Bawang Merah Untuk Meredakan Sakit Flu, Demam Panas Batuk Bayi dan Anak Balita

Apabila si kecil terkena sakit Flu atau batuk segera atasi pertolongan pertama dengan bumbu dapur herbal alami. Apalagi orang tua jaman dahulu seringkali menggunakan bawang merah karena mudah di temukan didapurnya sebagai obat alami untuk menangani beberapa penyakit yang diderita anak sepertihalnya Flu batuk pada anak balita. Maka tak ada salahnya untuk mencoba, jikalau para Ibu rumah tangga juga dapat memanfaatkan khasiat bawang merah sebagai pertolongan pertama obat alami untuk si kecil.

Bawang Merah Untuk Meredakan Sakit Flu, Demam Panas Batuk Bayi dan Anak Balita (image:pixabay)

Bawang Merah Untuk Meredakan Sakit Flu, Demam Panas Batuk Bayi dan Anak Balita


Menurut para ahli kesehatan, dr. Vivi Kurniaty Tjahjadi, M.Si, dalam irisan bawang merah yang terkupas kulitnya mengandung berbagai macam senyawa alami seperti halnya minyak atsiri, sikloaliin, merilaliin, dihidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptide, fitohormon, vitamin, protein, lemak, kalsium, fosfor dan zat pati seperti yang terkandung dalam lengkuas. Kandungan flavonglikosida berfungsi sebagai antiradang, antibakteri, serta dapat menurunkan panas secara cepat, sehingga tidak heran bawang merah dapat mengobati atau mengatasi sakit batuk dan flu secara cepat untuk anak. Senyawa sulfur dan quercetin dari bawang merah banyak terkandung dalam minyak esensial atau minyak atsiri yang bermanfaat untuk menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh.


Dalam acara siaran kesehatan Dr.Oz telah menyebutkan bahwa ada banyak yang diambil dari beberapa manfaat bawang merah yang dipotong dan diletakkan pada pojok ruangan maka akan menyerap virus dan gangguan bakeri jahat. Namun banyak pendapat lain menyatakan bahwa bawang merah dapat menyerap virus flu hoax. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat bawang merah untuk bayi dan anak-anak, yaitu:

Bawang Merah Mengobati Sakit Panas Demam Pada Balita


Ramuan herbal ini telah ada sejak jaman dahulu kala dan secara turun temurun telah diwariskan sampai anak cucu dan cicitnya dapat digunakan sebagai obat alami sakit demam yang ampuh. Cara meramu ramuan herbal ini juga sangat mudah.

Ibu cukup ambil 3-5 siung bawang merah, kupas lalu cuci bersih, Kemudian gerus atau tumbuk kasar, jangan sampai halus biarkan tekstur bawang merahnya tetap ada. Lalu, Ibu bisa tambahkan sedikit minyak kelapa, minyak kayu putih, atau minyak telon secukupnya. Setelah itu balurkan ke tubuh anak, terutama bagian ubun-ubun, punggung, dada, perut, lipatan paha, lengan dan telapak kaki. Alangkah lebih baik jika Ibu melakukannya saat si kecil sedang tidur, sehingga ia tidak terganggu dengan baunya yang tajam.

Untuk menurunkan demam pada bayi dan anak-anak merupakan manfaat bawang merah untuk bayi, Anda bisa mencoba mengiris halus atau mencincang bawang merah kemudian dicampur dengan minyak zaitun dan dioleskan ke ubun-ubun. Selain digunakan pada bayi yang mengalami demam, cara ini bisa juga digunakan bayi dan anak-anak yang menderita flu daripada menggunakan obat flu warung bahan ini merupakan ramuan tradisional obat flu yang ampuh.

Bawang Putih ikut serta menyembuhkan flu batuk pada anak

Bawang putih juga dipercaya bisa menyembuhkan sakit flu batuk pada anak, yaitu dengan mengunyahnya. Bawang putih juga dengan memiliki manfaat kandungan senyawa allicin dan allion pada bawang putih mampu melawan virus penyebab flu. Untuk anak, bisa Anda berikan sup ayam dengan campuran irisan bawang putih untuk dimakan. Sup ayam dengan bawang putih bermanfaat meredakan gejala flu pada anak, seperti nyeri, hidung tersumbat dan demam.

Untuk pengobatan secara alami ibu rumah tangga bisa membuat ramuan dari jahe dan kunyit. Caranya pun mudah untuk Anda lakukan, yaitu memarkan kunyit dan jahe. Kemudian rebus dengan satu gelas air. Tunggu sampai mendidih, angkat lalu diamkan sampai dingin, lalu minumkan pada anak pada malam hari sebelum tidur.

Bawang Merah Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung sering dialami bayi. Saat menyusui mungkin saja posisi Ibu dan bayi tidak tepat, sehingga menyebabkan udara masuk, dan perut menjadi kembung. Tak heran saat perutnya kembung, bayi akan menjadi rewel dan susah tidur.

Manfaat bawang merah juga efektif untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Cara meramunya juga sama, yakni mencampurkan bawang merah tumbuk plus minyak telon, lalu dioleskan ke perut bayi. Ramuan bawang merah ini akan menghangatkan perut bayi sehingga menimbulkan efek rileks dan perut kembung pun teratasi.

Meredakan Flu dan Batuk Pada Bayi dan Anak Balita


Manfaat bawang merah juga terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit pada anak balita, salah satunya meredakan flu dan batuk. Senyawa sulfur dan quercetin yang banyak terkandung dalam minyak minyak atsiri bermanfaat dalam menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan senyawa sulfur dalam bawang merah juga mampu mengatasi gangguan dalam saluran pernafasan yang mampu melegakan dan mencairkan dahak seseorang yang terserang flu dan disertai dengan batuk.

  1. Yang Perlu Ibu Siapkan 1 sampai 2 siung bawang merah kupas dan cuci
  2. Iris tipis bawang merah tersebut, atau bisa juga ditumbuk kasar (tidak sampai lembut)
  3. Tuangkan setengah sendok makan minyak telon dan balurkan pada dada dan punggung anak
  4. Oleskan juga pada telapak kaki. Lakukan saat bayi atau anak balita Anda sedang tidur agar tidak terganggu dengan bau yang menyengat ramuan tersebut.


Ternyata manfaat bawang merah memiliki banyak khasiat untuk bayi yang bisa digunakan sebagai obat alami flu atau pilek dan batuk. Dengan memanfaatkan bawang merah tersebut bisa membantu meredakan flu dan batuk yang dialami bayi dan anak balita. Semoga lekas sembuh.

0 Response to "Bawang Merah Untuk Meredakan Sakit Flu, Demam Panas Batuk Bayi dan Anak Balita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel