Mengobati Nyeri Punggung dan Sakit Pinggang

Terasa nyeri dan sakit mulai dari punggung hingga sakit pinggang di bagian tubuh belakang. Belakangan ini yang dirasakan oleh anggota badan sendiri makin terasa sakit. Siapapun bisa nyeri punggung bawah, bahkan anak-anak dan remaja hingga usia dewasa. Namun semua pasti tau penyebab salah satunya akibbat bekerja terlalu berat. Selain itu juga sakit atau nyeri punggung lain juga dapat dirasakan anda pada sepanjang tulang belakang, dari leher hingga pinggang/panggul. Banyak dari khalayak umum lupa akibat kesalahan-kesalahan yang dilakukan di tempat kerjanya seperti memaksakan membawa beban terlalu berat ataupun akibat duduk terlalu lama.


Sebelum membahas lebih dalam mengenai sakit punggung dan sakit pinggang, gejala umum dapat di rasakan oleh si penderita Anda mungkin akan merasakan sensasi seperti kesetrum atau panas, rasa sakit, atau kesemutan. Rasa sakit dapat ringan atau bisa jadi serius sampai Anda tidak bisa bergerak. Apabila golongan orang lanjut usia (lansia), nyeri punggung merupakan kondisi yang sangat umum terjadi sebagai efek dari penuaan. Penelitian Community Oriented Program for Control of Rheumatic Disease (COPORD ) dan di Indonesia sendiri telah menemukan bahwa prevalensi nyeri punggung adalah 13,6 persen pada wanita dan 18,2 persen pada laki-laki. Insiden nyeri punggung dari berbagai gejala berdasarkan kunjungan pasien ke beberapa rumah sakit di Indonesia berkisar antara 3-17 persen.




Mengobati Nyeri Punggung dan Sakit Pinggang


Mengompres

Mengompres pada bagian yang terasa sakit baik itu menggunakan air panas dan dingin daapat membantu untuk meredakan rasa nyeri berlebih. Nyeri punggung pada umumnya akan membaik dengan sendirinya dalam waktu 4-6 minggu. Usahakan kondisi postur tubuh yang baik.

Mengatur Postur Tubuh dan Rajin Berolahraga

Mengolah Postur tubuh dan rajin berolahraga sangat memengaruhi kesehatan tulang punggung Anda. Cobalah untuk menghindarkan punggung dari tekanan berlebihan untuk menghindari cedera punggung. Beberapa jenis olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu mencegah nyeri punggung dan sakit pinggang.

Jika Lelah Beristirahatnya

Bekerja itu memang wajib, tapi ada waktunya dikala untuk beristirahat. Fungsinya dari istirahat dianggap sebagai penanganan yang mungkin dapat meredakan rasa nyeri punggung. Namun kini dipercaya bahwa tubuh yang tidak bergerak aktif dalam jangka panjang justru berakibat buruk bagi punggung. Melakukan olahraga ringan secara rutin dapat menjadi solusi yang tepat.

Mengobati Dengan Minum Obat

Sakit bila tak tertahan diatasi boleh minum obat sesuai aturan medis, Jika nyeri Anda tidak mereda dan terasa tidak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen. Jika nyeri sangat mengganggu dapat minum obat sementara paracetamol 3x500mg.

  • Minum air putih yang cukup
  • Tidak menahan keinginan berkemih
  • Berolah raga secara teratur, seperti berenang, jalan kaki


Salah satu tips sehat untuk si penderita Nyeri Punggung dan Sakit Pinggang, selalu berpikiran positif juga terbukti lebih cepat sembuh dibandingka penderita yang selalu cemas akan penyakit yang dideritanya.
comments

0 Response to "Mengobati Nyeri Punggung dan Sakit Pinggang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel