Mengenal Penyakit Hirschsprung Pada Bayi

Memiliki bayi merupakan suatu kebanggaan dari keluarga yang berbahagia, namun perlu adanya bimbingan dan kasih sayang terhadap terutama ibundanya serta keluarga. Keluarga merupakan salah satu bentuk dari bagian kelompok dalam kehidupan bermasyarakat. Namun satu keluarga yang utuh agar tetap harmonis menghargai satu sama lainnya. Bagi anda atau sahabat womenia, yang belum lama setelah pernikahan dan memiliki momongan atau bayi yang baru lahir merupakan suatu anugrah terbaik. Disisi lainnya pada kesempatan kali ini belajar untuk mengenal berbagai macam penyakit yang dapat mengancam kondisi kesehatan pada bayi. Berbagai jenis penyakit yang seringkali terjadi juga dialami sejak dini mungkin dan seringkali pula dikenali oleh tenaga medis kesehatan hingga saat ini ada banyak beragam jenisnya.

Belajar Mengenal Penyakit Hirschsprung Pada Bayi/Rawpixel


Mengenal penyakit pada bayi memang banyak sekali diantaranya, Polio, BCG, TBC, dan yangbaru-baru ini  muncul dengan sebutan Hirschsprung pada bayi. Ada salah satu alasan utama untuk memberikan vaksin pada bayi memanglah sangat penting, disamping itu juga perlu adanya bimbingan kesehatan untuk keluarga. Posyandu merupakan sarana utama dalam kehidupan bermasyarakat, akan tetapi timbal balik dari segi kesehatan peru adanya toleransi untuk belajjar mengenal secara lebih.



Seperti yang dilansir dari Mayoclinic.org, Tak hanya pada orang dewasa pada bayi pun seringkali terjangkit penyakit saat atau pun sejak usia yang baru lahir. Tahukah anda pada tahap pengenalan penyakit Hirschsprung. Jenis penyakit ini merupakan salah satu penyakit bawaan, mungkin saja terjangkit karena kelainan pada Hirschsprung terdapat di usus besar (kolon). Kelainannya berupa tak adanya saraf pada salah satu bagian usus besar, sehingga membuat kontraksi usus akan terganggu.  Dengan hal ini ada tanda salah satu cirinya seringkali terganggunya sistem pencernaan pada bayi dan juga tanda yang nampak nyata kondisi kesehatan bayi menurun serta terlihat perutnya  buncit.


Mengapa Hirschsprung?



Penyakit hirschprung merupakan penyakit pada bayi yang mengalami gangguan sistem pencernaan karena penyakit bawaan. Pada penyakit kelainan hirschsprung akan seringkali mengalami kesulitan dalam buang air besar. Alasannya utamanya karena adanya gangguan yang terjadi pada sel saraf. Oleh karena itu fungsinya saraf tersebut memiliki peran yang sangat penting, guna untuk mengendalikan pergerakan usus.

Secara jelasnya jika bayi dalam kondisi yang normal apabila buang air besar tidak memiliki kelainan penyakit, maka cara kerja usus ini akan mendorong feses ke arah anus. Namun berbeda dengan Hirschsprung, apabila buang air besar mengidap kelainan penyakit disalam usus tak bisa bekerja dengan seharusnya. Alhasil, feses akan terperangkap di usus. 

Gejala Penyakit Hirschsprung


Apabila bayi dalam kondisi yang terkena penyakit Hirschsprung, bilamana kondisi tersebut mengalami gejala lain yang nyata diantaranya sebagai berikut ini:

  • Perut Bayi Membuncit,
  • Seringkali terjadi muntah-muntah, cairannya berwarna cokelat atau hijau, dan
  • Lebih rewel dan sering menangis.


Diagnosis dan Pengobatan

Apabila bayi dalam kondisi yang tidak sehat seperti terkena penyakit Hirschsprung harus sesegera mungkin konsultasi pada bidang kesehatan. Jangan dianggap remeh salah tsatu penyakit Hirschsprung ini, oleh karenanya penyebab utama dari gejala gangguan penyakit dari perkembangan sel saraf itu belum diketahui pasti. Akan tetapi bisa segera diatasi pada beberapa kasus penyakit tersebut, penyakit Hirschsprung diduga terkait dengan faktor keturunan atau genetika. 


Karena mungkin saja setiap bayi memiliki resiko terhadap penyakit Hirschsprung, oleh karena itu dihimbau untuk sahabat womenia, untuk menjada kondisi kesehatan dan konsumsi harian terhadap makanan yang sehat. Apabila penyakit Hirschsprung ini yang tak sesegera mungki ditangani oleh dokter dengan tepat bisa menimbulkan sederet komplikasi penyakit lainnya. Selain faktor kesehatan penyakit ini penyebabnya bisa mungkin terjadi karena kekurangan gizi yang seimbang.

0 Response to "Mengenal Penyakit Hirschsprung Pada Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel