Fakta dan Keajaiban Manfaat dari Sedekah

Fakta dan Keajaiban Manfaat dari Sedekah . Kita awali dengan sebuah kisah keajaiban sedekah. Kisah yang menunjukkan bagaimana Allah sangat menghargai amal hamba. Tuhan Yang Maha Mendengar tidak akan menyia-nyiakan kebaikan makhluk yang Dia ciptakan.



Tersebutlah seorang ibu solihah. Beliau memiliki seorang putra yang menjadi tulang punggung keluarga. Di rumahnya yang penuh keterbatasan, sang ibu menunggu kapan putranya pulang. Dia pergi melakukan safar yang jauh. Hingga sang ibu putus asa, sementara sisa makanan tinggal cukup beberapa hari.

Suatu hari sang ibu sedang bersiap untuk menyantap makan siangnya. Ketika beliau mengambil suapan pertama dan siap untuk dilahap, tiba-tiba di depan pintu ada pengemis yang meminta makanan. Beliaupun tidak jadi melanjutkan suapannya. Beliau menaruh suapannya dan menyerahkan satu porsi makanan itu ke pengemis. Sehari itu, sang ibu menahan lapar.

Ternyata selang beberapa hari, tibalah putranya yang lama dia nantikan. Mulailah dia bercerita tentang kejadian yang luar biasa kepada ibunya,

Ada kejadian luar biasa yang aku alami. Setelah beberapa hari saya melintasi jalur di daerah tertentu, tiba-tiba keluar seekor singa. Sehingga akupun memegang erat punggung keledai yang aku naiki. Namun singa itu menyerang keledai. Dan kuku singa itu telah mengoyak jaket yang aku bawa, baju dan jubahku. Ketika cakarnya menghantam badanku, saya tercengang dan hampir hilang ingatan. Singa inipun membawaku dan menyeretku ke belukar yang tidak jauh. Dia bersiap untuk mengoyakku.

Tiba-tiba saya melihat orang berbadan besar, wajah dan bajunya putih, datang dan langsung memegang singa tanpa senjata. Dia naik dan pergi menghilang.

Ketika itu, orang besar tadi mengatakan: ‘Berdirilah wahai singa, satu suapan dengan satu suapan.’ Singa itupun berdiri dan lari meninggalkanku.

Akupun mencari lelaki itu, dan aku tidak berhasil menemukannya. Saya duduk menenangkan diri di tempat itu dan kembali mengambil bekal makananku. Akupun memperhatikan badanku, ternyata tidak ada satupun yang terluka. Kulanjutkan perjalanan, hingga aku bisa menyusul rombongan. Mereka sangat terheran melihat kejadian yang kualami. Namun saya kebingungan, apa makna ‘satu suapan dengan satu suapan.’

Mendengar ini, sang ibu memahami. Karena kejadian itu bersamaan dengan peristiwa saat beliau memberikan sedekah makanan. Beliau tidak sempat menelan satu suap, dan diberikan kepada orang yang membutuhkan. Dengan itu, Allah selamatkan anaknya dari ‘suap’ singa.

[Kisah ini disebutkan oleh At-Tanuji dalam kitab: Al-Faraj ba’da As-Syiddah]


Kisah inspirasi untuk kita semua tentang Betapa Hebatnya Keajaiban dari Sedekah.

Fakta dan Keajaiban Manfaat dari Sedekah


  • Mempercepat Datangnya Jodoh


Seorang wanita yang setelah bersedekah langsung dilamar 3 orang pria sekaligus. Alkisah, wanita ini sudah berumur 30 tahun dan pencapaian karirnya dibilang luar biasa sukses. Masalah wajah dan juga penampilan pun ia sangat cantik. Namun, sampai saat itu ia tak kunjung menemukan pendamping hidup. Ini bisa jadi karena para lelaki tersebut merasa minder karena ia begitu sempurna.


  • Dilancarkan Pekerjaanya


Kisah sedekah yang selanjutnya adalah tentang banjirnya pekerjaan yang datang setelah rajin bersedekah.

Sejak kecil gadis bernama Nia ini memang diajarkan utnuk selalu bersedekah oleh orang tuanya, akan tetapi saat ia harus tinggal jauh dari orang tua ia jadi lupa untuk bersedekah. Setelah lulus kuliah, ia memutuskan untuk tetap tinggal di kota besar, karena kesempatan kerja bisa lebih luas. Berbulan-bulan lulus kuliah dengan nilai IPK tinggi, nyatanya ia belum juga bekerja. Ada beberapa panggilan kerja, namun hanya sampai tes tertulis saja. Nia mulai resah dengan kelanjutan nasibnya.

Ayah Nia pun kembali mengingatkan anaknya tentang pentingnya bersedekah. Saat Nia sedang gundah ia menelpon ayahnya dan akhirnya sang ayah mengingatkannya. Entah mengapa saat itu juga ia menangis. Ia melupakan hal yang sangat penting. Ia terlalu memikirkan hidup hemat, sehingga lupa bersedekah.

Tidak perlu waktu lama, Ia mengumpulkan uang yang tersisa dan membelikan beberapa kilogram beras. Nia tahu bahwa beras adalah kebutuhan pokok yang pasti diidam-idamkan masyarakat yang hanya makan nasi aking setiap hari di dekat kosnya. Nia pun tidak menghitung berapa nominal yang keluar, namun hatinya sangat lega. Lalu keajaiban itu terjadi. Hanya beberapa hari setelah ia bersedekah menerima beberapa panggilan kerja. Satu persatu tes ia lakukan dengan hati yang lebih tenang. Sekitar dua minggu kemudian, empat perusahaan menerima Nia bekerja.

Keajaiban sedekah memang nyata. Tidak ada yang terjadi secara kebetulan. Semua hal pasti sudah direncanakan oleh Yang Maha Kuasa. Semoga kisah ini bisa memberi motivasi kepada teman-teman untuk bersedekah, tidak hanya pada golongan tertentu, tapi pada sesama manusia.


Sedekah bisa memadamkan dosa, sebagaimana air bisa memadamkan api. (Shahih At-Targhib, 866)

"Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya." (Silsilah As-Shahihah, 3484).

"Setiap datang waktu pagi, ada dua malaikat yang turun dan keduanya berdoa. Malaikat pertama memohon kepada Allah, 'Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang memberi nafkah', sementara malaikat satunya berdoa, 'Ya Allah, berikan kehancuran bagi orang yang pelit.' (HR. Bukhari & Muslim).

Betapa luar biasanya pengaruh sedekah. Setiap dosa dan kesalahan yang dilakukan manusia merupakan ancaman baginya. Tumpukan dosa itu cepat atau lambat akan membinasakannya. Namun dia bisa selamat dari ancaman ini dengan memperbanyak sedekah, sampai dia bisa bebas dari neraka.


  • Sedekah sama sekali tida mengurangi harta


Itulah jaminan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

0 Response to "Fakta dan Keajaiban Manfaat dari Sedekah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel