Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar

Seorang anak adalah anugerah terbaik dalam hidup. Bila si kecil menjengkelkan cukup di beri pelajaran atau pendidikan tentang anak dari orang tuanya sendiri. Cara terbaik untuk mendidik anak yakni bagaimana memperlakukan sesuai ibundanya sendiri. Saat memiliki anak, para orang tua juga sangat wajib untuk dituntut mampu mengajari si kecil tentang pengetahuan dan banyak hal. Bangganya kedua orang tua bila memiliki anak yang cerdas, religius, mandiri dan sejahtera. Sejak kecil pun orang tua wajib memberikan ASI. Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi, menurut World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan.

© Kids Zaman Now_Pixabay

Cara mendidik anak yang baik dan benar serta dikehendaki kedua orang tuanya terhadap anak mulai usia dini hingga remaja, pada saat usia dewasa pun tetap silaturahmi atau berinteraksi tetap terjaga. Peran penting untuk orang tua menetapkan aturan dengan sebuah harapan dan memiliki cita-cita anak-anaknya dapat mengikuti aturan tersebut. Jika tidak mengikuti sebuah aturan yang berlaku, anak-anak biasanya akan mendapat hukuman. Memberikan sebuah pembelajaran pada anak yang benar bukan berarti dengan kekerasan, melainkan belajar bukan hanya tentang menghafal pelajaran atau memecahkan masalah matematika seperti yang dilakukan anak Anda di sekolah. Agar anak tumbuh dengan utuh baik secara intelektual, spiritual, dan emosional. Sebagai manusia rasa sosial, simpati, empati, dan sikap itu sangat penting. Orang tua harus membantu anak-anak dalam mempersiapkan diri mereka untuk menjalani masa depannya.


Agar anak tumbuh menjadi manusia sejati yang mampu menghargai hasil karya orang lain maka sejak dini mungkin ajarkanlah pada mereka untuk memahami lingkungan sekitar. Ajarkan pada anak anda untuk memberi pada mereka yang membutuhkan, dan tidak bersifat sombong. Misalnya ada pengemis, biarkan buah hati anda yang memberi. Kemudian berikan penjelasan kenapa kita harus memberi dan berbagi. Jangan sampai anak-anak kita pandai mengendarai sepeda motor jika belum waktunya. Dengan hal ini agar anak-anak kita terhindar dari kecelakaan.


Karena belajar adalah proses menganalisa, bertanya dan juga mendiskusikan sesuatu secara interaktif dan kreatif juga dilakukan seumur hidup oleh setiap orang.  Orang tua yang mengikuti gaya hidup ini biasanya tidak berdebat atau membicarakannya terlebih dahulu dengan si kecil. Anak-anak akan ditarik dan mungkin tidak dapat berpikir untuk diri mereka sendiri. Ini karena mereka tidak pernah diberi kesempatan berbicara dan mengeluarkan pendapatnya.


Jangan sampai mengajarkan anak untuk suka berbohong berkatalah jujur dalam keadaan apapun. Jangan sampai melakukan tindak kekerasan seperti memukulnya. Ajarkan mereka untuk selalu terbuka tentang keadaannya dalam segala hal. Jangan membiasakan anak Anda tertutup tentang perasaan mereka terhadap Anda. Ajarkan anak untuk selalu bersikap tentang sopan dan santun. Tunjukkan padanya bahwa dirinya harus berkata “tolong” atau pun "menolong" saat meminta bantuan Anda atau terhadap orang lain. Jangan lupa ucapkan terimakasih ketika telah ditolong atau diberikan sesuatu oleh orang lain.

Seorang anak yang baik untuk bertindak jujur dalam kehidupannya tanpa kekerasan fisik. Akibat kekerasan fisik hanya akan membuat jiwa anak terganggu bahkan terluka. Dan itu akan berdampak negatif pada pertumbuhan jasmani dan emosi mereka. Cara terbaik untuk mengajarkannya, yakni dengan menjadi orang yang jujur. Ya, Anda harus menjadi orang yang jujur untuk mengajarkan nilai kejujuran padanya. Biarkan ia mengetahui sikap jujur Anda, baik pada pasangan Anda, tetangga Anda atau orang dewasa.


Seorang anak akan merasa nyaman dan bahagia apabila orang tua mereka saling berinteraksi satu sama lainnya. Apabila keduanya telah menunjukkan kasih sayang dan penuh rasa dengan perhatian pada saat anak memang membutuhkan mereka. Kepedulian orang tua dalam hal sekecil apapun bisa membantu orang tua dalam mendidik anak. Jangan berlebihan memproteksi anak dan jangan berlebihan mengabaikanya. Kasih sayang keluarga adalah kunci kesuksesan dalam mendidik anak. Ajarkan mereka untuk gemar membaca agar pengetahuan mereka memiliki wawasan yang luas.


Orang tua cenderung berpikir saling mencintai, bersikap rendah hati, murah hati dan penuh harap dengan kasih sayang. Hal ini memang benar, namun sebagai orang tua Anda juga harus mengajarinya. Menjadi orang tua adalah tugas dan tanggung jawab kewajiban yang mulia. Jadilah orang tua yang dapat dibanggakan oleh anak Anda. Didiklah anak Anda dengan baik, maka anak Anda akan memberikan sukacita bagi Anda dan keluarga sehat hidup bahagia. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel