Mengobati Sakit Tenggorokan Kering

Sakit tenggorokan sering kali kerap terjadi, namun tidak sedikit orang yang kurang memahami apa penyebabnya. Sakit tenggorokan terutama saat kering hendak mengganggu aktivitas rutin keseharian. Ketika berkomunikasi saat berbicara hendak sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bicara pun rasanya akan terasa cukup sakit dan serba salah. Jangan bersedih jika Anda mengalami tenggorokan kering. Penyebab utama sakit tenggorokan kering, sering kali disertai dengan rasa gatal atau sakit pada bagian tenggorokan. Kondisi gejala yang timbul dari gangguan tenggorokan atau mulut. Dua kondisi yang terkait dengan tenggorokan kering adalah laringitis dan mulut kering.



Laringitis


Laringitis terjadi ketika mulai sakit peradangan pita suara karena terjadi infeksi. Dengan hal ini dapat menimbulkan tenggorokan kering disertai dengan suara serak dan gatal. Terdapat dua jenis laringitis yang dibedakan berdasarkan rentang waktu timbulnya gejala. Antara lain, laringitis jangka panjang (kronis) yang umumnya disebabkan oleh asap rokok, mengonsumsi minuman keras, alergi, atau iritasi asam lambung. Dan laringitis jangka pendek (akut) yang umumnya disebabkan infeksi virus.

Mulut Kering


Mulut kering terjadi karena produksi cukup air liur atau saliva berkurang atau tidak ada sama sekali. Dan biasanya terjadi pada mereka yang mengalami dehidrasi, kerusakan saraf di area kepala atau leher, merokok, mengonsumsi obat-obatan tertentu atau karena mengidap penyakit tertentu.

Gejalanya antara lain rasa haus terus menerus, mulut kering, tenggorokan kering, luka di sudut mulut, bibir pecah-pecah, gangguan pada indera perasa, kesulitan mengunyah, sakit tenggorokan, serta lidah terasa kasar, kering dan berwarna merah.

Untuk mengatasi masalah mulut kering minum air mineral, menjaga kelembapan udara di dalam kamar tidur sehingga saluran pernapasan tidak bertambah kering, dan bernapas melalui hidung bukan melalui mulut.

Tiga point sederhana yang membantu meredakan suara serak, yaitu:
  • Mengonsumsi air putih yang cukup.
  • Kurangi konsumsi minuman berkafein.
  • Memperbaiki pola makan dan gaya hidup sehat.

0 Response to "Mengobati Sakit Tenggorokan Kering"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel