Apakah Bahaya Penyakit Kalau Bersin Kita Di Tahan?

Sebaiknya ketika anda hendak bersin hempaskan atau lepaskan saja dengan sendirinya karena menjadi salah satu alasan pentik agar tidak menjadi penyakit. Saat seseorang bersin biasanya diikuti oleh keluarnya bakteri atau kuman dari dalam tubuh. Hal ini berguna untuk menjaga hidung agar tetap bersih, karenanya seringkali bersin terjadi secara berulang-ulang. Jadi jangan pernah menahan bersin untuk menghindari beberapa risiko tersebut. Tapi jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan saat bersin, agar bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan orang lain. Secara ilmiah, bersin dimulai dari sistem saraf dan semua orang memiliki cara kerja sistem saraf yang sama. Namun sinyal perjalanan saraf tiap manusia berbeda-beda sehingga menghasilkan cerita bersin yang berbeda bagi tiap orang. Jadi ketika ada sesuatu yang mengganggu hidung, sebuah pesan akan dikirim ke bagian otak.



Kecepatan bersin yang dimiliki manusia adalah 161 km/jam, sehingga jika seseorang menahan untuk bersin maka tubuh harus menahan kecepatan tersebut secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi fungsi tubuh dan menyebabkan kuman yang seharusnya dikeluarkan malah masuk kembali.

Kenali Bahaya Penyakit Kalau Bersin Kita Di Tahan


"Bersin merupakan kegiatan yang positif karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorakan) dan ini adalah hal yang baik, sedangkan menahan bersih justru berbahaya karena bisa menimbulkan beberapa risiko,' ujar Dr Michael Roizen, kepala Wellness Officer Clevelend Clinics, seperti dikutip dari Doctoroz.com, Senin (8/3/2010).

Roizen mengungkapkan ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika seseorang menahan bersin yaitu:

  1. Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung
  2. Mimisan
  3. Pecah gendang telinga
  4. Gangguan pendengaran
  5. Vertigo
  6. Retina yang terlepas atau mengalami emfisema. 


Hal ini karena tubuh berusaha menahan kecepatan dari bersin yang tinggi. Cedera yang timbul umumnya mempengaruhi struktur bagian dalam kepala.

Dampak pertama yang akan kita dapatkan jika menahan bersin adalah meningkatnya resiko terkena gangguan pendengaran atau bahkan vertigo, kondisi dimana kita akan mengalami sensasi pusing dan pandangan berputar yang luar biasa. Kedua masalah kesehatan ini bisa muncul karena tekanan udara yang sangat tinggi saat bersin tidak dilepas dan akhirnya masuk ke telinga. Hal ini ternyata bisa menyebabkan cedera atau pecahnya gendang telinga.

Dampak lain dari menahan bersin adalah kemungkinan pecahnya pembuluh darah pada sekitar bola mata. Hal ini ternyata bisa memicu memar pada bagian putih mata, tepatnya di sekitar bagian iris. Dalam beberapa kasus, menahan bersin juga akan memicu patah tulang pada tulang rawan hidung, mimisan, hingga luka pada diafragma. Selain itu, tekanan darah juga bisa meningkat dan bahkan bisa memicu pecah atau pelemahan pembuluh darah pada otak.

Namun di lain sisi, menahan bersin bukan pilihan yang tepat. Menurut penelitian, menahan bersin bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Pembuluh darah di bagian putih mata akan pecah. Hal itu bisa menyebabkan memar pada bagian putih mata di sekitar iris. Anda berisiko mengalami gangguan pendengaran atau vertigo karena tekanan udara yang masuk ke telinga bisa memecahkan gendang telinga atau cedera pada bagian dalam telinga.
Cedera pada diafragma.

Pembuluh darah pada otak akan melemah dan bisa pecah karena meningkatnya tekanan darah.Intinya, bersin bisa menjaga tubuh agar tetap sehat karena aktivitas ini merupakan bagian penting dari proses kekebalan tubuh. Jika Anda bersin, maka Anda akan membersihkan hidung dari bakteri dan virus.

0 Response to "Apakah Bahaya Penyakit Kalau Bersin Kita Di Tahan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel