Mengobati Flu dan Batuk Anak dan Bayi Secara Cepat

Untuk mengobati secara tradisional  dengan bahan alami batuk pilek pada anak dan bayi pun tak hanya dengan menggunakan pengobatan dari dalam, namun juga dapat dilakukan dengan pengobatan dari luar. Cukup dengan memijat bayi menggunakan minyak telon dan parutan bawang merah, sehingga bayi dapat merasa lebih hangat dan nyaman.




Mengobati Flu dan Batuk Anak dan Bayi Secara Cepat


Disaat penyakit batuk pilek terjadi pada bayi, tentunya akan mengkhawatirkan, terutama pada orang tua. Pasalnya, bayi masih sangat rentan terhadap kemunculan penyakit yang lebih parah, dan penggunaan bahan kimia dianggap riskan.


Yang perlu Anda perhatikan, jika kondisi si kecil memburuk atau menunjukkan gejala demam, segeralah berkonsultasi pada dokter anak Anda. Bisa jadi ia terkena infeksi sekunder (telinga, sinus) yang membutuhkan antibiotik. Pilek yang normal biasanya akan sembuh setelah seminggu, tak peduli apa pun yang Anda lakukan. Jika Anda memberikan pengobatan dan perawatan yang baik, si kecil tentu akan segera sembuh. Namun jika Anda tidak memberikannya obat pun, ia tetap akan sembuh.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika anak bayi atau balita terserang batuk atau pilek:

  1. Memberi cairan yang cukup. Jika si anak masih mengonsumsi ASI, pemberian ASI yang optimal akan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Jika anak tersebut sudah tidak mengonsumsi ASI, pemberian air putih hendaknya diberikan dalam jumlah banyak.
  2. Menghangatkan tubuh bayi dengan sinar matahari pagi , sekitar pukul 6 – 6.30 selama kurang lebih 15 – 30 menit (catatan: lindungi mata bayi dari paparan sinar matahari langsung).
  3. Menghangatkan bayi dengan minyak telon atau kayu putih.
  4. Menidurkan bayi dengan kepala lebih tinggi agar bisa memberinya kenyamanan bernapas.
  5. Memberikan madu dan jeruk nipis jika si anak juga terserang batuk (selain pilek). Namun sebaiknya diberikan hanya pada anak berusia di atas 2 tahun.
  6. Memberikan sup ayam hangat, yang berfungsi meredakan hidung tersumbat.
  7. Dalam studi yang diterbitkan oleh International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology disebutkan bahwa garam memiliki khasiat anti-inflamasi yang dapat membantu mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan, serta meredakan batuk dan radang tenggorokan. Hidung tersumbat bisa coba diatasi dengan meneteskan larutan garam fisiologis yang bisa dibeli di apotek atau toko obat.


Anda juga bisa membuat sendiri larutan garam dengan cara sebagai berikut:

  1. Larutkan ½ – 1 sendok-teh garam ke dalam setengah liter air hangat.
  2. Teteskan larutan tersebut sebanyak dua kali, dengan bantuan pipet bayi atau semprotan untuk hidung bayi.
  3. Lakukan setiap hari minimal tiga kali.
  4. Disarankan sangat berhati-hati dalam melakukannya.
  5. Adapun untuk mengatasi sakit tenggorokan atau batuk, ajarkan si kecil untuk berkumur dengan larutan air garam hangat.


Anak Perlu dibawah ke dokter jika …

  1. Anak terlihat lesu, kesakitan, muntah, dan tidak mau makan atau minum.
  2. Susah bernapas, atau bernapas lebih cepat dari biasanya.
  3. Demam tinggi (terutama pada bayi) atau keadaan hidung berair.
  4. Dahak/lendir berwarna kuning, hijau, coklat, atau ada bercak merah/darah.
  5. Bunyi keras ketika bernapas setelah batuk.
  6. Batuk berdarah.
  7. Terdengar suara nyaring ketika menarik napas.
  8. Ada bunyi ketika menghembuskan napas (kecuali Anda telah mengetahui cara mengontrol asma dari dokter-anak Anda).
  9. Bibir, wajah, atau lidah anak berwarna kebiruan.
  10. Berat badan anak menurun.


Mengobati Flu dan Batuk Tanpa Minum Obat


Beberapa cara alami berikut, efektif mengatasi batuk pilek pada anak, dan sering direkomendasikan oleh para dokter:

1. Protein untuk daya tahan tubuh

Kunci kesembuhan penyakit batuk pilek adalah imunitas tubuh. Untuk batuk pilek yang disebabkan oleh virus, umumnya dapat sembuh dengan sendirinya berkat sistem imun yang baik. Menurut Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, SpF(K), dosen dan peneliti di Departemen Farmakologi & Terapeutik, FKUI, Jakarta,untuk membuat sistem imun yang baik, tubuh memerlukan protein. Makanya,  pastikan si kecil mengonsumsi makanan tinggi protein selama sakit, yang bisa diperoleh dari telur, ayam, ikan, dan susu.  

2. Jahe Mengobati Flu dan Batuk Anak dan Bayi               

Buatlah air jahe hangat untuk anak yang sedang batuk. Caranya mudah, rebus jahe dengan air putih dan tambahkan gula untuk memberikan rasa manis. Air jahe hangat bisa meredakan batuk kering atau batuk berdahak. Rasa hangat air jahe akan membantu proses penyembuhan secara alami pada anak yang batuk. Ramuan tradisional ini bisa kamu berikan 1-2 kali sehari saat anak sakit.

3. Tidur  Cukup

Istirahat ternyata sangat berhubungan dengan sistem imunitas tubuh. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang kurang tidur akan lebih mudah terkena pilek. Jadi, jangan ragu untuk meliburkan anak untuk sementara dari berbagai aktivitasnya, termasuk sekolah, saat ia sakit. “Istirahat cukup dan minum banyak cairan,” begitulah saran Vandana Bhide, M.D., dokter anak di Saint Augustine, Florida, yang telah mendapat sertifikasi dari American Board of Holistic Medicine. 

4. Garam Mengobati Flu dan Batuk Anak dan Bayi

Dalam studi yang diterbitkan International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, disebutkan bahwa garam memiliki khasiat antiinflamasi yang dapat membantu mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan, serta meredakan batuk dan radang tenggorokan. Untuk hidung tersumbat, atasi dengan meneteskan larutan garam fisiologis yang bisa dibeli di apotek dan toko obat. 

Anda juga bisa membuat sendiri larutan garam dengan cara: Larutkan ½ - 1 sendok teh garam ke dalam setengah liter air hangat. Teteskan dengan bantuan pipet. Kemudian untuk mengatasi sakit tenggorokan atau batuk, ajarkan si kecil untuk berkumur dengan larutan air garam hangat.

5. Bawang Merah dan Putih Mengobati Flu dan Batuk Anak dan Bayi


Ketika anak demam atau batuk, kamu bisa memberikan parutan bawang merah dan membalurkan ke seluruh punggung anak sambil diurut perlahan. Bawang merah akan mengeluarkan gas dan bisa menghangatkan tubuh anak. Kamu juga bisa mengolesi baluran bawang merah yang sudah dicampur dengan minyak telon pada bagian leher dan punggung anak untuk memberikan rasa hangat dan melegakan tenggorokan.

Bawang putih merupakan salah satu ramuan tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan flu dengan cara mengunyahnya. Kandungan allion dan allicin pada bawang putih mampu melawan virus yang menyebabkan flu. Untuk anak, kamu bisa membuat sup ayam dengan irisan bawang putih. Berikan irisan bawang putih untuk dimakan oleh Si Kecil.

6. Madu Mengobati Flu dan Batuk Anak dan Bayi

Madu memang baik untuk kesehatan. Madu juga bisa mengobati flu dan batuk pada anak. Caranya mudah, ibu bisa memberikan satu sendok teh madu sebelum Si Kecil tidur. Madu bisa membantu anak tidur lebih nyenyak dan mempercepat proses penyembuhan batuk. Tapi ingat ya, madu tidak disarankan untuk diberikan kepada bayi di bawah usia satu tahun. Nah, sekarang coba cek apakah di dapur sudah tersedia ramuan tradisional yang bisa membantu proses penyembuhan batuk atau flu Si Kecil?

Jika diberikan pada malam hari menjelang tidur, madu lebih efektif untuk meredakan batuk dibanding sirup obat batuk rasa madu, serta membantu anak tidur lebih nyenyak. Demikian hasil penelitian yang dimuat dalam Archives of Pediatric and Adolescent Medicine. Dosis pemberian madu sama seperti obat batuk OTC, yaitu ½ sendok teh untuk usia 1-5; 1 sendok teh untuk usia 6-11; serta 2 sendok teh untuk usia 12 ke atas. (Perlu diingat: madu tidak disarankan untuk bayi di bawah 1 tahun, karena berisiko menyebabkan botulisme, sejenis keracunan makanan.) 

Dalam penelitian tersebut, madu yang digunakan sebagai pengganti obat batuk adalah jenis madu buckwheat. Tapi Kathi Kemper, M.D., pengarang The Holistic Pediatrician yang juga kepala Center for Integrative Medicine di Wake Forest University Baptist Medical Center, Winston – Salem, North Carolina, mengatakan bahwa madu jenis lain pun memiliki efek sama baiknya.

7. Sup ayam Mengobati Flu dan Batuk Anak

Cairan hangat dapat membantu mengurangi gejala hidung tersumbat. Penelitian telah menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu meredakan gejala flu seperti nyeri, lemas, hidung tersumbat, dan demam. 

8. Jeruk Nipis Mengobati Flu dan Batuk Anak dan Bayi

Jeruk nipis yang asam ternyata aman kok untuk diberikan sebagai ramuan tradisional pada anak yang menderita batuk berdahak. Satu sendok teh perasan jeruk nipis ditambahkan dengan madu kemudian aduk dalam air hangat. Sebaiknya perasaan jeruk nipis diberikan setelah anak makan sebanyak 2-3 kali dengan takaran 1-1/2 sendok teh.

0 Response to "Mengobati Flu dan Batuk Anak dan Bayi Secara Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel