Advertisment

Obat Alami Melegakan Hidung Tersumbat Bisa Terjadi Pada Bayi dan Orang Dewasa

Dengan ini dapat mengatasi secara alami tanpa obat untuk hidung tersumbat tanpa memiliki efek samping. Hidung mampet atau tersumbat bisa sangat menjengkelkan. Selain terasa tidak nyaman, hidung tersumbat juga bikin kita kesulitan bernapas. Akibatnya, kita sering merasa pusing dan tidak fit. Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung menjadi bengkak akibat adanya cairan berlebih. Kondisi ini mungkin disertai pula dengan keluarnya ingus. Beberapa kondisi yang mungkin bisa membuat hidung Anda tersumbat, antara lain pilek, flu, alergi, dan sinusitis.

Salah satu cara membuang ingus yang baik dan benar, sangatlah penting untuk melakukan hal ini secara teratur jika hidung Anda tersumbat, namun lakukan secara tepat. Mengeluarkan ingus dengan tekanan yang terlalu keras bisa membawa kuman kembali ke telinga Anda. Cara terbaik membuang ingus adalah menutup aliran udara dengan jari di satu lubang hidung ketika Anda membuang ingus dengan lubang satunya.


Obat Alami Untuk Hidung Tersumbat Orang Dewasa

Teh herbal

Teh herbal adalah obat paling aman untuk mengatasi hidung tersumbat. Uap yang dilepaskan oleh tumbuh-tumbuhan akan membantu menenangkan iritasi di saluran hidung. Teh herbal juga digunakan untuk mengencerkan lendir dan memperbaiki drainase hidung.

Minyak kayu putih

Ini adalah salah satu obat herbal yang baik untuk hidung tersumbat. Tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air mendidih dan hirup uap air itu selama 10 menit. Hidung akan kembali lega dan tak tersumbat.

Makanan Panas atau Pedas

Sup ayam hangat saja contohnya adalah obat yang sangat baik untuk hidung tersumbat. Semangkuk supa ayam hangat adalah cara terbaik untuk membuka hidung yang tersumbat. Ini berisi sistein, yang meredakan sumbatan pada hidung dan merilis lendir yang pada akhirnya membuka penyumbatan di hidung.

Berkumur dan Cuci hidung dengan air garam

Masukkan garam ke dalam air hangat. Aduk hingga larut. Berkumurlah beberapa kali dengan larutan tersebut. Ini adalah cara terbaik untuk mengalirkan lendir dan membuka sumbatan pada hidung Anda.

Selain bisa melegakan hidung tersumbat, metode ini juga bisa menghilangkan virus dan bakteri yang berada di dalam hidung. Anda bisa membuat larutan air garam di rumah. Bahan-bahannya adalah tiga sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda. Aduk rata kedua bahan ini, lalu simpan di wadah yang kedap udara. Untuk membuat larutannya, ambil satu sendok teh campuran tersebut, lalu masukkan ke 230 ml air hangat.

Isi larutan ini ke dalam syringe. Kemudian, bersandarlah ke wastafel sambil memiringkan kepala.Tuangkan larutan ini ke salah satu lubang hidung. Biarkan hingga larutan itu mengalir keluar dari lubang hidung lainnya. Selama proses ini, Anda bisa bernapas menggunakan mulut.

Melegakan Hidung Tersumbat Pada Bayi

Melegakan Hidung Tersumbat Pada Bayi

Melegakan Hidung Tersumbat Pada Bayi


Selain terjadi pada orang dewasa juga terjadi pada bayi. Saat hidung bayi tersumbat, biasanya bayi akan rewel dan sulit tidur karena sulit bernafas. Ini cara yang aman dan ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Hangatkan tubuh bayi

Berikan selalu rasa hangat pada bayi yang hidungnya tersumbat. Ini dapat melegakan pernafasan dan memberikan kenyamanan pada bayi anda. Anda dapat memandikan bayi anda menggunakan air hangat kemudian menjemur bayi pada saat matahari masih pagi. Dengan cara seperti itu bayi dapat merasakan kehangatan juga dapat membantu mengurangi tersumbatnya hidung pada bayi. Pada saat bayi anda tertidur, sebaiknya anda mengatur suhu ruangan anda. Disarankan anda untuk tidak menggunakan AC. Suhu rendah pada AC akan memperparah keadaan hidung bayi anda. Sebelum pergi tidur, anda juga dapat mengoleskan minyak telon pada perut, punggung dan juga area dada sang bayi, sertai dengan pijatan yang lembut.

Pijat hidung bayi anda

Pijatlah dengan lembut hidung bayi pada area atas hidung dan alis dengan sedikit mengoleskan minyak telon, ini sangat membantu dalam melegakan tersumbatnya hidung bayi. agar lendir yang ada di dalam hidung bayi keluar, anda dapat menekan secara lembut dengan memakai sapu tangan atau cotton bud di sekitar hidung bayi. Namun anda harus berhati-hati, gunakan sapu tangan yang sangat lembut dan jangan memasukan cotton bud terlalu dalam ke hidung bayi.

Atur posisi tidur pada bayi

Pada saat hidung bayi anda tersumbat, mengatur posisi tidur yang baik pada bayi akan sedikit melegakan sistem pernafasan bayi. Miringkan badan bayi ketika tidur, jadi pada saat hidung kiri bayi anda tersumbat anda dapat memiringkan tidurnya ke samping kanan, jika hidung kanan yang tersumbat anda dapat memiringkannya ke samping kiri. Namun usahakan posisi kepala tetap lebih tinggi dari posisi badan bayi anda.

Larutan Garam

Sejak dari dulu air larutan garam dipercaya bisa mencairkan ingus pada bayi. Juga memperlancar sumbatan yang terjadi pada hidung dan juga mengembalikan kealamian selaput di bagian hidung. Anda dapat melakukan cara seperti melarutkan setengah sendok makan garam pada gelas yang berisi air hangat. Kemudian masukan larutan tadi dalam semprotan untuk hidung bayi atau anda dapa menggunakan pipet bayi. Teteskan larutan tersebut ke dalam hidung bayi sebanyak dua kali. Lakukan setiap harinya minimal 3 kali.

Selain dengan cara-cara sederhana di atas, Orang Dewasa bisa mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran, seperti decongestant, antihistamine, acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen sodium. Atau bisa juga mengonsumsi obat herba yang mengandung zinc, echinacea, dan vitamin C. Sebelum mengonsumsi, baca aturan pemakaian yang tertera pada kemasan.

Jika selama 10 hari Anda masih mengalami hidung tersumbat yang diiringi demam tinggi, terdapat darah pada ingus, atau ingus berubah warna menjadi hijau, segera temui dokter.

1 Response to "Obat Alami Melegakan Hidung Tersumbat Bisa Terjadi Pada Bayi dan Orang Dewasa"

  1. Hidung mampet menghilangkannya mudah sekali, bisa menggunakan air panas, dan bisa gunakan sambil minum, atau uap dari air panas tersebut. Dan tentunya sebaiknya istirahat dulu bila memungkinkan, apa lagi hindari dari sinar-sinar smartphone, bisa-bisa tambah pusing.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel