Penyakit Umum Bahaya Bagi Anak

Kasih sayang terhadap anak seorang ibunda tak terhingga sepanjang masa. Memang Ibunda perlu tau kondisi kesehatan ibunda dan anaknya. Selin menjaga kesehatan keluarga menjadi tugas utama yang sangat berarti. Saat anak bermain apalagi lupa mencuci tangan dengan sabun anti septik, ini yang menjadi satu perhatian penting ibunda. Selain itu ada beberapa penyakit yang dapat menyerang gangguan kesehatan anak. Secara umum kondisi imun yang kurang baik akan menjadi lebih mudah anak terserang penyakit. Penyebab utama tidak terlaksananya program imunisasi adalah rendahnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat, khususnya di negara berkembang, tentang pentingnya imunisasi.  Berikut ini adalah beberapa penyakit umum bahaya bagi anak yang perlu di kenali oleh kedua orang tua. Mari bangun keluarga sehat sejak dini mungkin.


Daftar Penyakit Umum Bahaya Bagi Anak



Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

ISPA adalah infeksi yang terjadi di saluran pernapasan atas dan bawah. Kondisi ini terjadi akibat infeksi virus atau bakteri. Gejala yang muncul antara lain batuk, pilek, bersin, hidung tersumbat, serta terkadang disertai batuk.

HIV / AIDS

Angka kejadian: sekitar 39,4 juta orang yang hidup dengan AIDS. HIV atau human immunodeficiency virus tidak lebih dari pengikisan terhadap sistem kekebalan tubuh seseorang, ketika pasien rentan terhadap infeksi lain. Adapun AIDS atau acquired immunodeficiency syndrome biasanya mengikutinya dalam waktu 8 sampai 15 tahun, kecuali pasien menerima pengobatan. Sering kali, pasien meninggal karena TB atau pneumonia setelah infeksi AIDS. Angka kematian : 3 juta jiwa per tahun.

Diare

Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri, efek samping antibiotik, dan keracunan. Risiko terbesar saat si Kecil diare adalah dehidrasi. Karena itu, usahakan kebutuhan cairan si Kecil tetap terpenuhi dengan pemberian oralit, jus buah, atau makanan berkuah.

Demam Berdarah

Demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Demam berdarah tandanya antara lain demam tinggi, yaitu antara 2-10 hari. Demam berdarah terdiri atas 3 fase yakni fase demam, fase kritis, dan fase membaik. Fase demam rata-rata terjadi dalam 0-3 hari, fase kritis 3-5 hari, dan fase membaik hari ke 6-7. Salah satu tanda yang perlu dicermati adalah ketika demam anak sudah turun, si anak malah semakin loyo dan tidak mau makan. Jika menemukan tanda ini, jangan tunda untuk memeriksakan anak ke dokter.

Faringitis

Faringitis adalah peradangan pada daerah tenggorokan. Penyebab tersering radang/  infeksi tenggorokan adalah virus, dan dalam frekuensi yang lebih sedikit bisa juga bakteri atau jamur. Infeksi tenggorokan dapat menular melalui percikan ludah yang keluar saat berbicara, bersin, batuk, atau mencium si Kecil.

Masalah Kulit

Reaksi obat, infeksi, gigitan serangga, parasit dan alergi dapat menyebabkan masalah kulit. Kebanyakan masalah kulit menghilang sendiri tanpa pengobatan apapun. Namun, beberapa jenis masalah kulit dapat merupakan tanda penyakit serius.

Flu Singapura

Flu Singapura atau juga disebut dengan HMFD (Hand, Mouth, Foot Disease) ini sangat menular dan sering terjadi saat musim kemarau. Biasanya HMFD menyerang anak usia 1-4 tahun, namun terkadang juga dialami oleh anak-anak yang lebih besar. 

Diawali dengan demam sedang (di bawah 39 derajat C) selama 2-3 hari, yang diikuti rasa sakit pada leher dan nafsu makan berkurang. Selanjutnya, muncul sekitar 3 - 10 bintil kecil di dalam mulut yang menyerupai sariawan dan terasa nyeri. Di telapak tangan, telapak kaki, dan terkadang di daerah bokong muncul ruam kemerahan atau bintil kecil yang tidak gatal.

Difteri

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini termasuk berbahaya dan dapat mengancam jiwa anak dalam cepat. Tanda dan gejala hanya diawali demam dan sakit tenggorokan serta timbulnya bercak putih di tenggorokan. Bila tidak diobati dengan cepat, maka hal ini dapat segera mengancam jiwa karena dapat membuntukan saluran pernapasan, jantung, sehingga dapat dengan cepat mengancam jiwa karena komplikasi tersebut.

BC

Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculossis, penyakit ini biasanya menyerang paru, namun dapat juga mengenai hampir semua organ tubuh. Penyakit ini bisa menulari anak lewat kontak dahak dan juga akibat menghirup titik-titik air dan juga bersin atau penularan lewat batuk yang mengalami infeksi penyakit TBC. Anak-anak biasanya tertular dari orang dewasa, lingkungan dan kendaraan umum.

Radang Amandel

Radang amandel lebih sering menyerang anak-anak usia sekolah dasar. Penyebabnya adalah infeksi oleh virus (coxsackie virus, adenovirus atau Epstein-Barr virus) atau bakteri yang kebanyakan dari Group A Streptococcus. Gejalanya Gejala dari penyakit ini antara lain sakit tenggorokan lebih dari 48 jam dan biasanya disertai dengan kesulitan menelan. Selain itu, tenggorokan berwarna merah disertai dengan amandel yang membesar atau bisa juga terlihat titik-titik putih pada daerah amandel. Demam, sakit kepala dan suara berubah serak juga menjadi tanda radang amandel.

0 Response to "Penyakit Umum Bahaya Bagi Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel