Berkenalan Kuliner Jika Kamu Keliling Dunia

Kuliner menjadi momok utama untuk di cicipi. Berbagai rasa tentunya ada di Indonesia. Sedikit berbicara kuliner Indonesia yang kini semangkin berkembang pesat adabeberapa yang terkenal sampai manca negara seperti rendang, sate, soto, bakso beranak dan lain sebagainya. Memang ketika berbicara kuliner tentang sebuah rasa yang akan di bahas tidak akan ada habisnya. Untuk itu belajar dari negara lain untuk melestarikan masakan budaya karena efek globalisasi. Adapun sedikit membahas tentang kuliner yang ada di seluruh dunia. Namun, ada sejumlah hidangan yang saking melegenda dan punya citarasa lezat tiada tara, deretan makanan itu pun mendapat julukan khusus.


Seperti yang dilansir oleh migrationology.com, ada sebuah pepatah Kenya yang berbunyi, "Orang yang belum pernah berkelana akan berpikir koki terbaik di dunia ini hanyalah ibunya."

Poke (Hawaii, AS)

gambar: Tribunnews


Poke terbuat dari daging ikan tuna sirip kuning mentah yang dipadu dengan kecap, minyak wijen, garam laut, lada, cabai, bawang merah, dan rumput laut limu. Poke biasa disajikan dengan nasi hangat. Perpaduan ikan dan bumbu tersebut membuat poke menjadi kreasi kuliner yang hebat di dunia. Meski pun mentah, tekstur daging ikan itu sangat lembut, mirip daging buah pepaya yang sudah masak.

Aguachido (Playa del Carmen, Meksiko)


Aguachido sendiri merupakan hidangan udang yang dimarinasi dengan perasan jeruk lemon, clamato (minuman yang terbuat dari sari buah tomat dan diberi bumbu rempah dan kaldu kerang), dan sayuran segar.

Khao Soi (Thailand)



Khao soi merupakan mi yang berisikan kuning telur yang telah digoreng kering dan disiram dengan kaldu kari cukup kental. Kemudian, khao soi juga dimakan bersama sayuran hijau. Kaldu khao soi terbuat dari santan dan dapat dimasak dengan daging ayam, babi, atau sapi. Wanita muslim di daerah muslim di sepanjang Chang Klan Road di Chiang Mai biasa memasak khao soi dengan daging sapi.

Gujarati Thali (Gujarat, India)



Gujarati thali merupakan sepiring besar yang berisi beraneka ragam kari yang disajikan bersama lentil, sayuran pedas, salad, serta roti dan nasi.


Nghêu Hấp Xả/Kerang Kukus bumbu serai (Vietnam)



Kerang yang lembut dikukus bersama cangkangnya, dan dimakan bersama kuah kaldu berserai. Tak lupa untuk dimakan bersama saus cabai pedas manis.

Bibim Guksu (Korea Selatan)



Bibim guksu merupakan sajian mi Korea yang populer dan sempurna untuk dimakan saat musim panas. Mi ini disajikan dingin dan dicampur dengan saus gochujang (pasta cabai merah Korea) yang rasanya pedas manis.

0 Response to "Berkenalan Kuliner Jika Kamu Keliling Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel