Makanan Sehat Mencegah dan Mengobati Sakit Rematik

Sakit rematik mulai dari persendian tulang punggung, lengan tangan hingga bagian kaki jelas terasa sering sakit. Sakit reumatik kini tak hanya usia dewasa melainkan masa muda pun ikut serta terkena penyakit tersebut. Selain terasa sakit dan nyeri pada sendi, contoh dari salah satu penyakit reumatik (rheumatoid arthritis) juga bisa menyebabkan gejala-gejala lain, seperti kelelahan, demam, nyeri otot dan nafsu makan yang berkurang. Rheumatoid arthritis juga bisa menyerang kesehatan persendian tubuh dan menyerang organ lain seperti mata, kulit, ginjal dan jantung. Sebenarnya tidak ada obat-obatan yang bisa menyembuhkan rematik secara total. Sebab rematik dipicu oleh makanan yang dikonsumsi. Lalu makanan sehat seperti apakah untuk mencegah dan mengobati sakit rematik? Berikut ini ada beberapa makanan sehat yang perlu anda coba mengkonsumsi agar terhindar dari penyakit tersebut seperti yang dilansir oleh healtmeup.



Makanan Sehat Mencegah dan Mengobati Sakit Rematik


Ikan Sarden

Ikan merupakan salah satu makanan sehat mengandung berbagai vitamin dan kalsium yang cukup tinggi pula. Dengan hal ini telah di buktikan oleh badan Annals of Diseases menyebutkan bahwa lemak ikan mampu mengurangi risiko rematik lebih dari 50% jika kamu konsumsi secara teratur. Beberapa jenis ikan yang tinggi akan asam lemak omega 3 adalah salmon, tuna, dan mackerel.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan senyawa fenolik alami yang memiliki sifat yang mirip dengan non-steroid yaitu obat anti-inflamasi. Oleocanthal sendiri akan menurunkan produksi enzim yang menyebabkan peradangan.


Susu dan Yogurt

Makanan susu yang rendah lemak seperti susu, yoghurt dan keju meningkatkan kekuatan tulang karena makanan ini kaya akan kalsium dan vitamin D. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih sehat serta dapat menghindarkanmu dari rematik.

Teh hijau

Apabila mengkonsumsi secangkir Teh hijau, yang kaya akan polifenol, yang merupakan antioksidan yang sangat baik untuk mengurangi peradangan dan menghambat kerusakan tulang rawan. Penelitian menunjukkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), suatu antioksidan dalam teh hijau menghambat produksi molekul yang mengakibatkan kerusakan sendi pada orang yang menderita rheumatoid arthritis.

Tips Perawatan Mencegah Penyakit Sejak Dini


Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat tidak ada salahnya walaupun gak sakit reumatik, akan tetapi bila kamu menggunakan salah satu metode terbaik tersebut dapat membantu untuk meredakan kekakuan sendi dan nyeri sendi akibat lelah bekerja. Suhu panas menyebabkan darah mengalir ke permukaan kulit dan menghangatkan daerah sendi. Jika Anda dapat berendam, cobalah rendam diri Anda selama 10-20 menit.

Selama berendam, gerakkan sendi-sendi Anda dan pijat secara ringan dengan kain atau waslap. Jika Anda mandi dengan menggunakan pancuran atau shower yang dapat dipegang, arahkan pancuran air ke bagian sendi yang terasa kaku dan nyeri. Nikmati waktu mandi Anda untuk meredakan rasa nyeri pada sendi Anda. Semoga lekas sembuh.

0 Response to "Makanan Sehat Mencegah dan Mengobati Sakit Rematik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel