Pentingnya Menjaga Kebersihan Dari Alat Makan dan Dapur

Kebersihan memang merupakan sebagian dari iman, apabila kita bersih untuk melakukan sesuatu itu tandanya merupakan seseorang yang sehat. Begitu pula menjaga kebersihan merupakan ciri orang yang sehat gak gampang sakit kare bersih itu sehat dan sangatlah indah. Karena keindahan telah di ciptakan berawal dari bersih, oleh karena itu betapa pentingnya untuk menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan seperti contohnya alat makan dan dapur kamu karena mungkin saja malas untuk membersihkannya sehabis makan. Hati-hati, kebiasaan ini sangat tidak sehat. 

Tahukah kamu untuk menjaga kebersihan alat makan dan dapur  Alat dapur yang habis digunakan untuk mengolah makanan mentah wajib langsung dicuci dengan sabun. Dengan hal ini agar steril kembali dan higienis sehingga tidak dapat menimbulkan berbagai penyakit. Menurut bahasa keahliannya adalah Cross Contamination.



Apa itu Cross Contamination?

Kontaminasi silang atau infeksi silang adalah perpindahan organisme berbahaya antara manusia, alat dapur dan rumah tangga, atau di dalam tubuh. Organisme yang berbahaya meliputi bakteri, virus, jamur, dan parasit. Organisme-organisme tersebut dapat ditularkan melalui:

  • Alat makan, alat dapur, atau alat rumah tangga yang lainnya
  • Hindari Ketika Lagi Batuk dan bersin
  • Sentuhan antar manusia
  • Menyentuh benda-benda yang sudah terkontaminasi
  • Tempat tidur atau dapur yang kotor
  • Daging hewan yang sudah terkontaminasi


Salah satu bakteri jahat yang bisa masuk secara langsung pada makanan mentah seperti ayam adalah bakteri Campylobacter dan Salmonella. Dua bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan, muntaber, hingga tipes. Gejala yang paling umum akan mudah terkena penyakit seperti mual dan diare.


Seperti contohnya dari berbagai Alat dapur yang dipakai untuk mengiris, memotong, dan mengolah makanan bisa terkontaminasi oleh berbagai jenis organisme asing yang berbahaya bagi kesehatan keluarga sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit.


Oleh sebab itu, mengapa pentingnya untuk menjaga kebersihan dari alat dapur agar tepat guna memisahkan setiap pisau dan talenan yang Anda gunakan untuk mengolah bahan mentah dengan yang sudah matang.


Selain itu, langsung bersihkan pisau dan talenan sebelum dan sesudah dipakai untuk menyiapkan makanan di bawah air yang mengalir. Agar lebih bersih, rendam talenan dalam air sabun yang hangat. Buang talenan jika permukaannya sudah tersayat dalam, karena celah sayatan bisa jadi tempat terselipnya bakteri.


Jangan lupa agar selalu mencuci tangan sebelum atau sesudah dengan sabun dan air mengalir dan bersihkan area sekitar dapur. Hal ini perlu dilakukan karena bakteri dapat dengan mudah menyebar di area dapur, melalui talenan, dan berbagai alat lain yang telah dipakai untuk menyiapkan makanan.

0 Response to "Pentingnya Menjaga Kebersihan Dari Alat Makan dan Dapur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel