Advertisment

Kenali Manfaat Lebih Rumput Laut

Rumput laut merupakan salah satu jenis bahan makanan hijau yang menyehatkan, terdiri dari tiga jenis alga cokelat, alga merah, dan alga hijau. Tahukah anda sejak dahulu kala rumput laut di kawasan Asia timur sebagai lauk sehari-hari, dan untuk mengobati penyakit. Rumput laut memang sudah dipercaya sebagai bahan makanan yang sangat penting bagi kesehatan. Oleh karena itu rumput laut sangat baik jika dikonsumsi dalam kondisi yang masih segar. Disamping itu pula rumput laut apabila dalam semangkok rumput laut wakame memiliki mengandung kurang dari 20 kalori. Ini yang menjadi sangat penting untuk nutrisi harian anda.

Ilustrasi Rumput Laut/Morguefile


Sebagai sumber energi dalam bentuk makanan agar-agar digunakan sebagai bahan pengikat dan pengental dalam berbagai produk makanan. Selain sumber energi yang dibutuhkan sebagai sumber karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral termasuk magnesium, mangan, yodium, kalium, sodium, kalsium, folat, zat besi, dan tembaga, dalam jumlah yang cukup tinggi. Rumput laut juga mengandung vitamin A, C, E, K, fosfor, dan kolin meski dalam jumlah sedikit. Selain itu, rumput laut juga kaya akan antioksidan, baik utuk menjaga kesehatan kulit. Selain mengandung antioksidan flavonoid, dan karotenoid yang dapat menangkal radikal bebas. Selain bermanfaat sebagai ulasan diatas berikut ini sebagaian manfaat lain untuk menjaga kesehatan dalam harian anda adalah sebagai berikut seperti yang dikutip dari Livestrong sebagai berikut ini.



Mencegah Pembengkakan Kelenjar Tiroid


Penyakit gondok atau pun yang biasa disebut dengan kelenjar tiroid yang dapat di cegah dengan mengkonsumsi rumput laut karena mengandung yodium yang baik. Ada beberapa tanda gangguan penyakit tersebut misalnya saja jantung berdebar-debar, mudah merasa lelah, dan terkena penyakit gondok.

Mencegah Kanker

Resiko besar terhadap penyakit kanker yang dapat mengakibatkan penyakit lainnya, seperti kanker payudara dapat dicegah dengan rumput laut nutrisi yang ada didalamnya mengatur kadar estrogen di dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Katarak



Penyakit gangguan panca indra penglihatan yakni berkat zat aktif bernama fucoxanthin di dalam rumput laut memiliki efek anti inflamasi okular yang berperan penting dalam pencegahan penyakit katarak.

Ilustrasi Rumput Laut/Unsplash

Sumber Energi dan Zat Besi


Didalam rumput laut mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan nutrisi penting oleh tubuh saat melakukan aktivitas kerja harian anda. Kurangnya zat besi dapat menyebabkan anemia, sehingga Anda menjadi mudah lemah dan lesu.


Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan yang bermanfaat dari dalamm nutrisi rumput laut yakni senyawa antioksidan dan anti-alergenik dalam rumput laut . Zat tersebut mampu menangkal virus berbahaya seperti HIV, dan virus lainnya yang hendak masuk kedalam tubuh. Dengan penelitian demikian, sayangnya penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan efeknya pada manusia.
comments

0 Response to "Kenali Manfaat Lebih Rumput Laut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel