Pentingnya Madu Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Madu memang manis rasanya, karena kandungan rasa manisnya dapat membangkitkan akan meningkatkan kesehatan tubuh ibu yang sedang hamil. Disertai dengan antioksidan yang kaya dalam madu dan juga membantuk perkembangan janin. Madu secara aman bila dikonsumsi oleh wanita hamil adalah yang telah melalui proses pasteurisasi (pasteurized honey). Ini merupakan proses pemanasan singkat hingga 720C untuk membunuh bakteri- bakteri penyebab penyakit. Para ahli yakin bahwa madu dapat membantu mengatasi keluhan-keluhan saat hamil dan juga sangat cocok untuk menjaga kesehatan janin.


Sebuah studi kasus pada Tahun 2007 dari Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, telah menemukan bahwa madu sangat efektif dalam menghilangkan batuk. Dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat menenangkan batuk pada malam hari untuk anak-anak dan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Studi lain juga perna dipublikasikan di Pediatrics yang dilakukan pada 270 anak-anak berusia 1-5 yang mengalami batuk pada malam hari karena pilek. Dalam penelitian ini, anak-anak yang meminum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur mengalami penurunan intensitas batuk dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum madu.

Mengapa madu sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin? Berikut ini adalah jawabannya.


Morning Sickness

Ibu hamil pastinya sering mengalami rasa mual yang berlebih. Apabila dengan mencampukan madu dengan air jeruk nipis atau cuka apel akan mengurangi rasa mual.

Mengobati Hidung Tersumbat

Madu dapat mengobati hidung tersumbat, yang dapat sangat mengganggu saat hamil. Campurkan satu sendok makan madu dan tetesan jeruk nipis ke dalam air hangat atau kaldu untuk meredakan keluhan ini.

Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Madu juga dapat membantu untuk mengurangi nyeri atau pun sakit tenggorokan. Campurkan satu sendok makan madu dan beberapa tetes jeruk nipis ke dalam air hangat. Gunakan larutan ini sebagai obat kumur atau minuman untuk mengurangi nyeri tenggorokan.

Mengobati Sakit Lambung

Pencernaan kurang sehat yang dapat memperlambat akibat perubahan hormonal dan pembesaran rahim yang menekan usus dan lambung kerap membuat ibu hamil merasa begah. Tak jarang, lambung pun terasa perih, khususnya di trimester akhir kehamilan. Satu sendok makan madu dengan segelas susu panas dapat mengurangi ketidaknyamanan ini.

0 Response to "Pentingnya Madu Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel