Alasan Mengapa Sarapan Itu Penting Bagi Jantung

Sudahkah sarapan pagi hari ini? Jangan lupa untuk sarapan sebelum melakukan berbagai aktivitas lain seperti pergi bekerja, sekolah maupun kebiatan lainnya. Sarapan pagi memang sangatlah penting bagi kesehatan kamu, bilamana mungkin saja kamu salah satunya dengan porsi sarapannya mencukupi sekitar 5 sampai 20 persen dari kebutuhan kalori harian, biasanya makan roti atau kue dengan secangkir kopi di pagi hari. Di sisi lain, orang yang rajin sarapan cenderung lebih mampu mengatur asupan kalori dan keseimbangan nutrisinya sehari-hari. Sarapan juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga tidak kalap makan di siang atau sore hari.

Bubur Ayam


Tahukah kamu ada beberapa alasan penting mengapa tidak sarapan bisa meningkatkan risiko gangguan jantung, seperti aterosklerosis. Tidak sarapan adalah kebiasaan yang tidak sehat. Maka, biasanya orang yang jarang sarapan di pagi hari berkaitan dengan gaya hidup yang kurang baik, seperti merokok, minum alkohol berlebihan, kebanyakan asupan kalori, dan tidak memerhatikan keseimbangan zat gizi waktu makan. Menu sarapan yang baik adalah bubur beras, oatmeal (bubur gandum) dengan buah-buahan, telur rebus, nasi merah, atau yogurt. Hindari makanan yang digoreng karena bisa menambahkan jumlah kalori yang tidak sehat.


Sarapan pagi dengan makanan yang mengandung protein dan serat yang tinggi akan memberikan Anda energi yang cukup dan membantu mengurangi rasa lapar, sehingga Anda tidak tergoda dengan camilan di antara waktu makan. Orang Indonesia sendiri kadang ada yang suka sarapan kadang juga tidak. Untuk itu jangan di anggap sepele manfaat pentingnya untuk sarapan pagi. Banyak atau sedikitnya sarapan tergantung bercukupkan dengan nutrisi makanan dan kalori tubuh kamu. Berikut ini beberapa menu sehat orang Indonesia punya untuk sarapan pagi diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Tahu dan Tempe Untuk Sarapan Pagi

Tahu dan tempe sudah menyatu dengan kuliner Indonesia. Tahu dan tempe juga dikonsumsi oleh berbagai golongan masyarakat karena merupakan sumber protein nabati yang baik dan juga harganya yang terjangkau.

Tahu

Produk pangan ataupun sarapan pagi dari susu kedelai yang dapat dikonsumsi ini memiliki rasa yang lebih tawar, manis dan lain sebagainya.

Tempe

Tahu dan tempe sama-sama berbahan dasar kedelai namun berbeda karena proses pembuatannya. Tempe dibuat dengan cara fermentasi, bukan dipadatkan. Kacang kedelai yang sudah dimasak akan difermentasi dengan bantuan jamur Rhizopus oligosporus. Setelah difermentasikan, kedelai tersebut baru akan ditekan ke dalam cetakan tempe.

Bubur Ayam

Bubur ayam mungkin salah satu menu sarapan kesukaan kamu. Selain rasanya yang enak menjadikan momen pas yang menemani awal pagimu yang cerah.

Telur Rebus

Telur dengan kandungan protein yang sangat baik bagi metabolisme tubuh. Sarapan sehat dengan mengkonsumsi telur menjadi satu kombinasi yang tepat dan sehat dari protein dan lemak. Sebuah studi terbaru dari Biomedical Research Center di Baton Rouge, LA, menemukan bahwa setiap orang yang makan telur pada saat sarapan pagi memiliki tingkat ghrelin (hormon nafsu makan yang memerintahkan otak untuk makan) yang lebih rendah, dan tingkat PPY (hormon yang bikin kenyang) yang lebih tinggi.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang mengandung serat cukup tinggi dan kaya kandungan air, seperti mentimun, bayam, brokoli, wortel, zucchini, seledri, kubis, kale, dan brussel sprouts sangat rendah kalori namun tinggi kandungan antioksidan. Jika anda salah seorang yang gak suka makan sayuran mentah berserat tinggi sangatlah di sayangkan.

0 Response to "Alasan Mengapa Sarapan Itu Penting Bagi Jantung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel