Cara Mengobati Sakit Gigi Terasa Nyut-Nyutan

Orang yang sedang mengalami sakit gigi memang terasa tidak nyaman terus merasakan cenat-cenut bahkan nyut-nyutan secara terus menerus. Sakit gigi memang menjengkelkan, selain itu juga kepala pun ikutan terasa sakit kepala, gusi nyut-nyutan, makan pun terasa menyiksa. Cara mengobati sakit gigi tidak melulu harus menggunakan obat-obatan yang dijual di toko obat. Ada beberapa cara alami dan cukup aman bisa kamu dapatkan di dapur. Mulai dari rempah-rempah hingga bumbu masakan. Ketika sedang mengalami sakit gigi, kemungkinan besar kamu akan merasakan gejala nyeri saat menggigit atau mengunyah. Gigi juga menjadi sangat sensitif terhadap suhu makanan, gusi dan pipi dekat gigi menjadi bengkak, gusi berdarah, dan nyeri nyut-nyutan di gigi. Bahkan sakit gigi juga dapat disertai pusing, nyeri leher, nyeri kuping, demam dan bau mulut.



Seluruh gejala tersebut akibat gigi sakit akan membuat sakit semakin menyiksa hingga sulit berbicara, makan dan tidur. Nyeri dengan tingkat ringan sampai parah di gigi dan area sekitarnya seperti rahang umumnya disebabkan oleh kerusakan gigi. Rasa sakit mungkin datang dan pergi atau bisa juga konstan. Berikut ini ada beberapa cara alami untuk mengatasi sakit gigi di rumah.


Berkumur Dengan Air Garam

Salah satu cara untuk mengobati sakit gigi yaitu dengan berkumur air garam hangat. Air garam dapat berperan sebagai disinfektan alami. Sama seperti obat kumur lainnya, air garam mampu membantu melepaskan partikel sisa makanan yang menyangkut di gigi. Larutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air (240 ml), dan kumur selama beberapa saat. Sebelum berkumur, Anda juga. bisa lakukan flossing untuk mengeluarkan sisa makanan yang mengganjal di sekitar area gigi yang sakit.

Kunyah Bawang Putih

Saat terkoyak oleh gigi, bawang putih akan melepaskan allicin, substansi berminyak alami yang berfungsi sebagai pelawan penyakit.

Kompres Pake Es Batu

Kompres dingin akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga sakit berkurang. Rasa dingin juga dapat mengempeskan bengkak dan menurunkan radang. Masukkan es batu dalam plastik kecil, bungkus dengan kain tipis, dan tempelkan langsung pada gigi yang ngilu selama 15 menit untuk mengebaskan saraf gigi. Atau, Anda bisa tempelkan kompres es di pipi Anda, di daerah gigi yang sakit.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh akan meredakan nyeri untuk sementara waktu. Minyak cengkeh mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami. Cara penggunaannya dengan menggigit kapas yang sudah direndam atau diberi minyak cengkeh di bagian gigi yang sakit. Lakukan selama beberapa kali sehari. Minyak cengkeh dapat bekerja seefektif benzocaine, obat untuk meredakan sakit gigi.

Daun Jambu

Cara menggunakannya juga mudah sekali, cukup kunyah daun jambu. Atau jika kamu tidak mau mengunyah daun mentah, coba tambahkan daun jambu yang sudah dihancurkan ke air mendidih, kemudian setelah hangat gunakan sebagai larutan kumur.

Jika minum obat, ada beberapa obat yang dapat dikonsumsi di antaranya adalah acetaminophen atau ibuprofen. Kamu juga bisa mengonsumsi aspirin untuk menurunkan rasa nyeri. Saat mengonsumsi aspirin kamu harus langsung menelannya. Jangan meletakkan obat tersebut di gigi atau gusi yang sakit. Hal ini justru berisiko membahayakan mulut. jika kondisi gigimu tidak kunjung membaik, disarankan kamu segera mengonsultasikannya ke dokter.

0 Response to "Cara Mengobati Sakit Gigi Terasa Nyut-Nyutan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel