Alasan Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Kamu

Berbagai alasan yang sangat penting yakni tentang manfaat menangis. Oh ternyata menangis memiliki manfaat, menurut ahli psikoterapis telah menerangkan bahwa menangis itu baik untuk kesehatan dan dapat meredakan stres berlebih. Karena menangis menjadikan satu luapan emosi dan perasaan dari dalam jiwa seseorang. Oleh karena itu adanya sebuah aksi dalam jiwa tersebut bisa mengeluarkan energi negatif dari tubuh dan menggantikannya dengan energi positif yang baru. Setiap orang pastinya pernah merasakan menangis. Menangis bukan hanya disebabkan karena rasa sedih ataupun kecewa dari dalam diri. Menangis sangat identik dengan bayi dan anak kecil, tapi bukan berarti orang dewasa tidak pernah menangis. Bisa menangis karena bahagia atau juga karena sedih, marah, atau kesal. Menangis sangat wajar secara manusiawi/normal karena setiap orang memiliki dilakukan oleh semua orang dari semua kalangan.

Boy Cry_Kids Zaman Now_ Pixabay


Menurut ahli kesehatan di telusur secara psikologis, menangis itu suatu hal yang wajar disebabkan karena adanya luapan mengeluarkan emosi atau luapan perasaan manusia. Seseorang bisa saja menangis karena sedih, kecewa, senang, bahkan ketika tertawa seseorang bisa menangis dan mengeluarkan air mata. Bahkan karena hal sepele pun juga dapat menyebabkan seseorang menangis. Namun, secara biologis, manusia menangis disebabkan karena adanya hormon estrogen di dalam tubuh manusia. Hormon estrogen dapat memicu timbulnya reaksi emosional seperti sedih, kecewa, dan bahagia dan kemudian mengeluarkan air mata. Berikut ini dikutip wbmd, adalah ada beberapa alasan yang sangat penting manfaat menangis bagi kesehatan.


Meningkatkan Mood dan Menghilangkan Stress


Menangis pada saat mengalami rasa stres berlebih merupakan salah satu cara terbaik untuk menyalurkan stres Anda dan memberikan Anda perasaan lega. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. William H. Frey II, ahli biokimia dari St. Paul-Ramsey Medical Centre di Minnesota. Beliau menemukan bahwa terdapat perbedaan komposisi kimia antara air mata karena emosi atau stres dengan air mata karena iritasi fisik. Air mata emosional (terkait stres) mengandung dasar protein hormon prolaktin, hormon adrenokortikotropik (ACTH), dan leusin enkefalin (penghilang rasa sakit alami). Semua ini dihasilkan oleh tubuh saat Anda sedang stres, seperti dilansir dari Netdoctor.

Air mata yang keluar ketika hendak menangis yang dikeluarkan tubuh karena stres dapat membantu menurunkan hormon stres yang dikenal sebagai kortisol. Sebuah riset yang dilakukan oleh St. Paul=Ramsey Medical Centre membuktikan bahwa seperti berkeringat dan membuang air kecil, air mata juga mengeluarkan toksin dan endorfin bernama enkephalin yang mengurangi rasa sakit.

Menangis Dapat Membunuh Bakteri Pada Mata


Air mata mengandung cairan lysozyme yang bisa membunuh sebanyak 95% bakteri dalam 5-10 menit dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri tersebut. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Microbiology juga menunjukkan bahwa air mata mengandung properti antimikroba yang melindung tubuh. Air mata yang keluar dari mata Anda dihasilkan oleh kelenjar lakrimal. Air mata ini mampu membantu Anda membersihkan mata dari debu-debu, mencegah iritasi pada mata, dan menjaga mata Anda agar tetap lembab.

Sehingga, air mata yang dikeluarkan saat menangis dapat membantu kesehatan mata serta menjernihkan penglihatan Anda. Menangis juga dapat mencegah membran mukosa pada mata agar tidak mengalami kekeringan atau dehidrasi. Kekeringan pada mata dapat membuat mata rentan terhadap serangan bakteri jahat yang menempel.

Memperbaiki suasana hati


Karena menangis itu baik secara fisik dan mental, menangis juga dapat bermanfaat untuk kesehatan psikologis Anda. Menangis dapat meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih tenang untuk hidup yang lebih baik. Penelitian dari University of South Florida tahun 2008 telah membuktikan bahwa menangis dapat menenangkan diri Anda dan meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik daripada antidepresan apapun.


Oleh karena itu menganislah jika kamu merasakan sedih, sebagai rasa pelampiasan karena kita sendiri yang merasakannya bukan orang lain. Segala sesuatu atas perbuatan yang kita lakukan dan juga kita sendiri yang harus memperbaikinya. Jangan lupa agar selalu bersyukur untuk hidup yang lebih baik.

0 Response to "Alasan Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Kamu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel