Sebab Telapak Kaki Terasa Panas Bisa Jadi Penyakit

Pernahkah kamu merasakan telapak kai terasa panas? Mungkin karena sepatu terlalu kektat atau pun terasa mengganggu sehingga sirkulasi udara telapak kaki tidak teratur sehingga terasa panas. Telapak kaki terasa panas mungkin aliran oksigen kurang terjadi diantara sirkulasi dengan bahan sepatu. Dalam ilmu kesehatan, mungkin sangat berbeda penyebabnya. Oleh karena itu kamu perlu di himbang untuk mencai tau berdasarkan sumbernya. Seperti contohnya telapak kaki terasa panas mungkin salah satu penyebab terjadinya penyakit. Penyakit berbahaya seperti kesemutan, reumatik dan lainn sebagainya perlu diwaspadai.

 Ilustration Foot/WomeniaSehat

Sebab Telapak Kaki Terasa Panas Takut Jadi Penyakit


Apabila telapak kaki terasa panas dapat segera mungkin ditangani dengan serius. Salah satu penyebab kaki terlalu panas adalah pemakaian kaus kaki atau sepatu dari bahan sintesis. Selain itu berjalan atau berdiri terlalu lama yang juga bisa jadi penyebab utama bila cuaca sangat terik. Apabila kaki terasa panas yang disertai pegal linu terasa nyut-nyutan umumnya muncul akibat gangguan otot, Syaraf, Tendon dan pembuluh darah seputar kaki yang dikarenakan oleh faktor penyakit dan faktor kebiasaan gaya hidup yang salah. Nah untuk itu mari kita kenali ciri-cirinya apabila kaki terasa panas bisa timbul beberapa penyakit seperti yang akan di jelaskan dibawah ini.


Kaki Kesleo Atau Asam Urat

Mungkin salah satu penyebabnya adalah aki terkena asam urat atau bisa juga karena cidera kesleo. Sehingga otot dan saraf saraf terkejut lalu mengalami ketegangan dan penyumbatan aliran darah. Secara medis yang disebut Neuropati, adalah kondisi dimana sel-sel saraf pada telapak kaki mengalami gangguan misalnya karena penyakit gula, kelainan pada sistem pencernaan atau akibat peningkatan asam lambung kronis. Kondisi tersebut dapat menimbulkan telapak kaki panas seperti terbakar.

Gejala Diabetes

Neuropati merupakan salah satu kondisi di mana serabut sel saraf rusak. Saraf yang rusak tidak dapat berfungsi dengan benar atau menjadi terlalu aktif. Penderita diabetes mungkin tidak hanya merasakan panas pada kaki namun juga pada tangan, lengan, dan tungkai. Kondisi ini bisa disertai dengan rasa seperti ditusuk-tusuk dan dialami pada malam hari.

Gangguan Penyakit Ginjal dan Stroke

Jika telapak kaki terasa panas seperti terbakar yang diiringi dengan kesemutan merupakan salah satu tanda gangguan ginjal berupa tanda awal gagal ginjal akut serta adanya tanda bahaya stroke belum diketahui oleh penderita. Itulah mengapa teknik pemijatan atau aku puntur kaki dapat mendiktesi penyakit yang sedang dialami seseorang melalui pemijatan beberapa titik simpul kaki.

Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis menjadi salah satu penyakit berhubungan pada kelainan persendian yang menyebabkan peradangan akut yang menyerang tulang dan sendi  sehingga rasa nyerinya dapat menjalar ke area kaki dalam bentuk sensasi yang cukup meresahkan yaitu telapak kaki panas seperti terbakar.

Syaraf Terjepit

Gejala kaki terasa panas bisa diawali oleh adanya gangguan sel saraf yakni pada bagian akar saraf yang ada pada tulang belakang mengalami gangguan sehingga mengganggu pula saraf dan otot yang ada pada tungkai kaki. Kondisi tersebut menyebabkan munculnya kesemutan, mati rasa dan sensasi rasa panas pada kaki.

Cara Menyembuhkan Secara Alami


Berendam Air Garam

Kondisi kaki panas dan pegal dapat disembuhkan dengan cara merendam kedua kaki dalam air hangat yang sebelumnya telah ditambahkan garam. Garam mengandung zat sulfat yang mampu mengurangi rasa nyeri, Sensasi panas dan pegal pegal pada otot kaki.

Kunyit

Parutan kunyit apabila di campurkan dengan air hangat kemudian dibalurkan pada bagian kaki secara merata bagi yang menderita telapak kaki terasa panas dan pegal pegal. Didalam kunyit terdapat zat anti radang dan antioksidan yang terdapat pada kandungan vitamin C rimpang kunyit mampu mempercepat penyembuhan.

Rimpang Jahe

Jahe ditumbuk sampai halus untuk kemudian dioleskan pada bagian kaki yang menderita sakit. Selain itu juga disarankan untuk membuat ramuan dengan mengkonsumsi air jahe penambahan madu dan perasan air jeruk nipis. Cara tersebut dapat membantu dan mempercepat penyembuhan kaki terasa panas dan pegal.

Sarang semut, Kulit manggis dan Bunga rosella 

Sarang semut , kulit manggis dan bunga rosella dapat direbus secara bersamaan hingga air mendidih, Dinginkan lalu disaring untuk kemudian diminum 2 kali sehari secara rutin agar kaki terasa panas dan pegal  bisa cepat diatasi. Semoga lekas sembuh.

0 Response to "Sebab Telapak Kaki Terasa Panas Bisa Jadi Penyakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel