Berapakah Tekanan Darah Normal Orang Dewasa?

Orang dewasa memiliki jumlah dan kadar tekanan darah yang berbeda-beda. Dengan hal ini dapat di ketahui dari bagaimanakah kinerja jantung yang sehat untuk memompa membawa darah kemudian di sebarkan ke seluruh tubuh. Tekanan darah normal orang dewasa yang sehat secara umum di bawah atau setara 120/80 mm Hg. Berdasarkan Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia atau biasa disebut tekanan sistolik. Untuk analis data sementara angka 80 berarti tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau kerap disebut tekanan diastolik. Tekanan darah tergolong normal selama berada di bawah 140/90. 

Jadi Anda tidak perlu panik atau pun cemas dengan rasa penuh khawatir ketika mendapati tekanan darah Anda berbeda, asal angka tersebut tidak konsisten tinggi atau rendah dalam waktu lama. Biasanya, makin rendah tekanan darah Anda, maka makin sehat pula tubuh Anda. Namun jangan pula terlalu rendah karena bisa membuat Anda terkena hipotensi atau hipertensi.

Apa itu Hipotensi ? Hipotensi merupakan jenis penyakit sejenis tekanan darah Anda di bawah 90/60. Umumnya tekanan darah rendah, meski kronis sekalipun, tidak berbahaya jika penderita tidak mengalami gejala-gejala seperti mual, pusing, kelelahan, kehausan, penglihatan tidak jelas, pernapasan menjadi cepat dan dangkal, depresi, kurang konsentrasi dan pingsan. Meski tergolong tidak terlalu berbahaya, tekanan darah yang terlalu rendah bisa memicu kesehatan maupun kerusakan jantung dan otak.



Ada beberapa hal penting untuk penderita Hipotensi

  1. Dehidrasi
  2. Kehamilan
  3. Anemia
  4. Ketidakseimbangan hormon misalnya penyakit Addison
  5. Menderita alergi atau infeksi parah
  6. Berlebihan mengonsumsi alkohol
  7. Kehilangan banyak darah
  8. Jauhi obat-obatan seperti obat Parkinson, Viagra dan sejenisnya, obat anti depresi dan beberapa obat yang mempengaruhi langsung otot pembuluh darah
  9. Gangguan jantung


Apa itu Hipertensi ? Hipertensi juga merupakan tekanan darah Anda melebihi 120/80 atau biasa disebut pra-hipertensi. Anda dikatakan terkena hipertensi ketika tekanan darah Anda 140/90 atau lebih. Sayangnya, kondisi tersebut dapat membahayakan jiwa ini kerap tidak menampakkan gejala sehingga banyak pengidapnya yang tidak tahu jika mereka mengalami hipertensi.

Sementara itu jika berdasarkan angka 80 berarti tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau kerap disebut tekanan diastolik. Tekanan darah tergolong normal selama berada di bawah 140/90.

Bagi penderita hipertensi sangat disarankan untuk melakukan pengecekan secara rutin oleh tim medis kesehatan. Dengan adanya pengecekan secara rutin dapat membantu Anda serta dokter dalam memantau tekanan darah Anda dan keefektifan obat.



Untuk menghindari suatu hal yang buruk bagi kesehatan, anda cukup melakukan hal-hal yang Anda sukai, selama itu positif. Anda bisa juga mengeluarkan semua unek-unek yang membuat Anda stres dengan berbagi cerita ke keluarga atau teman dekat. Selain itu juga terapkan pola makan sehat dan gizi seimbang. Makanan yang disarankan yaitu sayur, buah, ikan, daging unggas, kacang, susu rendah lemak dan biji-bijian utuh. Hindari mengonsumsi alkohol berlebihan.

0 Response to "Berapakah Tekanan Darah Normal Orang Dewasa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel