Nutrisi Makanan Untuk Kehamilan Yang Baik dan Benar

Nutrisi Makanan Untuk Kehamilan  . Cara menjaga kehamilan yang sehat, salah satunya dapat menjaga pola makan dan nutrisi penting bagi ibu serta janin. Pada masa kehamilan memang ada kala pantangan beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi lebih, semisalnya buah nanas. Terdapat banyak makanan yang baik untuk ibu hamil trimester 1 atau sejak awal kehamilan.

Pixabay


Ketika masa kehamilan tersebut tiba, rasa bahagia tentu tak bisa terbendung. Memiliki bayi lucu yang sehat dan cerdas adalah dambaan semua orang, dan itu berawal dari bagaimana merawat kehamilan pada trimester pertama, dan faktor makanan sangat berperan dalam hal ini. Ada jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil

Seorang ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi makan sembarangan, hal ini karena bisa menimbulkan dampak negatif untuk ibu dan bayi. Makanan yang baik dan sehat untuk ibu hamil memang susah karena kita juga harus memperhatikan bahan dalam makanan. Salah satu diantaranya adalah makanan yang mengandung protein dan asam folat. Semua nutrisi dan mineral yang ada di dalam sayur, buah, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan produk susu bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda dan bayi yang sedang Anda kandung. Berikut ini ada beberapa tips makanan untuk ibu hamil seperti yang dilansir oleh healtmeup.


Nutrisi Makanan Untuk Kehamilan Yang Baik dan Benar

Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik dan mengandung asam amino yang penting untuk kesehatan Anda dan bayi Anda. Telur juga dikemas dengan sejumlah vitamin dan mineral, seperti kolin, yang meningkatkan perkembangan otak bayi. Namun pastikan Anda tidak mengonsumsi telur setengah matang saat sedang hamil.

Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung folat dan zat besi dengan jumlah tinggi. Semua nutrisi ini penting untuk kesehatan tubuh Anda.

Buah beri

Blueberry, stroberi, dan blackberry yang lezat penuh antioksidan. Buah beri juga mengandung vitamin C, potasium, folat, dan serat. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau ditambahkan ke dalam puding atau oatmeal.

Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan mengandung nutrisi penting untuk ibu hamil. Makanan sehat ini penuh akan protein, serat, dan nutrisi penting seperti zat besi, folat, kalsium, dan seng.

Oatmeal


Oat terdiri dari karbohidrat kompleks yang membuat Anda kenyang lebih lama. Oat juga membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol kadar gula darah Anda. Hal ini penting untuk mencegah diabetes yang biasanya terjadi pada masa kehamilan.


Yogurt rendah lemak


Minum susu memang menyehatkan kandungan. Namun Anda bisa mengonsumsi produk olahan susu lainnya yang lebih sehat seperti yogurt. Sebab yogurt mengandung kalsium, protein, serta bakteri baik untuk mencegah sembelit yang biasanya terjadi pada masa kehamilan.



Asam folat nutrisi kehamilan


Asam folat membantu mencegah cacat janin yang berdampak buruk pada otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat juga dapat menurunkan risiko cacat lahir lainnya seperti bibir sumbing dan cacat jantung. Jika Anda sedang merencanakan kehamilan, maka Anda disarankan untuk mengonsumsi 400 mcg asam folat setiap hari yang bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan serealia.

Kalsium


Kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan saat hamil. Sebab kalsium penting untuk menguatkan tulang ibu hamil serta meningkatkan pertumbuhan tulang janin.


Yodium


Kekurangan yodium saat hamil berdampak buruk pada gangguan kesehatan mental yang serius, pertumbuhan fisik yang terhambat, serta tuli.


Zat besi


Zat besi sangat dibutuhkan baik oleh ibu hamil maupun janin sebab mampu membawa oksigen ke dalam tubuh. Pasokan zat besi yang tidak memadai saat hamil mampu menyebabkan anemia dan bayi lahir prematur.


Vitamin D


Kekurangan vitamin D akan menempatkan bayi pada risiko rakhitis, menghambat pertumbuhan fisik, dan pertumbuhan tulang yang tidak normal. Kekurangan vitamin D juga menempatkan risiko yang lebih tinggi untuk terkena preeklamsia yang membuat Anda melahirkan secara caesar.



Pisang

Pisang mengandung kalium yang tinggi. Nutrisi ini diperlukan agar Anda lebih merasa berenergi ketika sedang hamil. Makan pisang juga mencegah mual saat sedang hamil.

Brokoli

Kandungan kalsium dan folat di dalam brokoli penting untuk mendukung kesehatan kehamilan. Brokoli juga membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan janin.

Daging tanpa lemak

Anda membutuhkan asupan zat besi tinggi saat sedang hamil. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan Anda merasa kelelahan. Salah satu jenis makanan tinggi zat besi adalah daging. Namun pilihlah jenis daging rendah lemak agar Anda tidak terkena kolesterol tinggi saat sedang hamil.

Biji-bijian

Saat hamil, hindari mengonsunsi makanan bertepung tinggi. Sebagai gantinya, konsumsi banyak biji-bijian seperti gandum sebab gandum kaya akan folat dan zat besi.

Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C, folat, dan serat. Jeruk juga terdiri dari 90% air yang efektif memenuhi kebutuhan cairan Anda.

Buah kering

Saat sedang hamil, biasanya hasrat Anda untuk nyemil sangatlah tinggi. Salah satu jenis camilan sehat yang bisa Anda konsumsi adalah buah kering sebab buah ini kaya akan serat, zat besi, dan protein.



Itulah beberapa jenis nutrisi makanan yang wajib untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Anda bisa mendapatkannya dengan cara mengonsumsi makanan segar dan utuh. Ingat pula bahwa sebaiknya Anda mengonsumsi makanan tersebut dalam bentuk segar sebab kandungan nutrisi di dalamnya masih tinggi.

0 Response to "Nutrisi Makanan Untuk Kehamilan Yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel