Advertisment

Kenali Cara Pengobatan Dengan Imunoterapi Kanker

Penyakit berbahaya dengan jenis kanker yang memang harus segera diobati. Dalam rangka bertujuan untuk melakukan pengobatan secara dengan baik melalui salah satu cara yakni dengan imunoterapi kanker. Salah satu metode pengobatan terbaik saat ini menurut beberapa pendapat pakar kesehatan tentunya telah menjelaskan bahwa dengan opengobatan imuniterapi kanker dapat menstimulasi sistem imun secara spesifik di dalam target untuk membunuh sel kanker. Adapun salah satu penyebab terjadinya penyakit kanker dikarenakan lemahnya imunitas didalam tubuh kita sehingga mudah terjangkit sakit begitu pula sampai dengan terjadi penyakit kanker.

Ilustrasi Penyakit Kanker Copyright Pexels


Disisi lain pun mengenai pengobatan dengan imunoterapi kanker tentunya memiliki tujuan untuk mengembalikan sistem imun dengan cara memblokir yakni pada salah satu ikatan PD-L1 dengan protein lain sehingga sel T dapat mengenali sel kanker dan menghancurkannya. Seperti halnya dilansir dalam laman institute for Quality and Efficiency in Health Care, beberapa jenis organ penting dalam sistem kekebalan tubuh seperti salah satu contohnya organ limfoid yang berfungsi untk mengontrol produksi dan pematangan sel pada organ tertentu. 


Disisi lain menurut salah seorang ahli bedah asal New York, William Coley, yang mengemukakan sebuah gagasan dan mencoba dalam karyanya yang gagal namun terlahirnya konsep penyembuhan atau pun pengobatan dengan imunoterapi kanker. Melalui konsep tersebut di benak para dokter onkologi generasi selanjutnya. Maka dari itu pula memunculkan inovasi baru yakni imunoterapi kanker yang bekerja khusus pada sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu pula dengan sistem imun yang baik dapat melawan penyebab penyakit yaitu virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit kanker.

Ilustrasi Kanker Foto Copyright  roche.co.id


Telah mengetahui bahwa terdapat biologi kanker dan cara kerja sistem imun, imunoterapi kanker dikembangkan secara lebih lanjut. Tujuan pengobatan dalam imunoterapi kanker memang dapat bermanfaat untuk membantu menjaga sistem imun dengan baik dalam mengenali dan menyerang sel kanker. Tahukah anda dengan pengobatan imunoterapi kanker, atezolizumab juga memiliki efek samping. Namunmemiliki efek yang lebih rendah karena atezolizumab menargetkan PD-L1 yang menjadi penghambat sel T mengenali dan membunuh sel-sel asing pada tubuh, termasuk sel kanker. Imunoterapi memiliki dengan cara kerja yang berbeda-beda; ada yang mencari dan menangkal mekanisme yang menghalangi sel T untuk bereaksi di dalam respons imun, sementara itu ada juga yang merangsang terjadinya respons imun. Dengan pengobatan melalui imunoterapi kanker mewakili area riset yang mengagumkan dan berkembang pesat menurut sudut pandang mengenai penyakit kanker di masa depan. 



Dengan cara melalui pengobatan melalui imunoterapi dapat diterapkan dengan immune checkpoint inhibitor atau terapi pemeriksaan pos penghambat imun yang diklaim memiliki respon yang lebih baik saat digunakan untuk mengobati kanker dalam stadium lanjut seperti salah satunya adalah kanker paru-paru. Namun halnya berbeda dengan kemoterapi, memiliki cara kerja pengobatan imunoterapi adalah mendorong kerja sistem imun atau sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat dan efektif dalam melawan penyakit kanker. Dengan cara tersebutlah dapat menyerang semua sel aktif di tubuh (tidak hanya sel kanker, tapi juga sel-sel aktif lainnya yang tidak jahat, seperti sel rambut, kuku, atau kulit). Nah itulah mengenai beberapa hal yang dapat mengedukasi mngenai imunoterapi kanker yang dapat dipelajari oleh khalayak umum dan lebih bermanfaat begitu pula dapat memberikan harapan hidup dan kualitas hidup lebih baik


Referensi: www.kalahkankanker.com
comments

0 Response to "Kenali Cara Pengobatan Dengan Imunoterapi Kanker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel