Penyebab Badan Terasa Capek Pegal Linu

Pekerjaan seberat apapun atau sesibuk apapun Anda, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kondisi tubuh Anda, ya. Kalau sudah sangat lelah, jangan ragu untuk mengambil waktu istirahat. Daripada nanti jatuh sakit dan tak bisa melakukan apa-apa, ya kan? Aktivitas pekerjaan sering membuat tubuh lelah, pegal dan linu. Demikian juga jika kita melakukan aktivitas berat lainnya seperti olahraga. Pegal linu dapat menyerang bagian leher, pundak, punggung, kaki. Masalah ini disebabkan oleh kekauan pada otot, menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Pegal linu dapat mengganggu aktivitas kita selanjutnya. Untuk memulihkan kebugaran tubuh kita, kita harus mengatur waktu istirahat yang baik. Selain itu, pemijatan dapat membuat tubuh rileks dan segar.

Image by energepic

Penyabab Badan Terasa Capek Pegal Linu



Anda Kurang Tidur

Jika Anda sudah tidur selama tujuh jam, namun masih merasa lelah dan mengantuk, Anda harus tidur cukup selama delapan jam. Cobalah untuk tidur satu jam lebih awal, selama seminggu, dan rasakan hasilnya. Tubuh Anda pasti akan lebih segar.

Anda Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi pada tubuh akan menyebabkan kelelahan. Mungkin Anda kurang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging dan susu. Lakukan tes kesehatan, jika benar Anda kekurangan zat besi, maka Anda akan diberi suplemen penambah zat besi.

Dehidrasi

Dehidrasi dapat membuat tubuh Anda mudah lelah. Pastikan Anda minum air yang cukup, untuk membantu fungsi tubuh Anda lebih baik. Saat Anda mengalami dehidrasi, jantung Anda akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga Anda mudah merasa capek.

Anda Kurang Nutrisi

Jika Anda melakukan diet ketat, dan banyak makanan yang dipantang, maka tubuh Anda akan mudah kekurangan nutrisi, sehingga Anda mudah merasa letih.

Anda Memiliki Masalah Pada Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau yang kurang berfungsi, akan menyebabkan masalah hormon, yang ditandai dengan kondisi tubuh yang sering mengalami kelelahan. Lakukan tes darah untuk mengetahui hal ini.

Anda Terlalu Banyak Bekerja

Anda sering menghabiskan separuh hari Anda di kantor? Atau Anda sering melakukan lembur? Buatlah jadwal yang pasti, agar waktu istirahat Anda, tidak dipakai untuk bekerja.

Anda Sering Browsing Internet di Malam Hari

Anda sering begadang di malam hari untuk browsing internet? Hal ini akan membuat Anda sulit tidur, dan mengalami kelelahan pada keesokan harinya. Matikan semua gadget dan perangkat elektronik Anda, satu jam sebelum Anda tidur.

Anda Mengidap Penyakit Coeliac

Penyakit Coeliac adalah suatu kondisi medis, yang ditandai dengan kerusakan pada usus halus, yang mengakibatkan ketidakmampuan untuk mencerna nutrisi dari protein tertentu.

Diabetes

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, bisa jadi Anda memiliki penyakit diabetes.

Depresi

Anda mungkin baru saja mengalami peristiwa besar dalam hidup Anda, yang membuat Anda sedih, seperti perceraian atau kehilangan orang yang Anda cintai.

Anda Mengkonsumsi Banyak Obat-Obatan

Jika Anda mendapat banyak resep obat dari dokter, makan hal tersebut dapat mengacaukan waktu tidur Anda.

Anda Salah Mengkonsumsi Obat Tertentu

Anda mungkin mengalami efek samping dari obat yang Anda konsumsi. Bicarakan dengan dokter Anda untuk meminta dosis yang lebih rendah, atau mengganti dengan obat lain yang lebih aman.

Anda Kurang Mendapatkan Udara Segar

Jika Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda di dalam ruangan, dan di dalam mobil, maka Anda akan mengalami kekurangan vitamin D. Cobalah berjalan-jalan sejenak saat makan siang, agar Anda lebih bersemangat.

Anda Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 adalah nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan energi. Disamping itu juga membantu tubuh Anda untuk membuat sel-sel darah merah dan  bertanggung jawab untuk membantu fungsi neuron Anda.

Mungkin Anda Sedang Hamil Bagi Wanita

Merupakan hal yang wajar, jika Anda mengalami kelelahan sepanjang hari saat Anda sedang hamil.

0 Response to "Penyebab Badan Terasa Capek Pegal Linu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel