Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan Saat Usia Muda

Penyebab utama bau badan usia muda atau remaja dapat diatasi dengan menjaga kekersihan diri. Terutama pada saat usia remaja dimana seseorang yang sedang aktif melakukan berbagai aktivitas seperti halnya kegiatan sekolah, olahraga, dan berbagai kegiatan lainnya. Selain itu pada saat usia remaja perubahan hormonal saat pubertas menjadi salah satu penyebabnya, bisa juga menimbulkan masalah lain seperti masalah jerawat. Jika badan kamu bau dijauhi teman-temannya dan membuatnya tak percaya diri. Berikut ini beberapa faktor penyebab dan cara mengatasi bau badan pada usia muda atau remaja, ikuti beberapa tips dibawah ini:


Ilustrasi Perfume Aromatic Pixels

Penyebab Bau Badan Usia Remaja


Pada saat usia remaja di kenal yang namanya pubertas, selain itu perubahan hormon yang dialami pada saat usia remaja seringkali menyebabkan masalah bau badan. Selama masa pubertas, kelenjar keringat aprokrin menjadi lebih aktif dan beberapa area tubuh seperti ketiak dan kulit kepala mulai memproduksi sebentuk keringat yang banyak mengandung minyak. Keringat yang berminyak ini dapat dengan mudah menarik bateri yang memecah partikel keringat sehingga memproduksi bau tidak sedap.

Kurangnya Menjaga Kebersihan Diri

Suatu hal yang biasa dilakukan oleh usia remaja adalah kurangnya untuk menjaga kebiasaan kebersihan diri mulai dari merawat tubuh dan lingkungannya, semisal jarang mandi atau tidak menyikat gigi secara teratur, sering kali menderita masalah bau badan ataupun bau mulut yang tidak sedap.

Menderita Penyakit

Ini perlu diwaspadai karena bila berkelanjutan akan menimbulkan beberapa efek penyakit berbahaya. Seperti masalah ginjal dan hati seringkali mengeluarkan keringat secara lebih dan mengalami masalah bau badan. Masalah kelebihan keringat ini dikenal sebagai hiperhidrosis yang menyebabkan remaja rentan akan aroma tubuh yang tidak sedap.

Cara Mencegah Bau Badan Saat Usia Muda

  1. Menjaga kebersihan diri merawat kebersihan kulit seperti ketiak dan membersihkannya menggunakan sabun anti-bakteri agar dapat mengurangi produksi keringat berlebih pada kantung keringat ketiak dan mencegah endapan bakteri jahat yang dapat menimbulkan beberapa penyakit.
  2. Menggunakan deodoran yang kuat untuk mencegah bau badan yang tidak sedap dari produksi keringat.
  3. Rutin mandi dengan air bersih dan sabun anti bakteri untuk menghindari endapan bakteri pada kantung keringat.
  4. Memakai pakaian yang berbahan serat natural seperti katun atau sutra untuk membantu penguapan keringat.
  5. Hindari makan-makanan pedas dan berminyak karena dapat mendorong produksi keringat secara berlebih pada remaja.
  6. Cuci kaki secara teratur dengan air bersih dan gunakan kaus kaki berbahan katun untuk perawatan bau kaki.
  7. Memakai wewangian seperti perfume sesuai selera kamu


Jika keringat terus keluar dalam jangka waktu lama, sebaiknya konsultasi ke dokter. Perlu berhati-hati jika pada saat usia muda atau remaja yang menderita penyakit hati, ginjal atau diabetes dapat mengalami keringat berlebih dan perlu pemeriksaan untuk mengatasi masalah tersebut.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan Saat Usia Muda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel