Advertisment

Empat Cara Alami Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga kesehatan ginjal menjadikan salah satu hal penting yang menjadi suatu hal pertama untuk menjaga kondisi kesehatan. Kesehatan tubuh manusia tentunya akan dipenuhi asupan cairan didalam tubuh yakni lebih dari 80 persen kadar air didalam tubuh manusia. Oleh karena itu menunjang ke hal yang sehat pula perlu kesadaran didalam diri manusia, bahwa terdapat hal khusus yakni pola makan teratur yang baik. Menjaga kesehatan ginjal bukan pula salah satu hal yang dianggap remeh, melainkan sisi baik untuk sehat tetap prima. Salah satu hal sederhana untuk menjaga kesehatan ginjal yakni dengan rajin mengkonsumsi delapan gelas air mineral setiap harinya.


Ilustrasi Konsumsi Segelas Air Mineral/Pexels.com


Maka dari itu manfaat besar dan fungsi utama ginjal sebagai penyaring zat-zat sisa yang tidak terpakai lagi oleh tubuh. Oleh karena itu pula sangat penting sekali menjaga kesehatan ginjal. Ginjal salah satu orga penting didalam tubuh manusia, fungsi utama menyaring zat sisa, kelebihan cairan, dan racun (termasuk obat) dari dalam darah. Zat kotor terdapat didalam Ginjal akan disaring di ginjal dan yang terbuang akan ditampung di kandung kemih sebelum dikeluarkan lewat urin. Ginjal sangat pentin juga dalam mengatur pH darah, garam, dan kadar potasium di dalam darah. Organ berbentuk kacang ini juga memproduksi hormon yang mengatur tekanan darah, serta mengontrol produksi sel darah merah. Berikut ini cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal:


Olahraga Agar Tetap Fit


Setiap pagi kurang lebihnya dianjurkan unttukk berolahraga  setidaknya 10 menit saja. Dengan hal  tersebut bisa menurunkan risiko penyakit ginjal kronik. Olahraga secara teratur juga bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung, keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Kurangi Asupan Gula Berlebih


Salah satu cara kedua dengan mengurangi asupan konsumsi gua. Dan suatu ketika sel tubuh tidak bisa menggunakan gula dengan optimal karena kekurangan insulin, atau insulin tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaring darah yang tinggi gula. Jika kadar gua berlebihan dengan gejala diabetes yang ingin buang air kecil terus menerus. Lama kelamaan, kondisi seperti itu bisa merusak ginjal.

Jangan Terlalu Sering Konsumsi Obat


Mengkonsumsi obat kimia jika terlalu sering maka akan terjangkit seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi, maka dampaknya bisa sangat signifikan bagi tubuh. Tekanan darah yang optimal tidak boleh lebih dari 120/80 mmHg. Namun jika tekanan darah menunjukkan 139/89, Kamu masih dalam kondisi prehipertensi. Untuk mencegahnya menjadi hipertensi, lakukan perubahan gaya hidup.


Konsumsi Banyak Air Putih


Menjaga kondisi sehat ginjal setidaknya cukup 8 gelas per hari jika belum terbiasa. Namun jadikan minum 8 gelas sehari itu sebagai target utama hidup sehat. Minum air putih menjaga Kamu tetap terhidrasi. Asupan cairan secara rutin dan konsisten juga sehat untuk ginjal.
comments

0 Response to "Empat Cara Alami Menjaga Kesehatan Ginjal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel