Kenapa Ya Saat Berlari Perut Terasa Sakit?

Olahraga murah tanpa mengeluarkan biaya yang banyak dan melakukannya juga mudah adalah Berlari. Meski mudah dilakukan dan tanpa biaya, ternyata berlari sering membuat badan tidak nyaman, salah satunya perut terasa sakit saat sedang berlari. Entah apa penyakit? atau hanya kesalahan pola makan? Menurut jurnal yang dimuat dalam Journal of the American College of Cardiology, orang yang sering melakukan jogging setiap harinya memiliki risiko yang rendah untuk mengalami penyakit jantung jika dibandingkan dengan orang yang tidak biasa melakukan jogging. Sama seperti olahraga lain, jogging  bisa menguatkan persendian dan tulang Anda. Hal ini disebutkan dalam sebuah riset yang dilaporkan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise.

Untuk menjawab pertanyaan di atas yaitu Kenapa Saat Berlari Perut Terasa Sakit? Penyebab hal tersebut terjadi bisa saja di sebabkan oleh pola makan ada sistem pencernaan anda yang bermasalah. Lebih lengkapnya baca Penyebab Perut Sakit Saat Berlari berikut ini:



Kenapa Saat Berlari Perut Terasa Sakit?



Perut terasa sakit saat berlari juga dipengaruhi oleh sistem olahraga yang salah, misalnya anda berlari langsung saja tanpa adanya pemanasan terlebih dahulu. Maka dengan begitu perut anda terasa sakit. Jadi, jika anda sebelumnya tidak melakukan pemanasan dan ternyata perut terasa sakit dan sekarang hal tersebut anda hilangkan dan anda mencoba untuk melakukan pemanasan jika ingin melakukan olahraga.

Cobalah atasi masalah ini dengan cara atur pola nafas yang baik saat berolahraga, lakukan pemanasan yang baik dan cukup, hindari berolahraga dengan dipaksakan, setelah berolahraga minumlah minuman berisotonik yang diketahui dapat meredakan nyeri pada perut. Untuk mencegah kram, maka Anda harus mengatur napas Anda dengan baik. Yang Anda harus lakukan adalah mengambil napas dalam dalam. Letakkan telapak tangan Anda di perut dan kemudian ambil napas dalam-dalam. Pengaturan napas adalah salah satu cara untuk mencegah kram pada perut.

Janganlah Berbicara Saat Berlari
Berlari saat berbicara juga mempengaruhi munculnya sakit pada perut anda. Bila anda saat berlari bicara atau sambil mengobrol dengan teman anda, maka udara yang ada akan masuk ke perut anda dan muncullah rasa sakit tersebut.

Makan dan Minum
Jika sebelum melakukan olahraga anda ternyata baru saja makan dan minum, maka itu adalah penyebab perut anda terasa sakit. Karena saat berlari makanan dan minuman yang anda konsumsi lambung sedang memproses makanan tersebut dan muncullah rasa sakit pada perut anda. Jadi, jika baru saja selesai makan atau minum janganlah dulu untuk langsung melakukan olahraga. 

Kekurangan Cairan Tubuh
Dibagian poin terakhir ini, sudah pasti sering terjadi pada setiap orang yang melakukan olahraga. Karena saat berolahraga atau khususnya lari, keringat yang keluar itu cukup banyak dan saat itu cairan tubuh andapun kekurangan. Dan untuk menghindarinya banyak-banyaklah minum.


Pastikan Anda cukup minum

Kekurangan cairan di dalam tubuh atau dehidrasi ketika berlari bisa menimbulkan kram perut. Sehingga, usahakan untuk tetap mengonsumsi cairan yang cukup agar Anda terhidrasi dengan baik. Minumlah sebanyak 400 hingga 600 ml air mineral 45 menit sebelum melakukan olahraga. Jangan lupa untuk menjaga tingkat hidrasi Anda selama melakukan lari dengan minum 60 sampai 120 ml air setiap 15 menit sekali. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan minuman olahraga atau sport drink yang mengandung kurang dari 10% glukosa. Minuman tersebut akan membantu menjaga Anda dari dehidrasi.

Jika kamu masih merasa kram pada perut saat berlari, maka cobalah untuk berhenti sejenak, mengatur napas, kemudian berjalan pelan-pelan. Ambil napas yang dalam selama 2 hingga 4 menit dan hal ini akan meringankan rasa kram yang muncul tiba-tiba.

0 Response to "Kenapa Ya Saat Berlari Perut Terasa Sakit?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel