Riset Kesehatan Untuk Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Penyakit atau di sebut dengan penderita batu ginjal menurut riset kesehatan dasar terdapat beberapa jenis penyakit batu ginjal di antaranya yakni batu kalsium oksalat, kalsium fosfat, sistin, dan asam urat. Dari keempat jenis batu tersebut, yang tersering yakni batu kalsium oksalat dan batu asam urat. ka batu ginjal masih tergolong kecil atau menengah, serta masih dapat melewati saluran kemih tanpa harus dilakukan operasi, dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk minum air putih saja sesuai takaran yang disarankan. Dengan adanya aliran cairan secara terus-menerus, diharapkan batu ginjal dapat terdorong keluar dengan sendirinya.

Menurut data yang dihimpun Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) pada tahun 2013, diperkirakan prevalensi penderita yang terdiagnosa batu ginjal untuk umur di atas 15 tahun adalah sebesar 0,6 persen dari total penduduk Indonesia. Lima provinsi yang menduduki posisi tertinggi masalah penyakit batu ginjal di antaranya adalah DI Yogyakarta, Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tengah.

Mencegah Batu Ginjal Sejak Dini


Cara mencegah batu ginjal sejak dini sebenarnya cukup sederhana. Kamu hanya perlu minum cukup air putih dikonsumsi setiap harinya dan membatasi dari jumlah konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal, seperti zat oksalat, suplemen kalsium, dan protein hewani.

Riset Kesehatan Untuk Mencegah Penyakit Batu Ginjal Pictures by pixabay


Selain dengan minum cukup air putih dan membatasi asupan zat-zat tertentu, pencegahan batu ginjal juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dan pakar kesehatan lainnya. Biasanya langkah ini dianjurkan untuk mencegah kambuh bagi mereka yang sebelumnya pernah menderita batu ginjal.

Untuk mencegah batu kalsium oksalat, yang harus dilakukan yakni mengurangi makanan yang mengandung oksalat tinggi seperti jeroan, daging sapi, daging kambing, dan bayam. Sementara itu, untuk mencukupi kebutuhan kalsium di tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium tetapi rendah oksalatnya, seperti tahu, tempe, oats, roti gandum, dan jeruk.

Sementara itu, untuk mencegah batu asam urat, hindarilah makanan yang kandungan asam uratnya tinggi, seperti daging sapi dan daging kambing (terutama di bagian yang banyak lemaknya), jeroan, kerang, ikan sarden, alkohol, dan kopi.

0 Response to "Riset Kesehatan Untuk Mencegah Penyakit Batu Ginjal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel