Tiga Jenis ASI Sangat Penting Bagi Ibu Menyusui

Buah hati bunda memang sangat lucu, untuk itu perlu mengenali belajar tentang banyak hal mengenai jenis ASI yang baik bagi kesehatan kids zaman now. ASI memang sangatlah penting bagi si balita karena memiliki manfaat yang luar biasa, karena bila Anak yang diberi ASI eksklusif mempunyai kemampuan intelektual yang lebih tinggi dibanding anak yang diberikan Susu Formula. Menurut pakar kesehatan dunia WHO dan Badan Kesehatan Nasional, ketika bayi yang hendak baru lahir pun wajib di berikan Air Susu Ibu secara langung dari ibundanya. Ibunda yang baik untuk sayang kepada buah hati dengan memerikan ASI yang eksklusif pada bayi, oleh karena itu dapat memberikan manfaat secara lebih untuk ibu yang menyusui maupun bayi. Namun sayangnya, banyak orang tua yang belum sadar akan pentingnya pemberian ASI untuk anaknya. Padahal, manfaat ASI eksklusif sangat banyak sekali, baik di lihat dari segi ekomoni maupun segi kesehatan Ibu dan anak.

Tiga Jenis ASI Sangat Penting Bagi Ibu Menyusui © Public_Pictures


Ada tiga jenis ASI yang baik bagi ibu dan bayi diantaranya adalah Colostrum, Hindmilk dan Foremilk. Yang lebih bagus jenis ASI atau Air susu ibu yang diproduksi secara alami oleh tubuh ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang bayi seperti vitamin, protein dan asam lemak. Menurut para ahli, asam lemak yang terdapat pada air susu ibu memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi. Selain itu, hubungan emosional antara Anda dan Si Kecil yang terjadi selama proses menyusui  mungkin turut memberi kontribusi. 

Berdasarkan data lengkap Buku yang diterbitkann oleh Pustaka Bund ASI mengandung zat senyawa yang baik diantaranya adalah DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang semuanya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi, oleh karenanya ASI jauh lebih unggul dibandingkan dengan susu apapun.

Tiga Jenis ASI Sangat Penting Bagi Ibu Menyusui


Kolostrum

Kolostrum merupakan salah satu cairan sangat penting bagi bayi bilamana keluar dari payudara ibunda sejak hari kelahiran hingga 5 hari ke depan. Cairan kental berwarna kekuningan ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding karbohidrat dan lemak. Kolostrum sendiri kaya akan protein yang berfungsi untuk membentuk antibodi agar tubuh terhindar dari penyakit. Dan kolostrum seringkali disebut sebagai imunisasi alami untuk bayi yang baru lahir. 

Hindmilk

Salah satu jenis ASI yang satu ini diproduksi setelah kolostrum, yaitu pada hari ke 4 hingga 10 setelah bayi yang baru lahir.  Hindmilk ini atau biasa disebut ASI transisi mengandung immunoglobin protein dan laktosa dengan konsentrasi yang rendah dari pada kolostrum. Hindmilk ini memiliki jumlah kalori dan kandungan yang tinggi. Jika dibandingkan dengan susu kolostrum, hindmilk memiliki warna yang lebih putih seperti susu pada umumnya. 

Foremilk

Jenis Air susu ini yang diproduksi sejak kelahiran bayi hari ke-14 dan seterusnya. Kandungan karbohidrat dan lemak didalamnya lebih tinggi. Selanjutnya komposisi mulai konstan. Formilk memiliki warna putih yang kental.

Pemberian ASI secara ekslusif tidak hanya memberi manfaat untuk bayi, namun juga untuk ibu. Bayi yang diberi ASI eksklusif akan terhindar dari risiko-risiko kematian bayi. Namun menurut sejumlah penelitian, semakin lama Anda menyusui, semakin Anda terlindungi dari penyakit ini. Hal ini kemungkinan terjadi karena menyusui bisa menekan produksi hormon estrogen. Oleh karena itu papanya juga suka Air Susu Ibu, hehe.

Manfaat Asi Sangat Penting Bagi Ibu dan Anak

Meningkatkan Kecerdasan

Menurut para ahli, asam lemak yang terdapat pada air susu ibu memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi.

Menguatkan Sistem Imun

Tahukah bunda air susu ibu dapat melindungi sistem kekebalan tubuh yang terkandung dalam protein-protein seperti lactoferin dan IgA yang berfungsi melindungi bayi dari infeksi kuman-kuman seperti bakteri, virus maupun parasit. Manfaat pemberian ASI secara eksklusif yaitu dapat meningkatkan kekebalan pada bayi. Manfaat ASI dibanding susu formula yaitu ASI bisa menambah sistem imun atau kekebalan pada bayi. 

Jangan salah kira ibunda, karena pemberian ASI eksklusif 6 bulan tanpa pemberian susu formula dapat mengurangi angka kematian bayi yang disebabkan oleh penyakit seperti diare atau radang paru-paru dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Mengurangi Resiko Kanker Ovarium

Manfaat berikutnya adalah dapat mengurangi risiko terkena kanker ovarium. Hingga saat ini banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengamati hubungan antara infertilitas dan tidak menyusui. Hasilnya pun mengejutkan, yaitu seorang ibu yang tidak menyusui dapat meningkatkan resiko penyakit kanker, baik kaner ovarium.

Membuat Ibunda Lebih Sehat

Tidak hanya bermanfaat untuk bayi saja, ibu juga mendapatkan manfaat yang luar biasa dari pemberian ASI pada anak. Manfaat ASI bagi ibu dan anak yaitu dapat membuat ibu lebih sehat. 

Selama ibunda menyusui, dapat disarankan untuk menjaga asupan dan menerapkan pola hidup sehat serta makan sehat sangat dianjurkan ketika Anda sedang menyusui seperti mengonsumsi sayuran, buah, daging tanpa lemak, makanan berserat, susu dan banyak minum air putih.

0 Response to "Tiga Jenis ASI Sangat Penting Bagi Ibu Menyusui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel