4 Indikator Periksa Cek Kesehatan Jiwa

Perlu untuk memeriksa atau pun tes kesehatan dalam kehidupan bermasyarakat. Pemeriksaan Kesehatan tentunya perlu dilakukan baik itu secara pisik maupun psikis. Namun tidak hanya itu juga perlu pemeriksaan kesehatan jiwa karena jiwa yang terganggu dapat menyebabkan rendahnya kualitas hidup sehingga berdampak pada kesehatan fisik dibandingkan dengan jiwa yang tenang. Penjelasan menurut ahli kesehatan, kesehatan jiwa merupakan kondisi bilamana kondisi seseorang yang mampu mengontrol secara emosi, psikologi, dan sosial yang seimbang. Kondisi ini memengaruhi bagaimana perasaan seseorang, cara berpikir, dan bagaimana bertahan hidup di tengah masyarakat. 


(image:pixabay)


Kesehatan jiwa juga dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan dan bagaimana jika seseorang itu untuk menghadapi stres berlebih. Selain itu juga memengaruhi proses pengambilan keputusan dan bagaimana seseorang menghadapi stres. Karena sudah banyak jutaan jiwa dan tingkatannya mulai ddari gangguan obat gangguan kepribadian, gangguan cemas, dan lain-lain. Dalam tingkatan yang ringan, gangguan jiwa seringkali tidak memerlukan terapi khusus dan dapat membaik dengan sendirinya. Namun, gangguan jiwa yang parah perlu penanganan medis profesional. Nah untuk mengukur kesehatan jiwa perlu adanya tolak ukur atau pun lebih di kenal dengan namanya Indikator kesehatan jiwa bagaimanakah kelanjutannya?

4 Indikator Periksa Cek Kesehatan Jiwa


Emosional

Tingkat emosional dan rasa seseorang berbeda-beda, mulai dari mengalami tekanan mental biasanya merasa sedih yang muncul tiba-tiba tanpa sebab yang jelas selama 2 minggu atau lebih, sudah bisa dikategorikan sebagai kecenderungan depresi. Orang tersebut juga bisa menjadi daya kontrol mood seseorang dan yang mudah tersinggung. Perhatikan apabila ada perubahan emosi yang cepat dalam waktu yang pendek, misalnya sedih lalu marah keesokan harinya, lalu berubah menjadi terlalu senang tanpa alasan.

Fisik

Fisik berarti yang mudah dipahami dari beberapa gejala fisik awal gangguan jiwa adalah merasa lelah dan lemas terus menerus, adanya perubahan berat badan yang drastis (bisa naik atau turun), dan perubahan penampilan misalnya karena jarang merawat diri. Pada seseorang dengan tekanan mental, biasanya ditemukan gangguan pola tidur dan makan yang ekstrim, misalnya tidur terus menerus atau malah insomnia. Beberapa gangguan jiwa juga dapat menyebabkan jantung berdebar, mual, sakit kepala, dan keringat berlebih.

Perilaku

Tingkat perilaku seseorang mudah di kenal karena bersifat menonjol. Perubahan perilakunya bisa bermacam, namun biasanya secara ektrim menjauhi perilaku biasanya, misalnya menarik diri dari keramaian, mengabaikan kewajiban, atau bahkan menyalahgunakan obat-obatan dan alkohol.

Psikolog

Seseorang yang mengalami gangguan jiwa bisa menunjukkan gangguan psikologi yang bervariasi, namun memburuk seiring waktu. Tanda psikologinya diantaranya rasa pesimis, sikap negatif terhadap orang lain dan kehidupan, sering menyalahkan diri sendiri, merasa menyesal, bahkan adanya keinginan untuk bunuh diri.

Apabila seseorang dengan gangguan jiwa juga bisa ditemukan menurunnya kemampuan mengingat, sulitnya untuk lebih berkonsentrasi, dan kekhawatiran yang berlebihan. Jika dibiarkan tanpa penanganan, permasalahan psikologis dapat berujung pada kasus kejahatan seperti melakukan pencurian atau pembunuhan. Jika Anda menemukan gejala kecenderungan gangguan jiwa, Anda dapat segera langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa untuk deteksi dan pemeriksaan dini.

0 Response to "4 Indikator Periksa Cek Kesehatan Jiwa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel