10 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe

Salah satu permasalahan rambut yang paling menyebalkan dan menjengkelkan adalah ketombe. Memiliki kulit kepala yang berketombe, selain membuat kulit kepala gatal dan menggaruk-ngaruk kepala, ketombe atau sisa kulit kepala yang terkelupas yang berwarna putih itu bila jatuh di bahu pasti akan membuat Anda malu. Mempunyai rambut yang hitam, lurus, lembut, dan bebas dari berbagai masalah tentunya idaman setiap orang. Tapi untuk mendapatkan rambut seperti tersebut membutuhkan perawatan yang lebih. Ketombe salah satu masalah yang sering kita temui pada rambut, masalah tersebut bisa di sebabkan oleh memilih shampo yang tidak sesuai dengan kondisi kulit kepala dan rambut, dan jarangnya perawatan rambut sehingga rambut menjadi kurang bersih dan penuh dengan kuman.



Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Cepat


Oleh karena itu, salah satu cara termudah untuk cara menghilangkan ketombe adalah keramas dengan shampo anti ketombe. Shampo anti ketombe memang tidak akan menghilangkan ketombe secara permanen di kulit kepala Anda, dan Anda mesti keramas tiap hari supaya ketombe hilang. Nah, sebenarnya terlalu sering keramas setiap hari dengan shampo anti ketombe malah membuat ketombe tumbuh subur di kulit kepala Anda dengan bahan kimia yang ada di shampo tersebut, dan membuat Anda harus rutin keramas setiap hari.


Seperti dikutip dari berbagai sumber, Anda patut mencoba obat ketombe, yaitu obat tradisional ketombe yang bisa Anda racik sendiri dirumah. Berikut cara ampuh menghilangkan ketombe dengan obat ketombe herbal buatan sendiri.

Cara Menghilangkan Ketombe


1. Aspirin

Cara menghilangkan ketombe dengan aspirin, sediakan dua tablet aspirin dan hancurkan sampai halus. Campur serbuk aspirin tersebut dengan satu telapak shampo di tangan. Gunakan campuran ini untuk keramas. Cukup diamkan selama 1-2 menit lalu bilas sampai bersih.

2. Baking Soda

Selain dengan aspirin, cara menghilangkan ketombe membandel di kulit kepala bisa dengan baking soda. Caranya, cukup dengan menggosok baking soda di kulit kepala yang telah di basahi. Setelah itu dibilas sampai bersih. Setiap kali ingin mencuci rambut, gunakan cara ini tapi jangan di gunakan bersamaan dengan shampo. Rambut akan terasa kering pada awalnya. Tetapi setelah beberapa minggu, kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami, membuat rambut terasa lembut dan bebas dari ketombe.

3. Jeruk Nipis

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis. Cukup peras air jeruk nipis ke kulit kepala Anda, pijat ringan dan setelah 5 menit baru dibilas. Lakukan tiap hari cara ini sampai ketombe benar-benar hilang dikulit kepala Anda.

4. Obat Kumur

Obat kumur ternyata dapat mengatasi ketombe parah. Caranya setelah keramas dengan shampo, bilas dengan obat kumur yang mengandung alkohol. Cara ini dapat membasmi ketombe yang parah dan bakteri serta jamur penyebab ketombe.

5. Garam


Cara menghilangkan ketombe dengan garam. Caranya dengan menaburkan garam keseluruh kulit kepala dan pijat lembut. Garam ternyata dapat mengelupas kulit mati dengan cepat dan menyingkirkan jamur dan bakteri penyebab ketombe di kulit kepala Anda.

6. Cuka Sari Apel

Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel. Hal pertama cuci rambut dengan shampo dan bilas bersih. Selanjutnya gunakan campuran segelas air dan dua sendok makan cuka sari apel untuk membasuh kulit kepala. Biarkan sejenak dan bilas. Anda juga dapat melawan ketombe dengan membasuh 3 sendok makan cuka sari apel pada rambut dan memijat kulit kepala dengan itu sebelum keramas. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dan cuci rambut seperti biasa.

7. Yogurt


Yogurt ternyata bisa digunakan untuk mengatasi ketombe di rambut Anda. Caranya sehabis mencuci rambut dan membilasnya, gosok yogurt plain ke seluruh permukaan kulit kepala, dan biarkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas.

8. Terapi Minyak Kelapa Untuk Rambut

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa sebenarnya sudah dari dulu di coba banyak orang dan berhasil. Anda bisa memijat kulit kepala dengan minyak kelapa hangat. Manfaat minyak kelapa untuk rambut tidak hanya mengatasi ketombe, tetapi dapat juga mengatasi rambut uban, mencegah rambut rontok, membuat rambut jadi hitam, dan bagus untuk rambut kering.

Tapi jangan lama-lama membiarkan minyak kelapa berdiam di kulit kepala Anda, karena minyak kelapa dapat menutup pori-pori kulit kepala dan tidak bagus bagi kulit kepala. Segera cuci minyak kelapa di kepala setelah satu jam.

9. Telur

Selain minyak kelapa, bahan yang mudah Anda dapatkan untuk membasmi ketombe lainnya adalah telur. Telur memang sejak zaman dahulu digunakan para wanita untuk merawat rambut mereka. Caranya, kocok dua butir telur hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pada kulit kepala dan bersihkan setelah satu jam.

10. Minyak Wijen

Manfaat dan khasiat minyak wijen untuk rambut sangat luar biasa. Minyak wijen ternyata ampuh mengatasi permasalahan rambut Anda, seperti rambut rontok, kulit kepala kering, dan ketombe. Caranya Anda bisa menghangatkan minyak wijen, kemudian oleskan pada kulit kepala. Selain itu bisa juga dicampur dengan perasan jeruk nipis. Setelah didiamkan beberapa jam, lalu bilas sampai bersih.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan ketombe dengan cara alami. Rambut yang berketombe memang harus dijaga kebersihannya. Sehabis melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat, jangan lupa bersihkan rambut, bisa dengan cara keramas dan menggunakan bahan-bahan alami di atas. Semoga bermanfaat!

0 Response to "10 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel