Penyebab Badan Kurus dan Punggung Serta Wajah Berjerawat

Badan kurus dapat dikatakan kurang ideal, akibatnya badan mudah capek dan lelah sehingga asupan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Berat badan yang ideal bukan berarti gemuk atau makan terus. Tentunnya sebagaimana tau tentang tolak ukur jika badan kurus atau status gizi underweight tidak berarti sehat. Terdapat ke-empat faktor penyebab badan kurus, di antaranya adalah faktor keturunan, kekurangan nutrisi makanan dan minuman, hingga kondisi psikologis atau kesehatan secara medis kurang baik tertentu yang harus Anda waspadai.



Penyebab Badan Kurus


Penyebab badan kurus menurut ahli kesehatan bisa terjadi karena kurangnya menjaga pola makan dan kesehatan. Karena asupan makanan yang kurang cukup sehingga penurunan berat badan dan menyebabkan badan kurus. Diet ekstrim juga bisa menjadi penyebab badan kurus karena kurangnya asupan nutrisi penting bagi tubuh. Kesehatan mental secara psikis juga dapat menjadi faktor penyebab badan kurus. Mungkin diantaranya akan menyebabkan peristiwa lainnya seperti stres, depresi, gangguan nafsu makan dan pencernaan, dan masalah emosional bisa memengaruhi kebiasaan buruk, yang akhirnya berdampak pada penurunan berat badan.

Penyebab yang paling utama adalah apabila kekurangan makanan sehat dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah, maka tubuh Anda akan rentan terhadap beberapa penyakit seperti flu dan batuk. Anda juga rentan kekurangan vitamin dan mineral yang merupakan unsur penting dalam kesehatan dan pertumbuhan.

Cara Sehat Sehat Menambah Berat Badan

Untuk mendapatkan berat badan yang lebih berisi, Anda dapat melakukan langkah-langkah diet sehat seperti menambahkan unsur kalori sehat dalam menu makanan Anda. Beberapa asupan yang bisa Anda tambahkan seperti:

  • Buah, sayur, roti gandum, kacang-kacangan, dan keju. Jenis makanan ini bisa menjadi sumber kalori sehat yang Anda konsumsi.
  • Asupan protein, karbohidrat dan lemak sehat. Jangan lupa untuk memilih makanan yang bernutrisi, seperti daging, ikan, atau telur yang berprotein tinggi, juga nasi merah yang berkarbohidrat tinggi. Pilih sumber lemak sehat seperti makanan yang dimasak dengan minyak canola atau biji bunga matahari.
  • Olahraga. Disarankan memilih olahraga yang membangun kekuatan dan massa otot seperti yoga. Olahraga ini dapat membangun otot-otot dan membantu kenaikan berat badan.
  • Cukupi kebutuhan cairan. Setidaknya Anda harus minum 6 - 8 gelas air per hari. Hindari untuk minum sebelum makan yang dapat menimbulkan rasa kenyang.


Dalam kalkulator berat badan ideal Anda (dalam kilogram) dan tinggi badan Anda (dalam sentimeter), lalu akan dihitung secara otomatis berapa angka IMT Anda.

Cara perhitungan IMT adalah dengan membagi berat badan dalam kilogram (kg) dengan tinggi dalam meter kuadrat (kg/m2). Rentang klasifikasi IMT untuk populasi penduduk Asia dan Eropa atau Amerika sedikit berbeda.

Penyebab Wajah Berjerawat

Masalah Jerawat pun bisa muncul di area kulit maupun badan hingga wajah anda. Salah satunya di area jidat. Kehadiran jerawat di punggung terkadang membuat tidak nyaman. Jerawat di jidat bisa disebabkan oleh masalah produk kecantikan kulit dan rambut yang tidak cocok dengan kulitmu. Bisa jadi kandungan yang ada di produk kosmetik yang kamu kenakan menyebabkan iritasi dan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

Ketika muncul satu jerawat, lalu kamu nekat memencetnya, bakterinya bisa tersebar dan menyebabkan lebih banyak jerawat lagi. Jadi perlu hati-hati sekali pokoknya kalau ada jerawat di jidat, jangan sembarangan memencetnya ya. Untuk mengatasi masalah jerawat kamu dapat melakukan dengan cara mencuci muka cukup hanya dua kali. Gunakan air hangat dan sabun pembersih muka yang ringan. Hindari menggunakan kain waslap saat mencuci muka, cukup gunakan jari untuk membantu meratakan sabun pembersih.

Cara Mengatasi Masalah Jerawat Di Punggung dan Wajah

Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat secara mandiri tanpa resep dokter adalah benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Namun ingatlah bahwa perawatan ini hanya untuk jerawat kategori ringan. Lakukan perawatan kulit yang baik. Jagalah kebersihan tubuh dengan teratur membersihkan kulit terutama setelah berkeringat, mencuci rambut dan membilas sampai benar-benar bersih sehingga tidak ada conditioner shampoo yang tertinggal, dan hindari memencet jerawat.

0 Response to " Penyebab Badan Kurus dan Punggung Serta Wajah Berjerawat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel