Kumpulan Makanan Penyebab Kadar Asam Urat Tinggi

Penyakit asam urat mengalami gangguan kesehatan akibat kadar asam urat tinggi sebaiknya segera konsultasi atau segera diobati sebelum muncul gangguan komplikasi timbul penyakit lainnya. Menurut ilmu kedokteran asam urat merupakan nyeri atau radang sendi yang bisa menyebabkan sendi mendadak terasa nyeri, perih, kaku, dan bengkak. Secara ilmiah, penyebab utama menjadikan penyakit asam urat akan muncul karena penumpukan zat yang disebut asam urat di dalam aliran darah. Selain makanan tinggi kadar asam urat, minuman beralk0hol juga bisa jadi pemicu asam urat. Komplikasi penyakit dalam lain seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik bisa jadi dampak dari asam urat atau bisa juga penderita penyakit dalam di atas berisiko dengan fungsi ginjal yang tidak maksimal.

Makanan SeaFood Udang

Kumpulan Makanan Penyebab Kadar Asam Urat Tinggi


Untuk itu cara pencegahan penyakit asam urat dimulai dari pola gaya makan. Rasa sakit pada persendian yang diakibatkan oleh asam urat terjadi karena penumpukan zat purin di dalam aliran darah manusia. Beberapa jenis makanan yang mengandung kadar purin atau disebut dengan penyakit asam urat tinggi seperti jeroan, hidangan laut, daging merah banyak jadi pemicu sakit ini. Ada banyak makanan yang tidak sehat seperti daging tinggi lemak, makanan dari laut, minuman yang banyak mengandung gula atau zat pemanis, alk0hol, semua minuman bersoda, minuman yang meningkatkan energi tubuh.  Lalu, apa saja makanan penyebab asam urat yang patut dihindari oleh penderita asam urat?

Jeroan

Pantangan yang paling utama untuk menghindari gejala penyakit asam urat adalah jeroan. Jeroan daging sapi, ayam maupun kambing seperti rempela, babat, kikil, hati, ginjal, kelenjar timus, harus dihindari penderita kadar asam urat tinggi. Makanan jeroan yang cukup kaya akan purin sebagai pemicu asam urat tinggi akibat senyawa kimia pecah menjadi lemak dan zat asam urat sehingga jika dikonsumsi secara berlebih, tidak baik bagi tubuh dalam tubuh. Apa itu purin? Purin merupakan senyawa kimia yang jika dipecah akan menjadi zat asam urat berlebih dalam tubuh. Hati juga menjadi salah satu makanan penyebab asam urat karena tinggi kolesterol.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan layaknya kacang tanah, melinjo, atau tauge ternyata juga kaya akan kandungan purin yang bisa memicu gejala masalah asam urat.

Sayuran dan buah

Meskipun termasuk dalam makanan yang sehat, dalam realitanya sayuran seperti jamur kuping, bayam, kol, daun pepaya, buncis, kangkung, asparagus, hingga daun singkong ternyata kaya akan kandungan purin. Buah seperti nanas dan durian juga memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga bisa memicu masalah asam urat.

Menu SeaFood

Makanan laut seperti ikan teri, ikan sarden, cumi-cumi, ikan tuna, ikan makarel, hingga hewan laut bercangkang layaknya kerang, kepiting, tiram, lobster, atau udang ternyata juga memiliki kadar purin yang tinggi yang bisa menyebabkan masalah asam urat.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti daging seperti abon dan dendeng ternyata memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Selain itu, makanan kalengan layaknya sarden atau kornet juga sebaiknya kita hindari jika tidak ingin terkena masalah asam urat.

Minuman Alk0hol

Minuman yang mengandung ber-alk0hol adalah musuh besar penyakit asam urat. Mengonsumsi minuman beralk0hol seperti bir akan meningkatkan produksi kadar asam urat lebih cepat. Selain itu, bir juga membuat tubuh kesulitan membuang asam urat keluar dari dalam tubuh.

Cara Pencegahan Penyakit Asam Urat

Untuk mencegah secara efektif penyakit nyeri di sendi tersebut beberapa langkah berikut ini bisa dicoba:
  • Ikuti gaya dan pola hidup sehat, aktif berolah-raga dan mencoba beberapa resep gaya hidup herbal untuk proses detoksifikasi racun tubuh.
  • Hindari stress agar hormon pemicu asam urat tidak berlebih
  • Jika asam urat tetap saja Anda rasakan maka pengobatan berikut ini biasanya diresepkan dokter baik yang kimia atau non obat kimiawi.


Bagi penderita penyakit asam urat, maka dokter biasanya akan memberikan resep penurun rasa nyeri seperti colchicine, OAINS (obat anti inflamasi nonsteroid) dan obat-oabatan golongan steroid sedangkan untuk pencegahan bisa menggunakan obat seperti allopurinol.

0 Response to "Kumpulan Makanan Penyebab Kadar Asam Urat Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel