Makanan Penting Untuk Ibu dan Bayi

Makanan yang sehat untuk ibu hamil tidak dianjurkan memakan sembarangan karena bisa menimbulkan dampak-dampak untuk ibu dan bayi. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan yang berupa seperti sayur-sayuran, daging, buah-buahan, kacang-kacangan, telur dan susu, terutama susu dengan formula khusus untuk ibu hamil. Kebutuhan gizi yang terus meingkat pada masa kehamilan membuthkan peningkatan 20-30% kalori guna memproduksi energi untuk kegiatan setiap hari.



Jika anda seorang ibu hamil anda harus menjaga kesehatan anda dengan cara berolahraga untuk ibu hamil dan juga pola makan yang benar – benar tepat. Seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward mengatakan bahwa telur adalah salah satu makan yang sangat bagus untuk ibu hamil karena sangat bermanfaat untuk keshatan ibu dan janin.


 Makanan yang Harus dihindari Selama Hamil


Kondisi janin dan ibu hamil sangat ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi, untuk itu sebaiknya ibu hamil menghindari makanan tertentu yang berdampak kurang baik pada janin.
  1.  Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet dan zat aditif atau zat tambahan pangan. Karena makanan ini dikhawatirkan dapat membahayakan bagi janin Anda.
  2.  Kurangi makanan yang berkalori tinggi yang hanya mengandung gula, lemak, dan kurang mengandung zat gizi lainnya seperti makanan siap saji, minuman bersoda dan goreng-gorengan, karena dapat memicu terjadinya obesitas atau kegemukan berlebih pada ibu hamil.
  3. Sebaiknya tidak mengkonsumsi kafein berlebihan karena kafein yang banyak terkandung di dalam kopi dan cokelat dapat meningkatkan tekanan darah dan membahayakan kesehatan ibu hamil serta janinnya.
  4. Apabila terpaksa harus mengkonsumsi makanan kemasan, maka label dan masa berlaku harus diperhatikan dengan baik
  5. Masaklah makanan dengan baik, terutama pada saat mengolah daging karena kemungkinan masih mengandung kuman
  6. Sebaiknya ibu hamil menghindari lingkungan yang berpolusi, dan menjauhi asap rokok
  7. Sang ibu yang memiliki kebiasaan merokok atau meminum minuman beralkohol harus menghentikan kebiasaannya selama masa kehamilan karena sangat berbahaya bagi janin
  8. Hindari penggunaan obat-obatan tanpa pengawasan dokter.

0 Response to "Makanan Penting Untuk Ibu dan Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel