Alasan Manfaat Tidur Siang Juga Penting

Tidur karena semua orang perlu tidur untuk istirahat. Istirahat bilamana merasakan sakit, lelah maupun badan lemas akibat kerja berat dan banyaknya aktivitas seharian. Orang yang lelah bekerja tentunya perlu untuk istirahat walaupun sebentar saja seperti contohnya tidur siang. Menurut kesehatan berapa lamakah tidur siang itu? Paling lama kurang lebihnya selama 1 jam atau pun setengah jam cukup. Padahal tidur siang merupakan relaksasi tubuh dari banyaknya aktivitas yang dikerjakan. Manfaat utama tidur siang untuk mengurangi kecapean dan untuk menenangkan sel saraf-saraf otak yang tegang akibat aktivitas yang di jalani. Pada orang dewasa suka mengalami kurang tidur akibat begadang pada malam hari, misalnya karena harus bekerja lembur. Merasa lelah setelah banyaknya beraktivitas atau rasa mengantuk yang tidak tertahankan. Maka tidurlah walaupun hanya sebentar, karena otak dan mata perlu beristirahat.


Seperti yang dilansir Herworld, menurut penelitian yang diorbitkan oleh Journal of Applied Physiology mengemukakan bahwa tidur siang dapat mengurangi risiko mengalami coronary mortality sebanyak 37%. Manfaat tidur siang pakai bantal juga dapat menurunkan rasa stres kardiovaskular. Selain itu, manfaat tidur siang dengan tubuh yang lurus dilantai juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut para ahli, waktu yang ideal untuk tidur siang yaitu 10 hingga 20 menit. Alasan manfaat tidur siang juga sangatlah penting untuk untuk menyegarkan tubuh, pikiran dan meningkatkan energi tubuh. Tidur siang selama 90 menit sangat direkomendasikan untuk kamu yang kurang tidur semalam akibat begadang.

Women_Sleepping Image: Pixabay


Sebuah studi oleh University of Athens Medical School dan Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa orang-orang yang suka tidur pada siang hari secara teratur memiliki mortalitas koroner yang lebih rendah dari pada mereka yang tidak melakukannya. Menurut para peneliti tidur siang paling sedikit tiga kali seminggu selama 30 menit. Karena semua orang perlu menghargai waktu dan memang terbilang singkat tapi justru dengan tidur siang singkat ini kita bisa langsung kembali aktif bekerja dan terjaga saat bangun tidur. Tapi kalau tidur siang 30 menit, dampaknya kepala bisa pusing. Soalnya saat kamu bangun setelah tidur selama 30 menit tersebut, tubuh baru saja akan memasuki fase tidur yang lebih dalam. Untuk amannya memang tidur siang cukup maksimal 20 menit saja. Atau kalau mau lebih lama, bisa sekalian tidur siang sampai 90 menit.


Kenapa mesti 90 menit? 90 menit merupakan waktu yang sangat ideal untuk tidur siang karena mencakup satu siklus tidur yang sempurna. Manfaat tidur siang sangat baik dapat meningkatkan daya ingat lebih tajam, terkontrol emosional dan kreativitas secara lebih. Ditambah lagi, efek tidur siang selama 90 menit ini juga bisa bantu menjaga pikiran tetap tenang dan damai. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah pukul 14.00-15.00. Kemungkinan besar akan merasa mengantuk setelah makan siang. Jadi yang suka begadang dimalam hari sebaiknya melakukan tidur siang walaupun sebentar saja karena mata maupun otak dan pikiran pun agar lebih menjadi tenang serta damai.

0 Response to "Alasan Manfaat Tidur Siang Juga Penting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel