Pentingnya Pemberian Imunisasi Vaksin BCG

Imunisasi dapat dilakukan sejak dini mungkin, karena sangat baik untuk menghindari berbagai penyakit. Imunisasi seperti vaksin dapat memberikan manfaat positif dan dapat melindungi diri dari berbagai serangan penyakit. Vaksinisasi terhadap sistem kekebalan tubuh manusia sangatlah penting guna untuk menunjang berkembang tumbuhnya pada anak. Pemberian vaksinisasi memang berbagai macamnya, seperti halnya pemberian vaksin Toxoid, TBC, Campak dan termasuk dengan pemberian imunisasi BCG. Pemberian imunisasi biasanya diberikan oleh posyandu, selain harus dengan memenuhi prosedur pemberian vaksin harus segera di berikan ketika bayi yang baru lahir.


Memberikan vaksin atau melalui suntik imunisasi seperti Vaksin BCG dapat diberikan pada bayi sejak usia dini mungkin sejak bayi tersebut baru lahir hingga usia dua bulan lebih sampai berkelanjutan. Selain itu kabar mengejutkan jika salah seorang dewasa masih belum diberikan vaksin BCG, bisa dilakukan ketika dewasa, bila memang pada masa kanak-kanaknya belum pernah di berikan. Secara umum pemberian suntik vaksin BCG pada orang dewasa juga dapat diperbolehkan karena efektifitas sistem kekebalan tubuh menjadikan agar terhindar dari berbagai penyakit.


Ilustrasi Pemberian Vaksin BCG/Pexels



Kenapa pemberian Vaksin BCG itu penting? Karena selain melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti salah satunya bakteri TB. Mengapa demikian, dengan salah satu bakteri yang dinamakan bakteri TB jenis bakteri berbahaya yang menyerang sistem kekebalan tubuh terutama mencegah tuberkulosis, vaksin BCG juga seringkali dimanfaatkan sebagai pengobatan bagi yang terkena penyakit kanker kandungan kemih. Maka dari itu kita harus menyuntikan vaksin BCG  sejak dini mungkin mulai dari bayi baru lahir, usia 3 bulan sampai berkelanjutan, hal ini biasanya dilakukan pada tempat posyandu yang aman.


Menurut IDAI ( Commited in improving The Health Of Indonesian Children), mengenai penyuntikan vaksin BCG yang berisi kuman Mycobacterium bovis . Ketika di vaksin berarti bakteri tersebut disuntikan melalui lengan kanan atas sebelah kanan. Selain itu juga penyuntikan mengenai vaksin BCG yang dianjurkan oleh World Health Organization (WHO), adalah daerah lengan atas (deltoid). Berdasarkan kesepakatan, penyuntikan yang dapat dilakukan di lengan atas sebelah kanan. Selain itu juga manfaat lain dari suntik vaksin BCG sangat efektif untuk mencegah bakteri TB yang berkembang sehingga menimbulkan efek yang sangat parah, termasuk meningitis TB dengan perlindungan lebih dari 70% lebih kuat.


Dalam pemberian imunisasi terhadap vaksin BCG agar tepat sasaran harus diberikan dengan benar sesuai aturan medis seorang bidan atau pun dokter. Selain vaksin yang hanya disuntikan sekali dalam seumur hidup juga manfaat besarnya sampai seumur hidup pula. Itulah beberapa rekomendisi dan cuplikan dengan alasan penting mengenai pemberian vaksin BCG. (Adv)

1 Response to "Pentingnya Pemberian Imunisasi Vaksin BCG"

  1. Great article with excellent idea!Thank you for such a valuable article. I really appreciate for this great information.. BCGSearch Harrison Barnes

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel