan sala satu penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan oleh infeksi Coronavirus. Ini Adalah SARS, atau Severe Acute Respiratory Syndrome. Sama seperti MERS, penyakit ini telah memakan banyak korban jiwa, tepatnya 774 orang dari berbagai negara di Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa. Wabah penyakit SARS baru dinyatakan berakhir pada tahun 2015, berdasarkan tidak adanya laporan kasus yang diterima.

3. Wuhan Coronavirus

Sesuai dengan namanya, wabah virus Corona yang satu ini berasal dari kota Wuhan di Provinsi Hubei, China. Badan Kesehatan Dunia WHO selanjutnya memberi nama virus ini novel Coronavirus (2019-nCoV). Hingga saat ini kabarnya memang tercatat sudah ada 18 orang meninggal dunia akibat infeksi Wuhan Coronavirus. Maka dari itu di Indonesia sendiri mengenai virus corona belum ada kabar pasti apa yang harus dilakukan badan kesehatan Indonesia itu sendiri.
comments

0 Response to "Kenali Tujuh Jenis dan Akibat Infeksi Virus Corona"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel